Ekranisasi Novel KKN di Desa Penari Karya Simpleman dengan Film KKN di Desa Penari Sutradara Awi Suryadi

Sufani Sufani, Maulana Galih, Eka Farah, Nur Diana, Rizky Luckyanti

Abstract


Abstrak— Penelitian ini mendeskripsikan adanya proses ekranisasi yang terjadi dalam pembuatan film KKN di Desa Penari dari adaptasi novel  KKN di Desa Penari. Pembuatan sebuah film yang diadaptasi dari sebuah novel akan menimbulkan beberapa perbedaan penyajian, perbedaan penyajian tersebut dikaji dalam proses ekranisasi. Penelitian  ini bersifat deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data berupa kalimat pada novel KKN di Desa Penari dan adegan yang disertai dengan dialog pada film KKN di Desa Penari yang berkenaan dengan unsur alur, tokoh, dan latar. Menggunakan teknik reduksi sebagai teknik pengumpulan data. Terdapat beberapa langkah analisis data dalam  penelitian ini yakni: pengelompokan data, pengkodean data, pemaknaan data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini akan menjabarkan adanya penciutan dan perubahan bervariasi yang berkenaan dengan unsur alur, tokoh, dan latar sebagai bagian dari ekranisasi dalam pembuatan film KKN di Desa Penari adapatasi novel KKN di Desa Penari yang berkaitan dengan unsur alur dan penokohan.

Kata kunci— Ekranisasi, novel, film.

 

 

Abstract— This study describes the ecranization process that occurs in the making of the film KKN di Desa Penari from the adaptation of the novel KKN di Desa Penari. Making a film adapted from a novel will cause several differences in presentation, the differences in presentation are studied in the ecranization process. Study it is descriptive qualitative by collecting data in the form of sentences in the novel KKN di Desa Penari and scenes accompanied by dialogue in the KKN di Desa Penari film relating to the elements of plot, characters, and setting. Using reduction techniques as data collection techniques. There are several steps of data analysis in this study, namely: data grouping, data coding, data meaning, and conclusion. This research will describe the shrinking and varied changes with regard to plot elements, characters, and the setting as part of the ecranization in making the KKN di Desa Penari film adaptation of the KKN di Desa Penari novel which is related to plot and characterization elements.

Keywords— Ekranisasi, novel, film.

Keywords


Ekranisasi, novel, film.

Full Text:

PDF

References


Akbar Faisal. (2017). “Analisis Ekranisasi Pada Transformasi Novel Filosofi Kopi Karya Dewi Lestari Ke Bentuk Film Filososfi Kopi Karya Angga Dwimas Sasongko”.

Astuti Widi, dkk. “Ekranisasi Novel Danur Karya Risa Saraswati Dengan Film Danur Sutradara Awi Suryadi”. Jurnal Kajian Linguistik dan Sastra, 4(2), Desember 2019.

Joseph, Dolfi. (2011). Pusat Apresiasi Film. Diambil dari: ejournal.uajy.ac.id/ 821/1/0TA11217.pdf. (5 November 2017).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.