Analisis Kebutuhan Media Booklet dalam Keterampilan Surat Dinas Siswa Kelas VII MTs Plus Nabawi Kedungadem Tahun Ajaran 2022/2023

Olvy Dwi Ardiyanti, Sutrimah Sutrimah, Fitri Nurdianingsih

Abstract


abstrak— Penelitian ini dilatarbelakangi karena kemampuan siswa dalam menulis surat dinas masih kurang dan perlunya penggunaan media booklet. Siswa juga kesulitan mengembangkan gagasan atau ide dalam menulis, karena di dalam menulis Surat Dinas terdapat struktur-struktur. Selain itu Surat Dinas berbeda dengan penulisan Surat pribadi hal ini di dapatkan dari hasil wawancara dengan siswa dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kebutuhan penggunaan media booklet dalam keterampilan menulis surat dinas siswa kelas VII MTS Plus Nabawi Kedungadem. Metode penelitian yaitu deskriptif kualitatif berupa kajian pustaka yakni menggunakan buku dan artikel yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan membaca sumber yang relevan. Dalam penelitan ini disimpulkan bahwa penggunaan media booklet dibutuhkan dalam keterampilan menulis surat dinas.

Kata kunci—Analisis, Media Booklet, Menulis Surat Dinas

 

 

Abstract— The background of this research is because students' ability to write official letters is still lacking and the need to use booklet media. Students also have difficulty developing ideas or ideas in writing, because in writing official letters there are structures. In addition, official letters are different from writing personal letters. This was obtained from the results of interviews with students and teachers of Indonesian subjects. The aim of the study was to determine the need for the use of booklet media in the skills of writing official letters for class VII students of MTS Plus Nabawi Kedungadem. The research method is descriptive qualitative in the form of literature review using books and articles that are relevant to the research. Data collection techniques were carried out by interviewing and reading relevant sources. In this research it was concluded that the use of booklet media is needed in official letter writing skills.

Keywords—Analysis, Booklet Media, Writing Official Letters


Keywords


Analysis, Booklet Media, Writing Official Letters

Full Text:

PDF

References


Agusti, D., & Rahmah, E. (2019). Pembuatan Booklet Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Sebagai Media Informasi bagi Masyarakat Kota Padang. Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 8(1), 113-124. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/view/107331.

Intika, T. (2018). Pengembangan Media Booklet Science for Kids Sebagai Sumber Belajar Di SekolahDasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 10-17. Retrieved from https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/1234.

Kemal, I. (2013). Kemampuan Menulis Surat Dinas. Jurnal Metamorfosa, 1(1), 1-10. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/70.

Mustika, R., & Hariani, S. Efektifitas Penggunaan Media Amplop Misteri dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV Sdn Cerme Lor Gresik (Doctoral dissertation, State University of Surabaya). Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/254615-none-481994ec.docx.

Nizam, F. J. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 4(1), 71-80. Retrieved from http://jurnal.umt.ac.id/index.php/IJOEE/article/view/6551.

Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, 8(1). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/706.

Paramita, R., Panjaitan, R. G. P., & Ariyati, E. (2018). Pengembangan booklet hasil inventarisasi tumbuhan obat sebagai media pembelajaran pada materi manfaat keanekaragaman hayati. Dari Jurnal Ipa & Pembelajaran Ipa, 2(2), 83-88. Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JIPI/article/view/12389.

Rusidah, R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Resmi Siswa Kelas VIII MTsS Muallimin Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(2). Retrieved from https://www.jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/STI/article/view/400.

Semiawan, C. R. (2010). Metode penelitian kualitatif. Grasindo.

Soedjito, 2010. Terampil menulis surat resmi bahasa indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Berkualitas Prima

Widyastuti, L., & Iswara, P. D. (2017). Penerapan Metode Pantau, Pangkas, Padukan, Panggil (4P) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa dalam Meringkas Cerita. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 91-100. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/9530.

Yusuf, M., Saraswati, U., & Ahmad, T. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Perang Lasem dalam Bentuk Booklet Untuk Pembelajaran Sejarah Lokal di SMA Negeri 1 Lasem. Indonesian Journal of History Education, 7(1), 50-58.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.