Penerapan Literasi Numerasi pada Pelajar Prakarya & Kewirausahaan Kelas XII Kurikulum 2013

Sri Murniatiningsih, Sintowati Rini Utami

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) rancangan pelajaran Kewirausahaan yang menerapkan literasi numerasi, (2) pelaksanaan pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan yang menerapkan literasi numerasi, (3) kendala pelaksanaan pelajaran prakarya dan Kewirausahaan yang menerapkan literasi numerasi, (4) faktor pendukung dan (5) faktor penghambat pelaksaan pelajaran Prakarya dan  Kewirausahaan yang menerapkan literasi numerasi. Jenis penelitian ini adalah deskripsif kualitatif. Hasil penelitian yaitu (1) rancangan literasi numerasi pada pelaaran kewirausahaan di SMAK PENABUR Harapan Indah sudah terprogram dengan baik dan secara khusus menyesuaikan materi literasi numerasi. (2) Pelaksanaan program literasi numerasi telah sesuai dengan tiga tahapan program literasi sekolah yakni tahap pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran, serta sesuai dengan lima indikator literasi numerasi. (3) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala program literasi numerasi telah beracuan pada tujuan umum literasi di sekolah. (4) Faktor pendukung terdiri dari pemerintah dan sasaran program literasi numerasi. (5) Faktor penghambat beracuan pada tiga sasaran literasi numerasi. Sasaran literasi numerasi terdiri dari basis kelas, budaya sekolah, dan masyarakat.

Kata kunci: literasi numerasi, kewirausahaan.

 

Abstract:The purpose of this research is to describe (1) Entrepreneurship lesson plans that apply numeracy literacy, (2) Entrepreneurship lessons that apply numeracy literacy, (3) obstacles to implementing Entrepreneurship lessons that apply numeracy literacy, (4) supporting factors and (5) inhibiting factors implementation of Entrepreneurship lessons that apply numeracy literacy. This type of research is descriptive qualitative. The results of the study are (1) the design of numeracy literacy in entrepreneurship courses at PENABUR Harapan Indah High School is well programmed and specifically adjusts to numeracy literacy material. (2) The implementation of the numeracy literacy program is in accordance with the three stages of the school literacy program, namely the habituation, development and learning stages, and in accordance with the five indicators of numeracy literacy. (3) Efforts made to overcome the obstacles to the numeracy literacy program have referred to the general objectives of literacy in schools. (4) The supporting factors consist of the government and the targets of the numeracy literacy program. (5) The inhibiting factors refer to the three numeracy literacy targets. The target of numeracy literacy consists of class base, school culture, and community.

Keywords: numeracy literacy, entrepreneurship.


Keywords


numeracy literacy, entrepreneurship.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus, Tita Mulyati, Hana Yunansah. (2017). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta : Bumi Aksara.

Australia Curriculum Assesment Reporting Authority. (2013). General Capabilities In The Australian Curriculum. Australia : Australian Curriculum.

Buyung. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving daqn Kemampuan Numerik Terhadap Penguasaan Literasi Matematika Di SMP. 14 (1) : 2-3.

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah .(2016). Menumbuhkan Budaya Literasi di Sekolah.Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Elfachmi, Amin Kuneifi. (2016). Pengantar Pendidikan. Jakarta : PT Penerbit Erlangga.

Faizah, Utama Dewi, Susanti Sufyadi, Lanny Anggraini, Waluyo, Sofie Muldian dan Dwi Renya Roosaria. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Han Weilin, Dicky Susanto, Sofie Dewayani, Putri Pandora, Nur Hanifah, Miftahussururi, Meyda Noorthertya Nento dan Qori Syahriana Akbari. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hendriana, Heris dan Utari Soemarmo. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung : PT Rrfika Aditama.

Ibrahim, Gufran Ali, Hurip Danu Ismaidi, Fairul Zabadi, Nur Belian Venus Ali, Mochammad Alipi, Billy Antoro, Nur Hanifah, Miftahussururi, Meyda Noorthertya, Qori Syahriana, Munafsin Aziz. (2017). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Koesoema, Doni, Sutjipto, Diyon Iskandar, Nur Hanifah, Miftahussururi, Meyda Noorthertya dan Qori Syahriana. (2017). Pedoman Penilaian dan Evaluasi Gerakan Literasi Nasional. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Prihartini, Fitria Widi. (2017) .Skripsi : Analisis Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Pada Kelas Rendah di SDN Punten 1 Batu. Malang : FKIP UMM.

Sugiyono.2015.Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitati danR&D.Bandung: CV Alfabeta.

Wiedarti, Pangesti, dkk.2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.