Pendampingan Kewirausahaan melalui Digital Marketing bagi Pengelola BUMDes Ngorogunung
Abstract
abstrak—Salah satu wujud pengelolaan BUMDes Ngorogunung adalah dengan adanya industri Balung Kuwuk sebagai jajanan khas Bojonegoro. Guna meningkatkan perekonomian desa, perlu adanya pendampingan kewirausahaan melalui digital marketing bagi para pengelola BUMDes Ngorogunung. Kegiatan pendampingan kewirausahaan melalui digital marketing bagi pengelola BUMDes Ngorogunung melalui 3 tahapan, yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap tindak lanjut. Dalam tahap persiapan, tim PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) melakukan observasi dan wawancara awal. Pada tahap pelaksanaan, tim PKM melakukan sosialisasi dan pelatihan terkait digital marketing termasuk labeling dan packaging. Di tahap tindak lanjut, tim PKM memantau kegiatan pemasaran produk yang dilakukan oleh BUMDes secara online. Kegiatan ini adalah rangkaian tahap pengabdian kepada masayarakat yang dilakukan oleh tim dosen beserta mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro
Kata kunci— Pendampingan Kewirausahaan, Digital Marketing, BUMDes Ngorogunung
Abstract— A manifestation of the Ngorogunung BUMDes is the existence of Balung Kuwuk industry as a typical Bojonegoro snack. In order to improve the village economy, there is a need for entrepreneurial assistance through digital marketing for Ngorogunung BUMDes managers. Entrepreneurship assistance activities through digital marketing for Ngorogunung BUMDes managers go through 3 stages, namely: the preparation stage, the implementation stage, the follow-up stage. In the preparation stage, the community service team conducted initial observations and interviews. At the implementation stage, the team conducted outreach and training related to digital marketing including labeling and packaging. In the follow-up stage, the team monitors product marketing activities carried out by BUMDes online. This activity is a series of community service carried out by a team of lecturers and students of IKIP PGRI Bojonegoro.
Keywords—Entrepreneurship assistance, Digital Marketing, Ngorogunung BUMDes
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Febriyantoro, M.T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76. Doi https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Hasan, H.A. (2020). Pendidikan Kewirausahaan: Konsep, Karakteristik dan Implikasi dalam Memandirikan Generasi Muda. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(1), 99-111.
Khamimah, W. (2021). Peran Kewirausahaan Dalam Memajukan Perekonomian Indonesia. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(3), 228-240. Doi http://dx.doi.org/10.32493/drb.v4i3.9676
Sakuntalawati, R.D., Susantiningrum, Akbarini, N.R., & Yudhistira, B. (2022). Strategi Pengembangan BUMDes Pilang Berdikari dalam rangka Menuju Usaha Desa Wisata Edukasi Berbasis Business Model Canvas. Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis, 27(2), 93-103. Doi https://doi.org/10.20961/jkb.v27i2.56029
Saragih, R. (2017). Membangun Usaha Kreatif, Inovatif dan Bermanfaat melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial. Jurnal Kewirausahaan, 3(2), 26-34.
Subaktilah, Yani., Kuswardani, Nita., & Yuwanti, Sih. (2018). Analisis swot: faktor internal dan eksternal pada pengembangan usaha gula merah tebu (studi kasus di ukm bumi asih, kabupaten bondowoso). Jurnal Agroteknologi, 12(2). 108. Doi http://dx.doi.org/10.19184/j-agt.v12i02.9276
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.