Pengaruh Budaya Jawa Dalam Pendidikan Karakter bagi Generasi Milenial

Desi Wulandari, Meilan Arsanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Generasi milenial merupakan generasi yang memiliki karakter kuat agar tidak terputus dari akar budaya luhur bangsa Indonesia. Budaya jawa adalah budaya yang dari zaman dahulu memiliki nilai-nilai luhur yang dimiliki orang jawa. Budaya jawa berpengaruh dalam pembentukan karakter anak di era milenial. Pendidikan karakter adalah sistem penanaman nilai-nilai karakter yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran, kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, maupun lingkungan. Metode yang digunakan adalah penelitian tinjauan pustaka (literature review). Pada metode ini yang digunakan untuk mengkaji dan mengidentiifikasi penelitian bidang topik yang menarik dan relevan. Penelitian ini membahas bagaimana pembentukan karakter generasi milenial melalui budaya jawa.

Kata kunci—Budaya Jawa, Pendidian Karakter, Generasi Milenial

 

Abstract— The millennial generation is a generation that has strong character so that it is not cut off from the noble cultural roots of the Indonesian nation. Javanese culture is a culture that from ancient times has noble values that are owned by Javanese people. Javanese culture has been influential in the formation of children's character in the millennial era. Character education is a system of instilling character values which includes components of knowledge, awareness, will, and action to carry out values, both towards God Almighty, oneself, others, and the environment. The method used is literature review research (literature reviews). This method is used to examine and identify interesting and relevant research topic areas. This research discusses how the character formation of the millennial generation through Javanese culture.

Keywords—Javanese Culture, Character Education, Millennial Generation


Keywords


Javanese Culture, Character Education, Millennial Generation

Full Text:

PDF

References


Abdillah, L. (2021). Mengkaji Pustaka (Literature Review). Desain Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif. Medan: Yayasan Kita Menulis (2021). Retrieved from https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3864625.

Alif, N., Mafthukhatul, L., & Ahmala, M. (2020). Akulturasi Budaya Jawa Dan Islam Melalui Dakwah Sunan Kalijaga. Al'Adalah, 23(2), 143-162. Retrieved from http://aladalah.iain-jember.ac.id/index.php/aladalah/article/view/32.

Alifuddin, A. U., & Setyawan, B. W. (2021). Pengaruh Budaya dan Tradisi Jawa Terhadap Kehidupan Sehari-Hari pada Masyarakat di Kota Samarinda. Jurnal Adat dan Budaya Indonesia, 3(2), 67-73. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JABI/article/view/38310.

Al-Walidah, I. (2017). Tabayyun di era generasi millenial. Jurnal Living Hadis, 2(2), 317-344. Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/ushuluddin/Living/article/view/1359.

Amir, M. A. A. A. (2021). Pendidikan Karakter Pada Generasi Milenial di Lingkungan Kampus. Jurnal AbdiMU (Pengabdian kepada Masyarakat), 1(1), 1-11. Retrieved from https://jurnal.masoemuniversity.ac.id/index.php/abdimu/article/view/5.

Amir, M. A. A. A. (2021). Pendidikan Karakter Pada Generasi Milenial di Lingkungan Kampus. Jurnal AbdiMU (Pengabdian kepada Masyarakat), 1(1), 1-11. Retrieved from https://jurnal.masoemuniversity.ac.id/index.php/abdimu/article/view/5.

Anggrayni, N. T. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Budaya Jawa. Retrieved from http://repository.upy.ac.id/1253/.

Chandra, A. A., Waluyo, H. J., & Wardani, N. E. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Religius Novel Sawitri Dan Tujuh Pohon Kelahiran Karya Mashdar Zainal: Perspektif Tradisi Islam Nusantara. Jurnal Lektur Keagamaan, 17(1), 169-196. Retrieved from https://jlka.kemenag.go.id/index.php/lektur/article/view/681.

Dini, J. P. A. U. (2021). Penanaman sikap sopan santun dalam budaya jawa pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2059-2070. Retrieved from https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/1022/pdf.

Faris, S. (2016). Islam dan Budaya Lokal (Studi Atas Tradisi Keislaman Masyarakat Jawa). Thaqafiyyat: Jurnal Bahasa, Peradaban Dan Informasi Islam, 15(1), 74-90. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/228604017.pdf.

Hidayatullah, S., Waris, A., & Devianti, R. C. (2018). Perilaku generasi milenial dalam menggunakan aplikasi Go-food. Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 6(2), 240-249. Retrieved from https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jmdk/article/view/2560.

Idrus, M. (2012). Pendidikan karakter pada keluarga Jawa. Jurnal Pendidikan Karakter, (2). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1297.

Kezia, P. N. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2941-2946. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1322.

Lestari, W. D., Sulaksono, D., & Waluyo, B. (2022). Strategi Pembelajaran Unggah-Ungguh Bahasa Jawa Pada Generasi Milenial Sebagai Upaya Pemertahanan Nilai Budi Pekerti. DIWANGKARA: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya Jawa, 1(2). Retrieved from https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/DIWANGKARA/article/view/149.

Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65-80. Retrieved from http://journal.unpad.ac.id/jkip/article/view/20066.

Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65-80. Retrieved from http://journal.unpad.ac.id/jkip/article/view/20066.

Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar melalui kearifan lokal. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 201-214. Retrieved from http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/view/2140.

Rachmawati, F., & Fitria, K. N. (2019, May). Penerapan model pembelajaran discovery learning berbasis etnomatematika untuk menumbuhkan karakter nasionalisme pada generasi z 4.0. In Prosiding Seminar Nasional MIPA Kolaborasi, 1(1), 140-144. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/SNMIPA/article/view/192.

Rafid, R. (2018). Konsep Kepribadian Muslim Muhammad Iqbal Perspektif Pendidikan Islam sebagai Upaya Pengembangan dan Penguatan Karakter Generasi Milenial. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 2(7), 711-718. Retrieved from http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/367.

Sartini, N. W. (2009). Menggali nilai kearifan lokal budaya Jawa lewat ungkapan (Bebasan, saloka, dan paribasa). Jurnal ilmiah bahasa dan sastra, 5(1), 28-37. Retrieved from https://www.academia.edu/download/33900290/Bahasa_dan_Sastra__Logat__Vol__5_No__1_April_2009.pdf#page=30.

Silfiyasari, M., & Zhafi, A. A. (2020). Peran Pesantren dalam Pendidikan Karakter di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 127-135. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/d267/3ae1569482be087013e4709d75ce4cdace97.pdf

Sultoni, S., Gunawan, I., & Argadinata, H. (2020). Dampak pembelajaran berkarakter terhadap penguatan karakter siswa generasi milenial. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(2), 160-170. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/14196.

Sutijono, S., & Farid, D. A. M. (2018). Cyber counseling di era generasi milenial. Sosiohumanika, 11(1), 19-32. Retrieved from https://www.journals.mindamas.com/index.php/sosiohumanika/article/view/1000.

Tjahyadi, S. (2016). Dekonstruksi Pemahaman Budaya Jawa tentang Hakikat dan Hubungan Kawula-Gusti pada Lakon Wayang” Semar Kuning”. Jurnal Filsafat, 19(2), 103-125. Retrieved from https://journal.ugm.ac.id/wisdom/article/view/3441.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode systematic literature review untuk identifikasi platform dan metode pengembangan sistem informasi di Indonesia.Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63-77. Doi https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916.

Widaningtyas, A. M. (2018). Penguatan Budaya Lokal Dalam Kerangka Pendidikan Karakter: Studi Pada Budaya Jawa. Aceh Anthropological Journal, 2(1), 71-93. Retrieved from https://ojs.unimal.ac.id/AAJ/article/view/1148.

Widiastuti, E., & Nugroho, M. A. (2015). Pengaruh orientasi etis, equity sensitivity, dan budaya Jawa terhadap perilaku etis auditor pada Kantor Akuntan Publik di Yogyakarta. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 4(1), 32-48. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal/article/view/6886.

Wijatmaka, W. (2012). Pembelajaran Kebudayaan Jawa Berbasis Mobile Android (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22104.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.