Pemanfaatan Pembelajaran Blanded Learning setelah Pandemi

Famelia Widiana Anggraheni, Meilan Arsanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Blended learning adalah perpaduan antara dua unsur utama. Kedua unsur tersebut yaitu belajar di kelas dan online, atau pembelajaran dengan memanfaatkan jaringan internet dan berbasis website. Selain itu, terdapat beberapa teknologi media yang diterapkan. Misalnya email, streaming video, kelas virtual, dan sebagainya Metode  penelitian yang digunakan adalah literature rivew dengan pengumpulan beberapa data sesuai topik pembahasan. Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan blended learing setelah pandemi.

Kata kunci—Pembelajaran, Blanded Learning, Pandemi

 

Abstract—Learning is assistance provided by educators so that the process of acquiring knowledge and knowledge can occur, mastering skills and character, as well as forming attitudes and beliefs in students. Blended learning is a combination of two main elements. These two elements are learning in class and online, or learning by utilizing the internet network and website-based. In addition, there are several media technologies that are applied. For example, e-mail, video streaming, virtual classes, and so on. The research method used is literature review by collecting some data according to the topic of discussion. This research discusses the use of blended learning after the pandemic.

Keywords—Learning, Blended Learning, Pandemic


Keywords


Learning, Blended Learning, Pandemic

Full Text:

PDF

References


Agung, I. M. (2020). Memahami pandemi covid-19 dalam perspektif psikologi sosial. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 1(2), 68-84. Retrieved from http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin/article/view/9616

Ananda, S. S., & Apsari, N. C. (2020). Mengatasi stress pada remaja saat pandemi covid-19 dengan teknik selftalk. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 7(2), 248-256. Retrieved from https://scholar.archive.org/work/fm36yrv6ejbulba4edngtmzzeu/access/wayback/http://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/download/29050/pdf

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99. Retrieved from http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/at/article/view/529

Hidayattullah, M. F., Nishom, M., Abidin, T., Wibowo, D. S., & Hapsari, Y. (2021). Hand sanitizer otomatis untuk pencegahan persebaran pandemi covid-19 di kota tegal. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(1), 107-110. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/ppkm/article/view/1384

Idris, H. (2018). Pembelajaran model blended learning. Jurnal Ilmiah Iqra', 5(1). Retrieved from http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII/article/view/562

Istiningsih, S., & Hasbullah, H. (2015). Blended learning, trend strategi pembelajaran masa depan. Jurnal Elemen, 1(1), 49-56. Retrieved from http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel/article/view/79

Jennah, R. (2009). Media pembelajaran. Retrieved from http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2204/1/Rodhatul.pdf.

Kurniawati, M., Santanapurba, H., & Kusumawati, E. (2019). Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). Retrieved from https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/6827

Kusuma, B., Wijaya, B. K., & Mariani, W. E. (2021). Dampak pandemi covid-19 pada sektor perhotelan di Bali. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), 3(1), 49-59. Retrieved from https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/wmbj/article/view/3007

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan pendidikan Indonesia di masa pandemi COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456-462. Retrieved from https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/324

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9-16. Retrieved from http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9-16. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/267962028.pdf

Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., ... & Iskandar, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis. Retrieved from http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2204/1/Rodhatul.pdf

Sari, I. (2020). Analisis dampak pandemi COVID-19 terhadap kecemasan masyarakat: Literature review. Bina Generasi: Jurnal Kesehatan, 12(1), 69-76. Retrieved from https://www.ejurnal.biges.ac.id/index.php/kesehatan/article/view/161

Shiyammurti, N. R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 di PT. Bursa Efek Indonesia (BEI). Journal of Accounting Taxing and Auditing (JATA), 1(1). Retrieved from http://www.jurnal.umitra.ac.id/index.php/JATA/article/view/268

Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Online) (http://smacepiring. wordpress. com). Retrieved from https://www.academia.edu/download/%2038998250/Pengertian_Pendekatanx.pdf

Suherman, E. (2007). Hakikat Pembelajaran. Educare. Retrieved from http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/44

Widiara, I. K. (2018). Blended learning sebagai alternatif pembelajaran di era digital. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 2(2), 50-56. Retrieved from https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/Purwadita/article/download/87/80

Wihartini, K. (2019). Analisis Manfaat Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Proses Pembelajaran. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37313.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.