Pentingnya Pendidikan Karakter di Era Digital Untuk Masa Depan Siswa Sekolah Dasar

Cicha Meinanda Nugraha, Meilan Arsanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Pentingnya pendidikan karakter khususnya di sekolah dasar di era digital. Melihat perkembangan saat ini, banyak anak-anak di masyarakat yang menggunakan teknologi sebagai hiburan, kurang moral dan perilaku sosial yang buruk. Oleh karena itu perlu menggembangkan rasa tanggung jawab. Sehingga membentuk generasi yang berkompeten. Era digital tidak hanya berdampak positif tetapi juga berdampak negatif, dan tugas pendidik, orang tua dan masyarakat dewasa adalah membimbing dan memantau perilaku anak dalam menggunakan media digital, agar anak dapat memanfaatkan media digitalnya secara maksimal dan memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya. Baik untuk dirinya dan hidupnya.

Kata kunci— Siswa sekolah dasar, Pendidikan, Era digital

 

Abstract—The importance of character education, especially in elementary schools in the digital age. Looking at the current development, many children in society use technology as entertainment, lack morals and poor social behavior. Therefore, it is necessary to excite a sense of responsibility. Thus forming a competent generation.The digital era not only has a positive impact but also has a negative impact, and the task of educators, parents and adults is to guide and monitor children's behavior in using digital media, so that children can make the most of their digital media and get the greatest benefit. Good for himself and his life.

Keywords—Elementary School Student, Education, Digital Era


Keywords


Elementary School Student, Education, Digital Era

Full Text:

PDF

References


Amir, S. (2013) Pancasila As Integration Philosophy of Education and National Character. International Journal of Scientific & Technology Research. 2(1). https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.136

Budiningsih, C. A. (2011). Karakteristik siswa sebagai pijakan dalam penelitian dan metode pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1)163-166. Doi https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.4198

Dalyono, B. (2017). Implementasi, Penguatan Pendidikan, Pendidikan Karakter. Doi http://dx.doi.org/10.32497/

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99. Doi https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Fatmah, N. (2018). Pendidikan karakter, Pembentukan karakter. Doi https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i2.602.

Kesuma, D. (2013). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung Remaja Rosdakarya.

Prisgunanto, I. (2018). Informasi, digital, sistem. Doi https://doi.org/10.32509/wacana.v17i2.619

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7-17. Retrived from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/assabiqun/article/view/611.

Wibowo, Agus. (2013). Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winataputra, U. S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. (2014). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Hakikat Belajar dan Pembelajaran, 4(1), 1-46. Retrived from https://core.ac.uk/download/pdf/198233125.pdf

Zusnani, I. (2012). Manajemen Pendidikan Berbasis Karakter Bangsa. Jakarta Selatan: Tugu Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.