Memahami Karakter Belajar Anak Usia Dini lewat Pendidikan Prasekolah

Davina Indah Zarani, Meilan Arsanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Memahami karakter anak sangat penting untuk kedua orang tua agar tau perkembangan anak sudah bisa diterima di linngkungan keluarga atau belum,biasa nya karakter anak bisa dilihat dari tingkat kesabaran atau perilaku. Ada beberapa cara agar kita tahu cara memahami karakter belajar anak yaitu 1) memberikan pertanyaan pada anak, 2) mengajak anak mengobrol atau berdiskusi, dan 3) memperhatikan anak saat melakukam kegiatan.

Kata kunci—Pendidikan Prasekolah, Anak Usia Dini, Karakter Belajar

 

Abstract—Understanding the child's character is very important for both parents so that they know whether the child's development is acceptable in the family environment or not, usually the child's character can be seen from the level of patience or behavior. There are several ways so that we know how to understand the character of children learning, namely 1) asking children questions, 2) inviting children to listen or discuss, and 3) paying attention to children when doing activities.

Keywords—Preschool Education, Early Childhood, Learning Character


Keywords


reschool Education, Early Childhood, Learning Character

Full Text:

PDF

References


Atabik, A. (2015). Prinsip dan Metode Pendidikan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(2), 4-17. Retrieved from: https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/viewFile/4733/3059

Bastomi, H. (2017). Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Akhlak Anak Pra Sekolah. Jurnal. Elementary, 5(1). 17-26. Refrieved from file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/2982-10015-1-PB.pdf.

Faizah, S. N. (2017). Hakikat belajar dan pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175-185. DOI: https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85

Gunawan, H. (2012). Pendidikan karakter. Bandung: alfabeta, 2(1).13-18. Retrieved from https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/54737614/15.1_Pendidikan-Karakter- libre.pdf.

Masang, A. (2021). Hakikat Pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 1(1). 1-8. Refrieved from file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/5492-18627-1- PB.pdf

Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 4-5. Retrieved from file://C:/Users/Lenovo/Downloads/1145-Article%20Text-1377-2172-10- 20170317.pdf.

Purwanti, D. (2017). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2).4-7. DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622.

Putra, D. W., Nugroho, A. P., & Puspitarini, E. W. (2016). Game Edukasi berbasis android sebagai media pembelajaran untuk anak usia dini. JIMP (Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan), 1(1), 2-13. Doi http://dx.doi.org/10.37438/jimp.v1i1.7.

Suryana, D. (2014). Hakikat anak usia dini. Dasar-dasar pendidikan TK. 1, 5-10. Retrieved from: https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PAUD4107-M1.pdf.

Wahudi, M. D. (2016). Pembelajaran inovatif berbasis budaya lokal untuk mewujudkan sekolah unggul di Pendidikan pra sekolah. Prosiding Seminar Nasional PS2DM UNLAM, 2(2), 13-17. Retrieved from https://rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/746.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.