Peran Lembaga Bimbingan Belajar untuk Mempersiapkan Siswa Masuk Perguruan Tinggi

Devi Fitri Aini, Meilan Arsanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Bimbingan belajar dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, sehingga dapat mendorong pendidik untuk menggunakan bermacam-macam tes sesuai dengan kebutuhan individu, sekaligus berguna untuk melakukan penelitian terhadap peserta didik. Program bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada peserta didik agar mengenali dirinya sendiri, mendapatkan pendidikan yang serasi, serta dalam rangka memberikan gambaran seperti apa dunia yang akan dihadapinya di masa yang akan datang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kajian pustaka bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bimbingan belajar dan membantu siswa dalam mencapai prestasi belajar dan juga mencari informasi sedalam-dalamnya dalam rangka menjelaskan peran lembaga bimbingan belajar melalui teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran bimbingan belajar sudah membantu siswa khususnya bagi kelas 12 untuk masuk perguruan tinggi. diharapkan kedepannya nanti mereka dapat lebih disiplin dan memahami materi yang di ajarkan.

Kata kunci—Bimbingan Belajar, Perguruan Tinggi, Siswa

 

Abstract—Tutoring is carried out to improve student learning outcomes, so that it can encourage educators to use various tests according to individual needs, as well as being useful for conducting research on students. The guidance program is assistance given to students to identify themselves, get a suitable education, and in order to provide an overview of what the world will be like in the future. This research is a type of literature review research aimed at describing tutoring and assisting students in achieving academic achievement and also seeking information as deep as possible in it in order to explain the role of tutoring institutions through data collection technique. The results of the study show that the role of tutoring has helped students, especially grade 12 students, to enter tertiary institutions. It is hoped that in the future they will be more disciplined and understand the material being taught.

Keywords—Tutoring, Colleges, Students


Keywords


Tutoring, Colleges, Students

Full Text:

PDF

References


Assyifa, A. Y. D. (2020). Peran bimbingan belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa; studi kasus siswa kelas ix SMP Negeri 2 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). Retrived from http://etheses.uin-malang.ac.id/19763/.

Khaerunisa, J. S. (2022). Peran bimbingan belajar nuril amin dan orangtua dalam upaya meningkatkan kemandirian belajar siswa sekolah dasar DI (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS PERADABAN). Retrived from http://eprints.peradaban.ac.id/1140/.

Prasetya, I., Ulima, E. T., Jayanti, I. D., Pangestu, S. G., Anggraeni, R., & Arfiah, S. (2019). Kegiatan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelurahan Bolong Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(1), 30-34. Retrived from https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/9286

Rifniansah, I. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Bimbingan Belajar Persiapan Smptn Dikota Malang. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 2(1), 214-220. Doi https://doi.org/10.36040/jati.v2i1.120.

Santoso, A., & Rusmawati, Y. (2019). Pendampingan Belajar Siswa di Rumah Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat, 2(02). Doi https://doi.org/10.30736/jab.v2i02.7


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.