Dampak Cara Mendidik Orang Tua terhadap Pengembangan Psikologi Anak di Sekolah

Della Afita, Meilan Arsanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Kesehatan mental anak berperan penting terhadap kemampuan anak untuk bersosialisasi disekolah. Terjaganya kesehatan mental anak juga akan memengaruhi kualitas hidup anak sertacara anak berpikir atau bertindak. Tahap penting perkembangan mental umumnya terjadi saatmasa kanak-kanak dan remaja. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research) dengan menggunakan sumber data berupa buku-buku referensi dan artikel-artikel jurnal ilmiah. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pentingnya factor orang tua dalam mendidik anak,bagaimana pengaruh pola asuh orang tua terhadap perilaku anak, dan solusi mendidik anak yang baik dan peran orang tua dalam mendidik anak.

Kata kunci—Orang Tua, Pengembangan Psikologi Anak, Sekolah

 

Abstract—Mental health or mental health of children plays an importantrole in children’s ability tosocialize at school.Maintaining children’s mental health will also affect the quality of life ofchildren and the way children think or act. Important stages of mental development generally occur during childhood and adolescence. This research is a literature study using data sourcesin the form of reference books and scientific journal articles. The results of the study explain that the importance of parent alfactorsin educating children, how parenting influences parents’ behavior and children’s behavior and solutions to educate good children and the roleofparents in educatingchildren.

Keywords—Parent, Child Psychology Development, School

 


Keywords


Parent, Child Psychology Development, School

Full Text:

PDF

References


Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA: JurnalInovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102-122. Retrieved from https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/download/2421/pdf.

Bariyah, S. K. (2019). Peran tripusat pendidikan dalam membentuk kepribadian anak. Jurnal Kependidikan, 7(2),228-239. Doi https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.3043.

Calam, A., Marhamah, A., &Nazaruddin, I. (2020). Reformulasi Visi, Misidan Tujuan Sekolah. AL-IRSYAD,10(2). Doi http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8526.

Fahimah, I. (2019). Kewajiban Orang tua terhadap anak dalam perspektif islam. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak, 1(1). Doi https://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v1i1.2228.

Fakhriyani, D. V. (2019). Kesehatan mental. Duta Media Publishing.

Gunatirin, E. Y. (2018). Kesehatan mental anak dan remaja. Retrieved from http://repository.ubaya.ac.id/35835/1/Kesehatan%20Mental%20Anak%20dan%20Remaja%20-.%20Buku%20Ajar-part.pdf.

Hidayati, L. (2017). Fungsi kompetensi kepribadian pendidik anak usia dini dalam proses penyesuaian diri siswa baru. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 37-50. Doi https://doi.org/10.35896/ijecie.v1i1.5.

Kurniasari, A. (2019). Dampak kekerasan pada kepribadian anak. Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 5(1). Doi https://doi.org/10.33007/inf.v5i1.1594n.

Kusumasari, R. N. (2015). Lingkungan sosial dalam perkembangan psikologis anak. J-IKA, 2(1), 32-38. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jika/article/view/200.

Nasution, W. N. (2016). Kepemimpinan pendidikan di sekolah. Jurnal Tarbiyah, 22(1). Doi http://dx.doi.org/10.30829/tar.v22i1.6.

Novi, B. (2015). Cara-cara mengasuh anak yang sering diabaikan orang tua. Flash Books.

Nurmala, A. H. (2013). Pengaruh perkembangan psikologi anak sd terhadap keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-99. Retrieved from http://afifahhananurmala.blogs.uny.ac.id/wp-content/uploads/sites/15441/2017/10/PENGARUH-PERKEMBANGAN-PSIKOLOGI-ANAK-SD-TERHADAP-KEBERHASILAN-KEGIATAN-BELAJAR-MENGAJAR.pdf.

Oktariani, O. (2021). Dampak toxic parents dalam kesehatan mental anak. Jurnal Penelitian Pendidikan, PsikologiDan Kesehatan(J-P3K), 2(3), 215-222. Doi https://doi.org/10.51849/j-p3k.v2i3.107.

Oktavera, S. (2022). Peran orang tua dalam menjaga kesehatan spiritual anak di Masa pandemi covid-19. Dirasah,5(1),36-48.Doi https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i1.322.

Perdana, N. S. (2018). Implementasi peranan ekosistem pendidikan dalam penguatan pendidikan karakter pesertadidik.RefleksiEdukatika:JurnalIlmiahKependidikan, 8(2). Doi https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2358.

Rosita, L. (2018). Peran pendidikan berbasis karakter dalam pencapaian tujuan pembelajaran di sekolah. JIPSI-JurnalIlmu PolitikdanKomunikasi UNIKOM, 8. Retrieved from https://repository.unikom.ac.id/56815/.

Ruli, E. (2020). Tugas dan peran orang tua dalam mendidk anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 143-146. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/428.

Sa’adah, N., &Saptarini, A. (2018). Mengenal Psikologi Perkembangan. Mengenal Psikologi Perkembangan, 1-9. Retrieved from http://eprints.umsida.ac.id/1274/.

Sari, D. (2017, December). Peran orang tua dalam memotivasi belajar siswa. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/public/journals/20/pageHeaderTitleImage_en_US.jpg.

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola asuh orang tua terhadap perkembangan emosional anak usia dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 157-170. Doi https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206.

Sembirng, D. P. (2019). Hubungan antara persepsi tentang manfaat sekolah dengan minat belajar pada siswa kelas x smk abdi negara binjai tahun ajaran 2018/2019. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 35-40. Doi https://doi.org/10.37755/sjip.v5i1.158.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: JurnalPendidikan Dasar, 4(1), 29-39. Doi https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.

Suteja, J., & Ulum, B. (2019). Dampak kekerasan orang tua terhadap kondisi psikologis anak dalamkeluarga. Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak, 1(2), 169-185. Doi https://doi.org/10.24235/equalita.v1i2.5548.

Suteja, J., & Yusriah, Y. (2017). Dampak pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional a nak. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). Doi htpps://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1331.

Thoif, M. (2022). Manajemen sekolah dan pembelajaran yang mencerdaskan. At-Ta'dib Jurnal, 6(1), 629-646. Retrieved from http://jurnal1.uniyap.ac.id/uyp/index.php/atjkk/article/view/243.

Umar, M. (2015). Peranan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. JURNALEDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1,20-28. Doi http://dx.doi.org/10.22373/je.v1i1.315.

Wisadirana, D. (2019). Psikologi anak sukses: cara orang tua memandu anak meraih sukses. Universitas Brawijaya Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.