Efektivitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Roghoni Sanubari, Meilan Arsanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Covid-19 adalah virus penyebab pandemi pada tahun 2019 yang menyebabkan perubahan kegiatan belajar mengajar secara luring tatap muka menjadi daring jarak jauh. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan gadget dan koneksi internet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 efektif atau tidak. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan menggunakan data yang berasal dari jurnal nasional yang sesuai dengan topik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 belum efektif.

Kata kunci— Covid-19, Pembelajaran Daring, Efektivitas

 

Abstract—Covid-19 is the virus that causes a pandemic in 2019 which causes a change in teaching and learning activities from offline face to face to remote online. Online learning is distance learning by utilizing gadgets and internet connections.  The purpose of this research is to find out whether online learning during the Covid-19 pandemic was effective or not. This study uses the literature review method using data from national journals that are appropriate to the topic.  The results of the study show that online learning during the Covid-19 pandemic was not effective.

Keywords— Covid-19, Online Learning, Effectiveness


Keywords


Covid-19, Online Learning, Effectiveness

Full Text:

PDF

References


Abdullah, W. (2018). Model blended learning dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran. Fikrotuna, 7(1), 855-866. Retrived from http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/fikrotuna/article/view/3169

Aeni, N. (2021). Pandemi covid-19: dampak kesehatan, ekonomi, & sosial. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK, 17(1), 17-34. Retrivd from https://doi.org/10.33658/jl.v17i1.249

Aisyah, N. (2021). Dinamika pembelajaran daring melalui Belajar Dari Rumah (BDR) pada PAUD Miftahul Ulum saat pandemi Covid 19. DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 8(1), 71-84. Retrived from http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/2422

Akbar, K. R., Wilastiara, E. B., Noviyanti, R., Ardiani, R., & Sudinadji, M. B. (2021). Analisis perilaku masyarakat selama pandemic covid-19 dan new normal. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(1), 65-78. Doi https://doi.org/10.47387/jira.v2i1.74

Andini, D. M., & Supardi, E. (2018). Kompetensi pedagogik guru terhadap efektivitas pembelajaran dengan variabel kontrol latar belakang pendidikan guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 3(1), 1-7. Doi https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9450

Choirunnisa, S. (2020). Coronavirus desease 2019 (covid–19) dalam perspektif filsafat ilmu. JUSTITIA: Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora, 7(3), 536-546. Retrived from http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Justitia/article/download/1553/pdf

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi covid 19 bagi mahasiswa universitas pgri yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367-375. Retrived from http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/669

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi covid 19 bagi mahasiswa universitas pgri yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367-375. Retrived from http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/669

Erawati, I., Darwis, M., & Nasrullah, M. (2017). Efektivitas kinerja pegawai pada kantor kecamatan pallangga kabupaten gowa. Jurnal Office, 3(1), 13-18. Retrived from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=695595&val=11128&title=Efektivitas%20Kinerja%20Pegawai%20pada%20Kantor%20Kecamatan%20Pallangga%20Kabupaten%20Gowa

Fauziyah, N. (2020). Dampak covid-19 terhadap efektivitas pembelajaran daring pendidikan Islam. Al-Mau’Izhoh, 2(2), 1-11. Retrived from https://media.neliti.com/media/publications/363217-none-d8f718a2.pdf

Fauziyah, N. (2020). Dampak Covid-19 terhadap efektivitas pembelajaran daring pendidikan Islam. Al-Mau’Izhoh, 2(2), 1-11. Retrived from https://media.neliti.com/media/publications/363217-none-d8f718a2.pdf

Hanifah, U. (2014). Pentingnya buku ajar yang berkualitas dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa arab. Jurnal At-Tajdid, 3(1), 99-121. Retrived from http://repository.uinsby.ac.id/id/eprint/2181/

Hasanah, A., Lestari, A. S., Rahman, A. Y., & Daniel, Y. I. (2020). Analisis aktivitas belajar daring mahasiswa pada pandemi Covid-19. 1-9. Retrived from http://digilib.uinsgd.ac.id/30565/

Hidayah, A. A. F., Al Adawiyah, R., & Mahanani, P. A. R. (2020). Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. JURNAL SOSIAL Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(2), 53-56. Retrived from http://sosial.unmermadiun.ac.id/index.php/sosial/article/view/61

Hidayah, A. A. F., Al Adawiyah, R., & Mahanani, P. A. R. (2020). Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. JURNAL SOSIAL Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(2), 53-56. Retrived from http://sosial.unmermadiun.ac.id/index.php/sosial/article/view/61

Hidayah, A. A. F., Al Adawiyah, R., & Mahanani, P. A. R. (2020). Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. JURNAL SOSIAL Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(2), 53-56. Retrived from http://sosial.unmermadiun.ac.id/index.php/sosial/article/view/61

Hikmat, H., Hermawan, E., Aldim, A., & Irwandi, I. (2020). Efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19: Sebuah survey online. LP2M, 1-7. Retrived from https://digilib.uinsgd.ac.id/30625/

Isman, M. (2016). Pembelajaran moda dalam jaringan (moda daring). 586-588. Retrived from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/7868

Kuntarto, E., Sofwan, M., & Mulyani, N. (2021). Analisis manfaat penggunaan aplikasi zoom dalam pembelajaran daring bagi guru dan siswa di sekolah dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 7(1), 49-62. Doi https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.15742l

Mansyur, A. R. (2020). Dampak Covid-19 terhadap dinamika pembelajaran di Indonesia. Education and learning journal, 1(2), 113-123. Doi http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55

Mubarok, R. (2021). Dinamika lembaga pendidikan dasar dalam pengelolaan pembelajaran daring. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 10-20. Doi https://doi.org/10.24036/pedagogi.v21i1.1033

Novianti, N. R. (2011). Kontribusi pengelolaan laboratorium dan motivasi belajar siswa terhadap efektivitas proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan MIPA. Edisi khusus, 1, 158-166. Retrived from http://jurnal.upi.edu/file/15-Nur_Raina_Novianti.pdf

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 1(1). 56-60. Retrived from http://prosiding.seminar-id.com/index.php/sainteks/article/view/122

Putri, R. I., Restuning, S., Herijulianti, E., & Nurnaningsih, H. (2021). Efektivitas pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 2(2), 605-611. Retrived from https://jurnal.polkesban.ac.id/index.php/jks/article/view/687

Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 49-54. Retrived from https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas pembelajaran. Jurnal pendidikan usia dini, 9(1), 15-32. Doi https://doi.org/10.21009/JPUD.091.02

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8-19. Retrived from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IVCEJ/article/view/27830

Saputra, P. W., & Gunawan, I. G. D. (2021, May). Pemanfaatan media pembelajaran digital dalam upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran di masa Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 86-95. Retrived from https://prosiding.iahntp.ac.id/index.php/seminar-nasional/article/view/94

Sari, MK (2020). Sosialisasi pencegahan covid-19 di kalangan siswa sekolah dasar di SD Minggiran 2 Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Jurnal Pekerjaan Sosial, 4(1), 80-83. Doi https://doi.org/10.22437/jkam.v4i1.9821

Syapitri, H., Siregar, L. M., & Saragih, F. L. (2020). Pencegahan penularan covid-19 melalui sosialisasi dan pembagian masker di pasar pringgan medan. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 3(2), 422-429. Retrived from https://core.ac.uk/download/pdf/353678363.pdf

Telaumbanua, D. (2020). Urgensi pembentukan aturan terkait pencegahan Covid-19 di Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(1), 59-70. Doi https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.290

Yamali, F. R., & Putri, R. N. (2020). Dampak covid-19 terhadap ekonomi indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), 384-388. Doi http://dx.doi.org/10.33087/ekonomis.v4i2.179

Zendrato, W. (2020). Gerakan mencegah daripada mengobati terhadap pandemi covid-19. Jurnal Education and development, 8(2), 242-242. Retrived from http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1689


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.