Urgensi Pendidikan Anti Narkoba di Sekolah Dasar

Ayu Lestari, Meilan Arsanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Urgensi Pendidikan antinarkoba di sekolah dasar dengan menerapkan sikap jujur dan bertanggungjawab sejak dini menjadi suatu hal yang cukup penting. Karena walau masih dalam usia dini para siswa harus dapat memahami akan bahaya penyalahgunaan narkoba apalagi di kalangan remaja. Peneliti menggunakan metode study Pustaka, yaitu dengan mengambil data-data sekunder dari jurnal nasional yang sesuai dengan tema penelitian. Hasil dari penelitian ini dimulai dengan mengetahui tentang sekolah dasar, lalu penyalahgunaan narkoba di masyarakat, serta cara menangani penyalahgunaan narkoba. Sehingga dari hal tersebut peneliti dapat memahami bahwa urgensi Pendidikan antinarkoba di masyarakat cukup penting untuk dilakukan

Kata kunci— Pendidikan, Sekolah Dasar, Narkoba

 

Abstract—The Urgency of Anti-drug education in elementary schools by applying an honest and responsible attitude from an early age is quite important. Because even though they are still at an early age, students must be able to understand the dangers of drug abuse, especially among teenagers. The researcher uses the library study method, namely by taking secondary data from national journals that are in accordance with the research theme. The results of this study began with knowing about elementary schools, then drug abuse in society, and how to deal with drug abuse. So, from this, researchers can understand that the urgency of anti-drug education in the community is quite important to.

Keywords— Education, Elementary School, Drugs


Keywords


Education, Elementary School, Drugs

Full Text:

PDF

References


Deliviana, E. (2017). Mempersiapkan anak masuk sekolah dasar.Jurnal dinamika Pendidikan, 10(2), 99-225. Retrived from http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp.

Hariadi, A. & Irawan,Y (2016). Peran guru dalam penanaman nilai karakter religius di lingkungan sekolah pada siswa sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(1),176- 189. Doi https://doi.org/10.22437/gentala.v1i1.7097.

Irwandi, S., Ufatin, N., & Sultoni, S. (2016). Peran sekolah dalam menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat pada siswa sekolah dasar (studi multi situs di SD negeri 6 Mataram dan SD negeri 41 Mataram kota Mataram Nusa Tenggara Barat). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 492-498. Doi http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i3.6178.

Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49. Doi https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71.

Machali, I. (2014). Integras Pendidikan anti narkoba dalam Pendidikan agama islam dan budi pekerti kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan islam, 8(2), 229-244. Doi https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.579.

Reza, M., Hasibuan, R., Khotimah, N., & Widayanti, M. D. Implementasi perancangan pembelajaran anti narkoba anak usia dini pada guru taman kanak-kanak. Kumara Cendekia, 10(1),65-75. https://doi.org/10.20961.

Ridwan, A. (2018). Peran guru agama dalam bimbingan konseling siswa sekolah dasar. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1), 1-13. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v4i1.47.

Saefudin, M. (2020). Peran guru Pendidikan agama islam dalam implementasi program gerakan anti narkoba sebagai upaya pencegahan penggunaan zat adiktif pada siswa di SMA NU juntinyuat. Islamic Education Journal, 2(1), 77-100. Doi https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i1.32.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan dasar, 4(1), 29-39. Doi https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.

Taufiq, A. (2014). Hakikat Pendidikan di sekolah dasar pendidikan anak di SD.Jakarta: Universitas Terbuka.

Verawati, V., Harapan, E., & Fitria, H. (2020). Pengembangan Modul Anti Narkoba. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 67-76. Doi http://dx.doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.3962.

Wulandari, T. (2016). Implementasi kebijakan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba(P4GN) pada kalangan pelajar di BNNP DIY. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 5(5), 466-477. Doi https://doi.org/10.21831/sakp.v5i5.5312.

Yestiani, D. K. & Zahwa, N. (2020). Peran guru dalam pembelajaran siswa sekolah dasar.Fondatia Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 41-47. Retrived from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/article/view/515.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.