Urgensi Literasi Digital bagi Generasi Z

Nosivellila Nosivellila, Meilan Arsanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Penggunaan teknologi digital pada jaman sekarang masih harus dikembangkan lebih maju lagi,dimana masa zaman sekarang teknologi sangat dibutuhkan agar generasi zaman sekarang tidak akan mengalami ketinggalan informasi yang penting,sehingga tidak akan berdampak kepada generasi yang minim relasi dan pengalaman ,menggunakan teknologi digital sangatlah banyak manfaatnya termasuk untuk mengakses ilmu seluas-luasnya serta untuk membuat pembelajaran menjadi efektif,jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian tinjauan pustaka dengan menggunakan sumber berupa data,buku referensi,jurnal ilmiah dan artikel ilmiah dengan topic yang dihasilkan dari penelitian 1).perkembangan teknologi dizaman sekarang 2).dampak yang terjadi pada teknologi digital, 3).manfaat dalam mengakses teknologi digital, 4).generasi z yang membutuhkan teknologi

Kata kunci— Literasi Digital, Generasi Z

 

Abstract— The use of digital technology today still needs to be developed more advanced,where nowadays technology is needed so that today’s generation will not miss important information,so that it will not have an impact on a generation that has minimal relations and experience,using digital technology has many benefits including accessing the widest possible knowledge and making learning effective,this type of research ia a type of literature review research using sources in the form of data,regeneration books,scientific journals and scientific articles with topics resulting from research,1).technologi developments today 2).impact of digital technology 3).benfits of accessing digital technology 4).generasi z eho need technology.

Keywords— Digital Literacy, Generation Z


Keywords


Digital Literacy, Generation Z

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, H. (2019). Penguatan blended learning berbasis literasi digital dalam menghadapi era revolusi industry 4.0. Jurnal kependidikan islam, 9(2), 190-203. Doi http://doi.org/10.24042/alidara.v9i2.5168.

Bahri, S. & Arda, M. (2019).Pengaruh karakteristik pengusaha terhadap keberhasilan usaha kecil pada kalangan generasi z. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 265-273. Doi http://dx.doi.org/10.30596%2Fsnk.v1i1.3621

Bakti, C. P., & Safitri, N. E. (2017). Peran bimbingan dan konseling untuk menghadapi generasi Z dalam perspektif bimbingan dan konseling perkembangan. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1). Doi https://doi.org/10.24176/jkg.v3i1.1602

Christiani, L. C., & Ikasari, P. N. (2020). Generasi Z dan pemeliharaan relasi antar generasi dalam perspektif budaya Jawa. Jurnal komunikasi dan kajian media, 4(2), 84-105. Doi http://dx.doi.org/10.31002/jkkm.v4i2.3326

Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan karakter siswa melalui pemanfaatan literasi digital. Jurnal basicedu, 5(6), 5249-5257. Doi http://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609

Harjono, H. S. (2018). Literasi digital prospek dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 8(1), 1-7. Doi http://doi.org/10.22437/pena.v8i1.6706.

Ilma, N., (2013). Peran pendidikan sebagai modal utama membangun karakter bangsa. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 82-87. Retrived from http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi

Inanna, I. (2018). Peran pendidikan dalam membangun karakteristik bangsa yang bermoral. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 1(1), 27-33. Retrived from http://ois.umn.ac.id/JEKPEND

Janum, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal pendidikan dan kebudayaan mission, 10(1), 48-52.

Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19. Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 7(1), 38-50. https://www.researchgate.net/profile/Rita-Komalasari-2/publication/345293819_MANFAAT_TEKNOLOGI_INFORMASI_DAN_KOMUNIKASI_DI_MASA_PANDEMI_COVID_19/links/5fb1fe5a299bf10c3683293c/MANFAAT-TEKNOLOGI-INFORMASI-DAN-KOMUNIKASI-DI-MASA-PANDEMI-COVID-19.pdf

Kurnianingsih, I., Roasini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya peningkatan kemampuan literasi digital bagi tenaga perpustakaan sekolah dan guru di wilayah Jakarta pusat melalui pelatihan literasi informasi. Jurnal Pengapdian Kepada Masyarakat, 3(1),61-76. Doi http://doi.org/10.22146/jpkm.25370.

Liansari, V., & Nuroh, E. Z. (2018). Realitas penerapan literasi digital bagi mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Proceedings of the ICECRS, 1(3), v1i3-1397. Doi http://doi.org/10.21078/picecrs.v1i3.1397

Ningsi, T. (2019). Peran pendidikan islam dalam membentuk karakter siswa di era revolusi industry 4.0 dimadrasah tsanawiyah negeri 1 banyumas. Jurnal pemikiran alternatif kependidikan, 24, 920,220-231. Doi https://doi.org/10.24090/insania.v2412.3049

Prasanti, D., & Indriani, S. S. (2018). Pengembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam sistem e-health ‘alodokter. com,’. Jurnal Sosioteknologi, 17(1), 93-103. https://www.researchgate.net/profile/Sri-Indriani/publication/324913692_PENGEMBANGAN_TEKNOLOGI_INFORMASI_DAN_KOMUNIKASI_DALAM_SISTEM_E-HEALTH_alodoktercom/links/5b7c00214585151fd124191f/PENGEMBANGAN-TEKNOLOGI-INFORMASI-DAN-KOMUNIKASI-DALAM-SISTEM-E-HEALTH-alodoktercom.pdf

Ria, M. D., & Budiman, A. (2021). Perancangan Sistem Informasi Tata Kelola Teknologi Informasi Perpustakaan. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(1), 122-133. Doi https://doi.org/10.33365/jatika.v2i1.733

Safitri, I., Marsidin, S., & Subandi, A. (2020). Analisis Kebijakan terkait Kebijakan Literasi Digital di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 176-180. Doi http://dx.doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.123

Subowo, A. T. (2021). Membangun Spiritualitas Digital Bagi Generasi Z. DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 5(2), 379-395. Doi https://doi.org/10.30648/dun.v5i2.464

Talib, N. A. H. M., Majid, L. A., & Talib, N. M. (2019). Relevansi Sifat al-Haya’dalam Pemantapan Akhlak Generasi Z. Al-Turath Journal of al-Quran and Al-Sunnah, 4(1), 8-14. http://spaj.ukm.my/jalturath/index.php/jalturath/article/view/82.

Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan perilaku komunikasi generasi milenial dan generasi z di era digital. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69-87. https://202.52.52.7/index.php/JICC/article/view/15550.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.