Peran Orang Tua dalam Penerapan Sikap Toleransi pada Anak Sejak Dini

Yuyun Bhany Abdullah, Meilan Arsanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Tujuan penelitian ini adalah untuk memberitahukan bahwa Peran orang tua dalam pembentukan karakter pada anak mampu menumbuhkan nilai-nilai yang berakhlak mulia sehingga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Anak usia dini adalah anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan dimana mereka masih mudah menyerap dan meniru apa yang diajarkan oleh orang yang lebih dewasa. Data pada penelitian ini menggunakan data berbentuk artikel-artikel ilmiah yang kemudian menggunakan teknik para frasa untuk mendapatkan sebuah kalimat yang sesuai dengan topik penelitian. Peran orang tua dalam menanamkan sikap toleransi pada anak bertujuan untuk membentuk sifat dan menanamkan nilai-nilai kebaikan agar menjadi sebuah kebiasaan baik ketika anak itu tumbuh lebih dewasa atau pada jenjang pendidikan selanjutnya. Hasil penelitian diatas mengkaji beberapa topik penelitian 1) Pendidikan toleransi di lingkungan keluarga. 2) pendidikan toleransi di lingkungan sekolah. 3) Penerapan sikap toleransi. Maka dari itu penelitian ini akan membahas beberapa uraian diatas.

Kata kunci— Peran Orang Tua, Penerapan Toleransi, Anak Usia Dini

 

Abstract— The purpose of this study is to inform that the role of parents in the formation of character in children is able to foster noble values so that they can be applied in everyday life. Early childhood is a child who is experiencing a growth period where they still easily absorb and imitate what is taught by more mature people. The data in this study uses data in the form of scientific articles which then use the paraphrase technique to get a sentence that fits the research topic. The role of parents in instilling tolerance in children aims to shape character and instill good values so that it becomes a good habit when the child grows older or at the next level of education. The results of the above research examine several research topics 1) Tolerance education in the family environment. 2) tolerance education in the school environment. 3) Application of tolerance. Therefore, this study will discuss some of the above descriptions.

Keywords— The Role of Parents, Implementation of Tolerance, Early Childhood


Keywords


The Role of Parents, Implementation of Tolerance, Early Childhood

Full Text:

PDF

References


Asri, A. (2021). Dampak Toleransi Beragama terhadap Perkembangan Pendiddikan Islam di Kelurahan Rantekalua Kec. Mengkendek Kab. Tana Toraja (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar). Retrieved from: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/20527/

Bakar, A. (2016). Konsep toleransi dan kebebasan beragama. Toleransi: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 7(2), 123-131. DOI http://dx.doi.org/10.24014/trs.v7i2.1426

Effendi, M. R., Alfauzan, Y. D., & Nurinda, M. H. (2021). Menjaga Toleransi Melalui Pedidikan Multikulturalisme. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(1), 43-51. DOI: https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i1.175

Ekaningtyas, N. L. D. (2020). Psikologi Komunikasi untuk Memaksimalkan Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi Pada Anak Usia Dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14-20. DOI: https://doi.org/10.25078/pw.v5i1.1355

Endang, B. (2009). Mengembangkan sikap toleransi dan kebersamaan di kalangan siswa. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 1(2), 89-105. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengertian+toleransi&oq=pengertian+tol#d=gs_qabs&t=1672533376290&u=%23p%3D99DeFuEb0NcJ

Farhurohman, O. (2017). Hakikat bermain dan permainan anak usia dini di pendidikan anak usia dini (PAUD). As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 27-36. Retrieved from: https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=hakikat+anak+usia+dini&btnG=#d=gs_qabs&t=1672556537148&u=%23p%3DZMNGMdG-Q24J

Ginanjar, M. H. (2017). Keseimbangan peran orang tua dalam pembentukan karakter anak. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03). DOI http://dx.doi.org/10.30868/ei.v2i03.27

Ginting, R., & Aryaningrum, K. (2009). Toleransi dalam masyarakat plural. Majalah Lontar, 23(4). DOI: https://doi.org/10.26877/ltr.v23i4.665

Hadisi, L. (2015). Pendidikan karakter pada anak usia dini. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 50-69. Retrieved from: https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/410/395

Huliyah, M. (2016). Hakikat pendidikan anak usia dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 60-71. Retrieved from: https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=hakikat+anak+usia+dini&btnG=#d=gs_qabs&t=1672555897990&u=%23p%3D3bW1hzl-HOAJ

Khadri, M. (2022). Bab vi pendidikan karakter toleransi. Membangun Pendidikan Karakter, 73. Retrieved from: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=I3iaEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA73&dq=info:-K-mEPrK7ngJ:scholar.google.com/&ots=AkYB9MNU8K&sig=EYAaLyZI1xORZtPom2gcK-3zWqk&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01-12. DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N., & Andriani, F. (2020). Analisis peran orang tua dalam mendampingi anak di masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241-256. DOI: http://dx.doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan media pembelajaran anak usia dini. Penerbit Gunung Samudera [Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia].

Mumin, U. A. (2018). Pendidikan toleransi perspektif pendidikan agama Islam (telaah muatan pendekatan pembelajaran di sekolah). Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 1(2), 15-26. DOI: https://doi.org/10.31943/afkar_journal.v2i1.19

Nugroho, R., Artha, I. K. A. J., Nusantara, W., Cahyani, A. D., & Patrama, M. Y. P. (2022). Peran orang tua dalam mengurangi dampak negatif penggunaan gadget. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5425-5436. Retrieved from : https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/2980/pdf

Permono, H. (2013). Peran orangtua dalam optimalisasi tumbuh kembang anak untuk membangun karakter anak usia dini. Retrieved from: http://hdl.handle.net/11617/3994

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696-1705. DOI: https://doi.org?10.31004?obsesi.v5i2.972.

Purnamasari, Y. M., & Wuryandani, W. (2019). Media pembelajaran big book berbasis cerita rakyat untuk meningkatkan karakter toleransi pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90-99. DOI https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273

Rahman, U. (2009). Karakteristik perkembangan anak usia dini. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 12(1), 46-57. DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a4

Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100. Retrieved from: https://core.ac.uk/download/pdf/276545391.pdf

Rowley, J., & Slack, F. (2004). Conducting a literature review. Management research News.

Siregar, N. S. S. (2013). Persepsi orang tua terhadap pentingnya pendidikan bagi anak. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 1(1), 11-27. Retrieved from http://ojs.uma.ac.id/index.php/jppuma/article/viewFile/548/877

Sodik, F. (2020). Pendidikan Toleransi dan Relevansinya dengan Dinamika Sosial Masyarakat Indonesia. Tsamratul Fikri, 14(1), 1-14. DOI: https://doi.org/10.36667/tf.v14i1.372

Subroto, G. (2016). Dampak toleransi antar umat beragama terhadap perkembangan pendidikan islam di dusun trenceng desa mrican kecamatan jenangan ponorogo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammdiyah ponorogo). Retrieved from: http://eprints.umpo.ac.id/2444/

Suryadilaga, M. A. (2021). Mengajarkan rasa toleransi beragama pada anak usia dini dalam persepektif hadis. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 110-118. DOI http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i1.12538

Valeza, A. R. (2017). Peran orang tua dalam meningkatkan Prestasi anak di perum tanjung raya permai kelurahan pematang wangi kecamatan tanjung senang bandar lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2331

Wahidin, W. (2020). Peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar pada anak sekolah dasar. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar), 3(1). Retrieved from http://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/291

Warsah, I. (2018). Pendidikan keluarga muslim di tengah masyarakat multi-agama: antara sikap keagamaandan toleransi (studi di desa suro bali kepahiang-bengkulu). Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13(1), 1-24. Retrieved from: https://www.academia.edu/download/85931209/pdf.pdf.

Widianto, E. (2015). Peran orangtua dalam meningkatkan pendidikan karakter anak usia dini dalam keluarga. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(1), 31-39. DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v2i1.1817


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.