Pendidikan Karakter sebagai Dasar Membentuk Generasi Berakhlakul Karimah

Dina Shofira Udiatami, Meilan Arsanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Pendidikan karakter berakhlakul karimah sangat penting bagi siswa karena dengan adanya penanaman, pengembangan menjadi salah satu usaha besar dalam membentuk karakter yang baik dan benar dalam dunia pendidikan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian studi pustaka dengan menggunakan data sekunder dari artikel jurnal nasional sesuai dengan topik dalam penelitian. Dalam penelitian ini berhasil menunjukkan bahwa ada beberapa cara untuk membentuk karakter generasi berakhlakul karimah yaitu 1). Berpikir religious, 2) Mengembangkan sikap disiplin, 3).Menerapkan perilaku jujur.

Kata kunci— Pendidikan Karakter, Berakhlakul Karimah

 

Abstract— Character education with good morals is very important for students because with planting, development becomes one of the big efforts in forming good and right character in the world of education. This type of research is a type of literature study using secondary data from national journal articles according to the topics in the research. This study succeeded in showing that there are several ways to shape the character of the generation of good morals, namely 1). Religious thinking 2). Develop an attitude of discipline 3). Adopt honest behavior.

Keywords—Character Education, Good Morals


Keywords


Character Education, Good Morals

Full Text:

PDF

References


Ainissyifa, H. (2014) Pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan islam. JURNAL PENDIDIKAN UNIGA. 8(1) 21-26. Retrieved from https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/68/69

Anggara, D. D., & Nu'man, M. (2022). Penanaman Akhlakul Karimah pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah melalui Pendidikan Agama Islam. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(3), 552-557. Doi https://doi.org/10.36835/modeling.v9i3.1207

Fahroji, O. (2020). Implementasi pendidikan karakter penelitian di smp islam al-azhar 11 kota serang dan smp islam terpadu raudhatul jannah kota cilegon. Qathrunâ, 7(1), 61-82. Doi https://doi.org/10.32678/QATHRUNA.V7I1.3030

Hasanudin, C., Mayasari, N., Saddhono, K., & Noviyasari, D. (2020). Penerapan microsoft paint dalam membuat media 3D kolaborasi pop-up dan movable book. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP Bojonegoro, 1(1). Refrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1054

Karyono, K. (2020). Peranan Pengajian Ahad Pagi dalam Membentuk Akhlaqul Karimah Jama'ah di Islamic Centre Nganjuk, Kabupaten Nganjuk. Tawshiyah: Jurnal Sosial Keagaman dan Pendidikan Islam, 15(2). 4-13. Refrieved from https://www.lp2msasbabel.ac.id/jurnal/index.php/taw/article/view/1429/556

Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 4(1), 3-9. Doi https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71

Latifah, S. A., Sutejo, S., & Suprayitno, E. (2021). Nilai Pendidikan Karakter dan Pesan Edukatif dalam Dongeng Nusantara Bertutur. Jurnal Bahasa dan Sastra, 8(2), 4-10. Refrieved from https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/JBS/article/view/99

Latipah, E., & Mardliyah, N. F. (2020). Akhlakul-Karimah Siswa Ma’had Islamy: Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(1), 55-66. Doi https://doi.org/10.14421/jpai.2020.171-05

Mulyadi, E. (2018). Strategi Pengembangan Budaya Religius di Madrasah. Jurnal Kependidikan, 6(1), 1-14. https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1688

Musrifah, M. (2016). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam. Edukasia Islamika, 1(1) 119-133. Retrieved from https://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/edukasiaislamika/article/view/772

Muzianah, S. (2017). Upaya guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan agama islam bagi pembentukan akhlakul karimah di SDIT As Sunnah Kota Cirebon. OASIS (Jurnal Ilmiah Kajian Islam), 1(2), 60-78. Refrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/270192442.pdf

Noer, M. A. & Sarumpaet, A. (2017) Konsep adab peserta didik dalam Pembelajaran menurut Az-Zarnui dan Implikasinya terhadap Pendidikan Karakter di Indonesia. Al-Hikmah Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 14(2) 8-28. Doi https://doi.org/10.25299/

Pasrah, H. R. (2008). Kode etik jurnalistik dan kebebasan pers dalam perspektif Islam. Jurnal Dakwah: Media Komunikasi dan Dakwah, 9(2), 117-136. Refrieved from https://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/jurnaldakwah/article/view/2008.09202

Puspitasari, E. (2014) Pendekatan Pendidikan Karakter. EDUEKSOS : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi. 3(2) 2-13. 10.24235/edueksos.v3i2.355

Salsabila, U. H., Jaisyurohman, R. A., Wardani, M. T., Yuniarto, A. A., & Yanti, N. B. (2020). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Pribadi Akhlakul Karimah. BINTANG, 2(3), 370-385. Doi https://10.36088/bintang.v2i3.987.

Sattriawan, A., & Sutiarso, S. (2017). Mengembangkan karakter religius melalui pembelajaran matematika. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 191-196. Refrieved from https://proceedings.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/36.

Sinulingga, S. P. (2016). Teori Pendidikan Moral Menurut Emile Durkheim Relevansinya Bagi Pendidikan Moral Anak Di Indonesia. Jurnal Demo, 26(2), 214-248. Doi https://doi.org/10.22146/jf.12784.

Sudrajat, A. (2011) Mengapa pendidikan karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter. 1(1) 3-12. Doi https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316.

Susanti, R. (2013). Penerapan Pendidikan Karakter di kalangan mahasiswa. AL-TA LIM JOURNAL, 20(3), 480-487. Doi htpps://doi.org/10.15548/JT.V20I3.46.

Suseno, I., Supeno, S., & Miranti, I. (2017). Pengaruh motivasi, disiplin kerja dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru bahasa inggris SMP DKI Jakarta. Deiksis, 9(01), 90-99. Doi http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v9i01.906.

Susiatik, T., & Sukoco, S. (2022). Penanaman Nilai-nilai akhlakul karimah. Justicia and Democratia, 1(1) 6-11. Refrieved from https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/jade/article/view/2287.

Susilo, A., & Isbandiyah, I. (2019). Peran guru sejarah dalam pembentukan pendidikan karakter anak era globalisasi. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 171-180. Doi http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v1i2.2246.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.