Problematika Pendidikan di Indonesia saat Pandemi

Selistia Oktaviani, Meilan Arsanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Covid-19 berasal dari Wuhan (Tiongkok) yang di sebabkan oleh virus. Penyebaran virus ini meningkat dengan sangat cepat melalui sistem pernafasan. Gejala yang biasa di alami adalah demam, batuk, dan sakit tenggorokan. Dampak dari adanya covid-19 pada dunia pendidikan adalah sistem pembelajaran dilakukan di rumah. Kebanyakan siswa yang kesulitan karena pembelajaran daring. Karena mereka belum terbiasa dan belum bisa beradaptasi dengan pembelajaran daring yang di sebabkan oleh banyak faktor. Pembelajaran tersebut bertujuan untuk pencegahan/mengurangi penyebaran covid-19, karena sebelumnya angka kematian di indonesia yang terus meningkat.

Kata kunci— Covid-19, pendidikan, siswa.

 

 

 

Abstract— Covid-19 originated from Wuhan (China) which was caused by a virus. The spread of this virus increases very quickly through the respiratory system. Common symptoms are fever, cough and sore throat. The impact of the existence of Covid-19 on the world of education is that the learning system is carried out at home. Most students have difficulties because of online learning. Because they are not used to and cannot adapt to online learning which is caused by many factors. The learning aims to prevent/reduce the spread of Covid-19, because previously the death rate in Indonesia continued to increase.

Keywords— Covid-19, education, student.


Keywords


Covid-19, education, student.

Full Text:

PDF

References


Amelia, Chairunnisa (2019) problematika pendidikan di indonesia.In: prosiding seminar nasional fakultas ilmu social 3 Tahun 2019, 775. http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2

Assri, B. C. (2020). kebijakan luar negeri amerika serikat terhadap iran selama pandemi covid-19. Jurnal ICMES, 4(1),30. https://doi.org/10.35748/jurnalicmes.v4i1.72

Aulia, F. D. A. D., Asiah, D. H. S., & Irfan, M. (2020). peran pemerintah dalam penanganan dampak pandemi COVID-19 bagi penyandang disabilitas. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 1(1), 31-4. https://doi.org/10.24198/jppm.v1i1.30951

Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan besar pendidikan adalah tindakan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2),2-6, https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13540

Hasanudin, C., Mayasari, N., Saddhono, K., & Noviyasari, D.(2020).Penerapan microsoft paint dalam membuat media 3D kolaborasi pop-up dan movable book. Prosiding Nasional Pendidikan:LPPM IKIP Bojonegoro, 1(1).Refreved From https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1054

Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435-1443.https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.774

Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). inovasi pendidikan: upaya penyelesaian problematika pendidikan di indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2).149-155 DOI: https://d oi.org/10.33852/jurnalin.v1i2.32

Kurniawan, M. T. A. (2020, December). Artikel Review: Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan Di Indonesia. In Seminar Nasional Keolahragaan (Vol. 1),5-7, http://conference.um.ac.id/index.php/fik/article/view/453

Leonard, L. (2016). Kompetensi tenaga pendidik di Indonesia: Analisis dampak rendahnya kualitas SDM guru dan solusi perbaikannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i3.643

Mansir, Firman. (2020) Kesejahteran dan Kualitas Guru Sebagai Ujung Tombak Pendidikan Nasional Era Digital, Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 293 - 303, doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.829

Mastura, M., & Santaria, R. (2020). dampak pandemi Covid-19 terhadap proses pengajaran bagi guru dan siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 289-295. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.293

Nasution, E. (2016). problematika pendidikan di indonesia. Mediasi, 8(1).2-15 https://core.ac.uk/download/pdf/229361428.pdf

Perdana, D. I. (2013). kurikulum dan pendidikan di indonesia: proses mencari arah pendidikan yang ideal di Indonesia atau hegemoni kepentingan penguasa semata?. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2(1).5-12 recheifred from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=740483&val=11673&title=Kurikulum%20Dan%20Pendidikan%20Di%20Indonesia%20Proses%20Mencari%20Arah%20Pendidikan%20Yang%20Ideal%20Di%20Indonesia%20atau%20Hegemoni%20Kepentingan%20Penguasa%20Semata

PH, L., Suwoso, R., Febrianto, T., Kushindarto, D., & Aziz, F. (2020). dampak pandemi Covid-19 bagi perekonomian masyarakat desa. Indonesian Journal of Nursing and Health Sciences, 1(1), 37-48. Retrieved from http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/IJNHS/article/view/225

Setyosari, P. (2017). Menciptakan pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jinotep (jurnal inovasi dan teknologi pembelajaran): kajian dan riset dalam teknologi pembelajaran, 1(1), 20-30. https://scholar.google.co.id/citations?hl=id&user=OSp-kVkAAAAJ

Sumiati, E., & Wijonarko, W. (2020). manfaat literasi digital bagi masyarakat dan sektor pendidikan pada saat pandemi Covid-19. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2), 65–80. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/17799

Sumiati, T. (2011). problematika pendidikan di indonesia dan solusi pemecahannya. Jurnal Statement: Media Informasi Sosial dan Pendidikan, 1(1), 45-48.https://doi.org/10.56745/js.v1i1.4

Suryana, S. (2020). Permasalahan mutu pendidikan dalam perspektif pembangunan pendidikan. Edukasi, 14(1).4-12, https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971

Tholani, M. I. (2013). Problematika Pendidikan di Indonesia (Telaah Aspek Budaya). Jurnal Pendidikan, 1(2), 64-74.1. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/148

Tholani, M. I. (2013). Problematika Pendidikan di Indonesia (Telaah Aspek Budaya). Jurnal Pendidikan, 1(2), 64-74. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/148

Umar, U., & Widodo, A. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Akademik Siswa Sekolah Dasar di Daerah Pinggiran. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 458–465. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2131

Widodo, Heri. Potret Pendidikan di Indonesia dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 293-308, https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/cendekia/issue/view/39.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.