Pendidikan Karakter sebagai Upaya Pembentukan Generasi Khaira Ummah

Puji Rahmawati, Meilan Arsanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Pendidikan karakter sangat berperan penting dalam pembentukan generasi khairu ummah juga sebagai pembentuk generasi yang bermoral dan mempunyai prinsip kebenaran yang dapat di pertanggung jawabkan. pendidikan di perlukan karena dapat menguatkan karakter yang baik pada seseorang, menumbuhkan sikap saling mengasihi kepada sesama. Dengan adanya pendidikan karakter di harapkan seseorang menjadi generasi yang berakal serta berakhlaq dan mengamalkan pengetahuannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian literatur review  dengan menggunakan data sekunder yaitu menggunakan digital library (google scolar) dalam mengumpulkan data yang sesuai dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan ada tujuh karakter hasil dari proses pendidikan dalam membentuk generasi khaira ummah yaitu pembentukan pribadi yang tangguh, mandiri, bertanggungjawab, dinamis, kompetitif, berjiwa nasionalis dan gotong-royong.

Kata kunci— Pendidikan Karakter, Generasi Khaira Ummah, Pembentukkan

 

Abstract— Character education plays an importent role in the formation of the khaira ummah generation as well as forming a generation that is moral and has principles of truth that can be held accountable. Education is needed because it can strengthen good character in a person, foster an attitude of mutual love for others. With character education, it is hoped that someone will become a generation who is intelligent and has good morals and puts his knowledge into practice. This  research is a type of literature review research using secondary data, namely using a digital library (google scolar) to collect data that is appropriate to the research topic. The result of the study show that there are seven characters resulting from the educational procces in forming the khaira ummah generation, namely the formation of a strong, independent, responsible, dynamic, competitive, nationalist and mutual cooperation personality.

Keywords— Character Education, Khaira Ummah Generation, Formation


Keywords


Character Education, Khaira Ummah Generation, Formation

Full Text:

PDF

References


Aminah, A., Hairida, H., & Hartoyo, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8349-8358. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3791

Budiani, S., Tsalatsa, A. N., Lazarusli, B., Ginting, R., Buchori, A., Setyawati, R. D., ... & Aminudin, M. Pengembangan multimedia peembelajaran matematika tema transportasi kelas II sd menggunakan power point. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(02). Retrieved from http://research.unissula.ac.id/file/publikasi/211312010/8322artikelku_saja.pdf.

Damis, R. (2014). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Ajaran Cinta Dalam Tasawuf. Al-Ulum, 14(1), 127-152. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/232.

Diana, P. (2022). Media pembelajaran untuk generasi milineal (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG). Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/19840/

Elviana, P. S. O. (2017). Pembentukan sikap mandiri dan tanggung jawab melalui penerapan metodesosiodrama dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(1), 134-144. Retrieved from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=785544&val=12895&title=PEMBENTUKAN%20SIKAP%20MANDIRI%20DANTANGGUNG%20JAWAB%20MELALUI%20PENERAPAN%20METODE%20SOSIODRAMA%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20PENDIDIKAN%20KEWARGANEGARAAN

Halim, A. (2014). Budaya Perdamaian dalam Al-Qur'an'. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu al-Qur’an dan Hadis, 15(1). Retrieved from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=875521&val=13913&title=BUDAYA%20PERDAMAIAN%20DALAM%20AL-QURAN.

Hasan, S. H. (2012). Pendidikan sejarah untuk memperkuat pendidikan karakter. Paramita: Historical Studies Journal, 22(1),81-59. DOI: https://doi.org/10.15294/paramita.v22i1.1875

Qadam, IU (2019). Budaya Organisasi Dalam Membentuk Karakter Generasi Khaira Ummah Di Pesantren. Konseling Edukasi: Jurnal Bimbingan dan Konseling , 3 (2) 1-25. Retrieved from https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Konseling_Edukasi/article/view/6893.

Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan karakter sebagai upaya menciptakan akhlak mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(3), 229-238.

Doi https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.456 .

Ramdhani, K. (2017). Penerapan nilai-nilai pendidikan kepemimpinan di pondok modern Darussalam Gontor Ponorogo. Jurnal pendidikan islam rabbani, 1(2). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/rabbani/article/view/1027.

Rosmiati, A. (2014). Teknik stimulasi dalam pendidikan karakter anak usia dini melalui lirik lagu dolanan. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan (Journal of Performing Arts), 15(1), 71-82. DOI: https://doi.org/10.24821/resital.v15i1.801

Rustiana, I. Khaira Ummah dalam Tafsir Sunni dan Syi ‘ah (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ushuluddin Dan Filsafat UIN Syarif Hidayatullah). Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42956

Sadia, W. (2013). Model pendidikan karakter terintegrasi pembelajaran sains. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2), 209-220. Doi https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2165 .

Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47-58. Doi https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316 .

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39. Doi http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.262.

Sumantri, H. E., Darmawan, C., Ip, S., & Saefulloh, S. P. (2014). Generasi dan Generasi Muda. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/198232865.pdf.

Tuloli, S. (2022, 21 April). “Pendidikan Karakter”. DOI https://doi.org/10.31219/osf.io/mhvb9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.