Metode Hybrid Learning untuk Pembelajaran Bahasa dan Sastra di Era Society 5.0

Pingqi Meila Cahyani, Meilan Arsanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Era society 5.0 adalah generasi yang berkaitan dengan manusia dan teknologi. Era society 5.0 dapat mengurangi kesenjangan sosial karena kualitas hidup meningkat, kemampuan berpikir kritis, dan menjadi peka terhadap lingkungan sosial. Riset ini menggunakan metode literatur review menggunakan data sekunder yang bersumber dari artikel penelitian yang telah dipublikasikan dalam bentuk jurnal nasional. Hasil penelitian ini menunjukkan empat cara dalam mengatasi era society 5.0 untuk pembelajaran bahasa dan sastra dengan model hybrid learning yaitu 1) Pendidik mengikuti pelatihan teknologi agar dapat berinovasi mengajar dengan baik. 2) Sebelum memulai pembelajaran, pendidik menyiapkan bahan ajar dan menggunakan aplikasi atau sejenisnya yang bisa diakses oleh peserta didik. Hal ini diberikan bagi peserta didik sesi online. 3) Peserta didik diberikan kesempatan berinovasi dalam pembelajaran. 4) Peserta didik dapat memberikan kritik pembelajaran yang diberikan oleh pendidik, sehingga ketika ada kekurangan dapat diperbaiki.

Kata kunci— Era society 5.0, pembelajaran bahasa dan sastra, hybrid learning.

 

 

Abstract— The Society 5.0 era is a generation related to humans and technology. The Society 5.0 era can reduce social inequality because the quality of life increases, critical thinking skills, and become sensitive to the social environment. This research uses the review literature method using secondary data sourced from research articles that have been published in the form of national journals. The results of this study showed four ways in overcoming the Society 5.0 era for language and literary learning with a hybrid learning model, namely 1) educators attend technology training in order to be able to innovate teaching well. 2) Before starting learning, educators prepare teaching materials and use applications or the like that can be accessed by students. This is given for students online sessions. 3) Students are given the opportunity to innovate in learning. 4) Students can provide criticism of learning given by educators, so that when there are deficiencies can be repaired.

Keywords— Era of society 5.0, language and literature learning, hybrid learning.


Keywords


Era of society 5.0, language and literature learning, hybrid learning.

Full Text:

PDF

References


Ariani, D., & Syahrani, S. (2022). Manajemen pesantren dalam persiapan pembelajaran 5.0. Cross-border, 5(1), 611-621. Retrived from http://www.journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/1130/894

Astini, NK (2022). Tantangan implementasi merdeka belajar pada era new normal covid-19 dan era society 5.0. Jurnal : lampuhyang , 13 (1), 164-180. DOI : https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v13i1.298

Asyari, A., & Rasidi, MA (2022). Tantangan pembelajaran hybrid di perguruan tinggi. ISLAMIKA , 4 (4), 883-892. https://doi.org/10.36088/islamika.v4i4.2191

Bali, M. M. E. I., & Hasanah, F. (2022). Aksentuasi disiplin belajar mahasiswa dalam moda hybrid learning di era pandemi covid-19: persepsi pendidik. Jurnal Basicedu Vol, 6(3). https://scholar.archive.org/work/wd3zaowezbec3guaetgluxgqvq/access/wayback/https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/download/2800/pdf.

Banat, A. (2020). Kemandirian belajar mahasiswa penjas menggunakan media google classroom melalui hybrid learning pada pembelajaran profesi pendidikan di masa pandemi covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 13(2), 119-125. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jtp/article/view/20147

Brahmana, P. S. (2008). Sastra sebagai sebuah disiplin ilmu. Logat Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, IV (2), 116-121. https://www.academia.edu/download/30247016/bahasa_dan_sastra__logat__vol__4_no__2_oktober_2008.pdf#page=46

Bungawati, B. (2022). Peluang dan tantangan kurikulum merdeka belajar menuju era society 5.0. Jurnal pendidikan, 31(3), 381-388. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp/article/view/2847

Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai cermin kebudayaan. Jurnal tarbiyah, 24(2). Retrived from : http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/167

Ering, A., & Tampa, P. (2021). Tanggung Jawab Guru PAK Dalam Pemanfaatan Media Teknologi Informasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Psychology” Humanlight”, 2(2), 13-25. Retrieved from : http://ejournal-iakn-manado.ac.id/index.php/humanlight/article/view/699

Hakim, L. (2020). Pemilihan platform media pembelajaran online pada masa New Normal. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(2), 27-36. http://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/view/3516

Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran online di universitas dian nuswantoro. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 225-233. http://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/924

Hasanah, A., & Haryadi, H. (2022). Tinjauan kurikulum merdeka belajar dengan model pendidikan abad 21 dalam menghadapi era society 5.0. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia , 266-285. DOI : https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7595

Hendarsyah, D. (2019). E-commerce di era industri 4.0 dan society 5.0. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 171-184. Doi: https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.170

Hidayati, L., Amalyaningsih, R., Ningrum, A., Nurhayati, U., & Wakhidah, N. (2022). Respons peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran hybrid learning di mts negeri 2 sidoarjo. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains , 10 (1), 155-160. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/43964

Istiqomah, I., Agustito, D., Sulistyowati, F., Yuliani, R., & Irsyad, M. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe untuk Meningkatkan Kemampuan 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi). Community Empowerment, 6(3), 464-471. DOI : https://doi.org/10.31603/ce.4425

Magdalena, I., Fauzi, HN, & Putri, R. (2020). Pentingnya evaluasi dalam pembelajaran dan akibat memanipulasinya. BINTANG , 2 (2), 244-257. https://doi.org/10.36088/bintang.v2i2.986

Makhin, M. (2021). Model pembelajaran hybrid pembelajaran pada masa pandemi di sd negeri bungurasih waru sidoarjo. Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan , 3 (2), 95-103. https://doi.org/10.55352/mudir.v3i2.312

Marisa, M. (2021). Inovasi kurikulum “MERDEKA BELAJAR” di era society 5.0. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan, Dan Humaniora, 5(1), 66-78. Retrieved from http://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/article/view/1317

Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi , 9 (2), 1630-1640. https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416

Mustika, R., Nurhasanah, A., & Adya Pribadi, R. (2021). Hybrid learning sebagai alternatif model pembelajaran tematik di kelas 2 sekolah dasar pada masa pandemi. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang , 7 (02), 402 – 414. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.234

Myori, D. E., Chaniago, K., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan kompetensi guru dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi melalui pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis android. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 102-109. DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106832

Nasikin, M., & Khojir, K. (2021). Rekonstruksi pendidikan islam di era society 5.0. Cross-border, 4(2), 706-722. Retrived from http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/977

Oktaviani, R. (2021). Prinsip-prinsip pembelajaran bahasa indonesia sd/mi. PENTAS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia , 7 (1), 1-9. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/pentas.v7i1.1528

Putra, IA (2016). Orientasi hybrid learning model melalui hybrid learning dengan bantuan multimedia di dalam kegiatan pembelajaran EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi , 1 (1), 36–42. Diambil dari https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/16

Putra, PH (2019). Tantangan pendidikan islam dalam menghadapi masyarakat 5.0. islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman , 19 (02), 99–110. https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.458

Rahayu, AP, Hidayati, D., Susilowati, S., & Jannah, FBF (2022). Pembelajaran interaktif melalui hybrid learning dengan metode demonstrasi. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan , 5 (3), 326-336. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/26815

Riyanda, A. R., Agnesa, T., Wira, A., Ambiyar, A., Umar, S., & Hakim, U. (2022). Hybrid learning: alternatif model pembelajaran di masa pandemi covid-19. Jurnal Basicedu, 6(3), 4461-4469. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2794.

Ruskandi, K., Pratama, E. Y., & Asri, D. J. N. Transformasi arah tujuan pendidikan di era society 5.0. cv. Caraka khatulistiwa. Retrived from https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=T9dOEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=manfaat+pendidikan+di+Era+society+5.0&ots=rl88FREZQZ&sig=J8D4zScIbEEEOibEPK9UyGaDf5U

Sartika, D. (2022). Kendala strategi dalam pembelajaran bahasa dan sastra indonesia. DOI : https://doi.org/10.31219/osf.io/u5xzv

Septiana, T. I. (2016). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa dan sastra. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(01), 83-96 http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/geneologi/article/view/230.

Simarmata, J., Sibarani, C. G. G. T., & Silalahi, T. (2019). Pengembangan media animasi berbasis hybrid learning. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=tBnGDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA13&dq=media+pembelajaran+Hybrid+Learning+dengan+baik&ots=YAkkD5YxBi&sig=0YgBgzytx8ImPtDdM8ZSjQYrCZc

Simarmata, R. (2022). Dampak pembelajaran hybrid learning pada kemampuan matematis siswa smp kalam kudus medan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan , 6 (1), 456-461. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3107

Syarifudin, muhamad, & Nursalim, N. (2019). Strategi pengajaran sastra. PENTAS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia , 5 (2), 1-8. Diambil dari http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/1540

Yunarti, S., Wijayanti, W., & Harmaningsih, D. (2022). Model blended learning & hybrid learning untuk keberhasilan transformasi digital menuju smart society. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 6(3), 76-86. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/download/2186/1900


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.