Pendidikan Karakter bagi Perempuan di Indonesia

Nuzulia Salma Muna, Meilan Arsanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Pendidikan karakter  ini untuk menanamkan informasi, sikap, dan pola perilaku yang konsisten dengan prinsip-prinsip. Untuk menumbuhkan nilai-nilai bagi individu dan lingkungan sosial, upaya harus dilakukan untuk memahami kepribadian siswa. Berfungsi sebagai salah satu prinsip dasar pendidikan karakter. Penelitian ini berkaitan dengan studi pustaka. Pendidikan karakter mengandung tiga komponen kunci: pengetahuan moral, sikap moral, dan perilaku moral. Menurut penelitian ini, pendidikan karakter bagi perempuan di Indonesia dengan memberlakukan norma-norma moral dan etika. Komponen elemen ini merupakan komponen dari pendidikan karakter dalam ranah pendidikan. Semua manusia harus menerapkan dan mempraktikkan ketiga elemen penting ini.

Kata kunci—Pendidikan karakter, perempuan, Indonesia.

 

 

Abstract— The goal of character education is to instill knowledge, attitudes, and behavior patterns that are  consistent with the principles. In order to cultivate values for the individual and the social environment, an attempt must be made to understand the personality of the student. serves as one of  the basic principles of character education. This research is related to a literature study. Character education contains three key components: moral knowledge, moral attitudes, and moral behavior.  According to this study, character education for women in Indonesia is achieved by imposing moral  and ethical norms. This elemental component is a component of character education in the realm of education. All human beings must apply and practice these three essential elements.

Keywords— Character education, woman, Indonesian .


Keywords


Character education, woman, Indonesian .

Full Text:

PDF

References


Abbas, N. (2020). Dampak feminisme pada perempuan. Al-wardah: Jurnal Kajian Perempuan, Gender dan Agama, 14(2), 187-198. DOI http://dx.doi.org/10.46339/alwardah.v14i2.292.

Akhmadi, A. (2019). Moderasi beragama dalam keragaman Indonesia. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45-55. Retrieved from https://bdksurabaya.ejournal.id/bdksurabaya/article/download/82/45.

Akob, B. (2021). Peran Sekolah Diniyah putri Padang Panjang dalam Internalisasi pendidikan karakter islam pada perempuan Minangkabau (1923-1955). Seuneubok lada: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan, 8(02), 240-248. Retrieved from https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/article/view/4363.

Asshiddiqie, J. (2011, November). Gagasan negara hukum Indonesia. Makalah Disampaikan dalam Forum Dialog Perencanaan Pembangunan Hukum Nasional yang Diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan. Retrived from https://www.academia.edu/download/35556576/Konsep_Negara_Hukum_Indonesia.pdf.

Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. PrePrint Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32855.

Dewantara, A. W. (2015). Pancasila sebagai pondasi pendidikan Agama di Indonesia. CIVIS, 5(1). DOI https://doi.org/10.26877/civis.v5i1/Januari.626

El Hafiz, S., & Aditya, Y. (2021). Kajian literatur sistematis penelitian religiusitas di Indonesia: Istilah, definisi, pengukuran, hasil kajian, serta rekomendasi. Indonesian Journal for The Psychology of Religion, 1(1), 1-22. DOI https://doi.org/10.24854/ijpr428.

Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Intizar, 25(2), 95-100. DOI https://doi.org/10.19109/intizar.v25i2.5640.

Gabriel, E. (2020). Pengertian dan bentuk-bentuk negara. Fakultas Hukum Universitas Ekasakti-AAI Padang, https://osf. io/wzx3d/download diakses, 11. DOI https://doi.org/10.31219/osf.io/wzx3d.

Halawati, F. (2020). Pengaruh pendidikan karakter terhadap perilaku siswa. Education and Human Development Journal, 5(2), 51-60. Retrieved from https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i2.1561.

Karim, N. (2010). Pendidikan karakter. Shautut Tarbiyah, 16(1), 69-89. Ebtanastiti, D. F., & Muis, T. (2014). Survei pilihan karir mahasiswa fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam Universitas Negeri Surabaya. Jurnal BK, 4(3), 1-10. Retrieved from https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/shautut-tarbiyah/article/download/120/121 .

Kusmana, C., & Hikmat, A. (2015). Keanekaragaman hayati flora di Indonesia. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), 5(2), 187-187. DOI https://doi.org/10.29244/jpsl.5.2.187

Lestari, D. (2016). Eksistensi Perempuan Dalam Keluarga (Kajian Peran Perempuan Sebagai Jantung Pendidikan Anak). MUWAZAH: Jurnal Kajian Gender, 8(2). DOI https://doi.org/10.28918/muwazah.v8i2.760.

Lubis, E. E. (2014). Potret media sosial dan perempuan. Jurnal Parallela, 1(2), 97-106. Retrieved from https://parallela.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPRL/article/view/2864.

Manda, D., & Suardi, S. (2015). Perempuan maskulin. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 3(1). Retrieved from https://doi.org/10.26618/equilibrium.v3i1.513.

Mukhlis, M. (2020). Citra dan Hakikat Perempuan dalam Novel The Other Einstein Karya Marie Benedict: Tinjauan Feminisme Sastra. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(03), 254-264. DOI http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v1i03.6693.

Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan sebagai metode pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141. DOI https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363

Mustoip, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Retrieved from https://osf.io/qft7g/download.

Najib, A., & Achadiyah, B. N. (2012). Pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 9(1). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/viewFile/4148/3596.

Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3). Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/viewFile/1145/953.

Purwanti, D. (2017). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan implementasinya. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2). DOI https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622.

Rahayu, T., Syafril, S., Wekke, I. S., & Erlinda, R. (2019). Teknik Menulis Review Literatur

Ramdhan, M., & Arifin, T. (2013). Aplikasi sistem informasi geografis dalam penilaian proporsi luas laut Indonesia. Jurnal Ilmiah Geomatika, 19(2), 141-146. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-Ramdhan-

/publication/323999918_APLIKASI_SISTEM_INFORMASI_GEOGRAFIS_DALAM_PENILAIAN_PR OPORSI_LUAS_LAUT_INDONESIA/links/5af506850f7e9b026bcd9091/APLIKASI-SISTEMINFORMASI-GEOGRAFIS-DALAM-PENILAIAN-PROPORSI-LUAS-LAUT-INDONESIA.pdf.

Ramadhani, N. (2016). Implikasi peran ganda perempuan dalam kehidupan keluarga dan lingkungan masyarakat. Sosietas, 6(2). DOI https://doi.org/10.17509/sosietas.v6i2.4245.

Ridhwan, M. (2012). Tingkat keanekaragaman hayati dan pemanfaatannya di Indonesia. Jurnal Biology Education, 1(1). DOI https://doi.org/10.32672/jbe.v1i1.157.

Robani, M. M., & Ekawaty, M. (2019). Analisis dampak pemberdayaan perempuan terhadap kesejahteraan keluarga. Al-Muzara'ah, 7(1), 1-18. DOI https://doi.org/10.29244/jam.7.1.1-18.

Santoso, P. B., Tukiran, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., Asbari, M., & PURWANTO, A. (2020). Review Literatur: Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pendidikkan dalam Rangka Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(3), 276-285. DOI https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i3.91.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). DOI https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316.

Wijaya, H., & Helaluddin, H. (2018). Hakikat pendidikan karakter. Retrieved from https://repository.sttjaffray.ac.id/uk/publications/269450/hakikat-pendidikan-karakter.

Yulianti, R., Putra, D. D., & Takanjanji, P. D. (2018). Women Leadership: Telaah Kapasitas Perempuan Sebagai Pemimpin. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 10(2), 14-29. Retrieved from http://ejurnal.unisda.ac.id/index.php/MADANI/article/download/973/550


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.