Urgensi Membentuk Karakter Anak Sejak Usia Dini

Catur Indriani, Meilan Arsanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Tujuan penelitian ini untuk memberikan pemahaman tugas orangtua dalam pembentukan karakter anak usia dini, Maka dari untuk mengetahui nilai nilai pendidikan anak bisa melalui kebiasaannya dan keteladanannya. Penelitian ini menggunakan teknik parafrasa dan juga data berupa artikel artikel ilmiah agar mendapatkan kalimat yang sesuai dengan topik pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orangtua adalah faktor penting dalam pendidikan seorang anak. Karakter seorang anak berasal dari orangtua dan dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Topik Penelitian 1) pembentukan karakter. 2) mengetahui ciri-ciri anak usia dini. 3) memahami karakteristik anak. 4)serta upaya upaya yang dilakukan dan diberikan orangtua kepada anak. Penelitian ini akan membahas beberapa uraian diatas

Kata kunci— Pembentukan karakter, Anak usia dini

 

 

 

Abstract— The purpose of this research is to provide an understanding of the duties of parents in the formation of early childhood character, therefore to find out the educational values of children through their habits and example.  This study uses paraphrasing techniques and also data in the form of scientific articles in order to get sentences that are appropriate to the topic of discussion.  The results of the study show that parents are an important factor in a child's education.  The character of a child comes from parents and is influenced by the surrounding environment.  Research Topic 1) character building.  2) know the characteristics of early childhood.  3) understand the characteristics of children.  4) as well as efforts made and given by parents to children.  This study will discuss some of the above descriptions.

Keywords— Character building, Early childhood.


Keywords


Character building, Early childhood.

Full Text:

PDF

References


Anisah, A. S. (2017). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), 70-84. DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v5i1.43

Ekosiswoyo, R., Joko, T., & Suminar, T. (2019). Potensi keluarga dalam pendidikan holistik berbasis karakter pada anak usia dini. Edukasi, 13(1).DOI: https://doi.org/10.15294/edukasi.v13i1.952

Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan kreativitas anak usia dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193-200. DOI: https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200

Febianti, Y. N. (2018). Peningkatan motivasi belajar dengan pemberian reward and punishment yang positif. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 93-102.

Fitriana, D. (2020). Hakikat Dasar Pendidikan Islam. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 143-150.DOI: https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i2.1322

Huliyah, M. (2016). Hakikat pendidikan anak usia dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 60-71. Retrived form "hakikat studi pustaka anak usia dini - Google Cendekia" https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=hakikat+studi+pustaka+anak+usia+dini&btnG=#d=gs_qabs&t=1671610697715&u=%23p%3D3bW1hzl-HOAJ

Jayawardana, H. B. A. (2016). Pendidikan Karakter peduli lingkungan sejak dini sebagai upaya mitigasi bencana ekologis. In Symbion (Symposium on Biology Education) (pp. 49-64).Retrived form "kepedulian lingkungan sekitar untuk anak usia dini-GoogleCendekia" https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=kepedulian+lingkungan+sekitar+untuk+anak+usia+dini&btnG=#d=gs_qabs&t=1670311768413&u=%23p%3D9LCvgI61jhwJ

Juliardi, B. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 2(2), 3. Retrived form "perlunya pendidikan yang tepat - Google Cendekia" https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=perlunya+pendidikan+yang+tepat&oq=#d=gs_qabs&t=1670309832619&u=%23p%3DVmzkaxD-d8gj

Khairi, H. (2018). Karakteristik perkembangan anak usia dini dari 0-6 tahun. Jurnal warna, 2(2), 15-28. Retrived form "karakteristik anak usia dini - Google Cendekia" https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=karakteristik+anak+usia+dini&oq=karakteristik+anak+usia+#d=gs_qabs&t=1671601046564&u=%23p%3DD4SY1JtGB40J

Loita, A. (2017). Karakteristik Pola Gambar Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 1(1), 44-57.DOI: https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i1.52

Nurma, N., & Maemonah, M. (2022). Hakikat Agama Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 29-40. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v7i1.4821

Oktamarina, L. (2021). Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Sejak Usia Dini Melalui Kegiatan Green School di PAUD Uswatunn Hasanah Palembang. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 37-44. Retrived from "kepedulian lingkungan sekitar untuk anak usia dini - Google Cendekia" https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=kepedulian+lingkungan+sekitar+untuk+anak+usia+dini&btnG=#d=gs_qabs&t=1670311555963&u=%23p%3DchzueNJU0cgJ

Pramudia, J. R. (2006). Orientasi baru pendidikan: Perlunya reorientasi posisi pendidik dan peserta didik. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 29-35. Retrived form"perlunya pendidikan yang tepat - Google Cendekia"

Priska, V. H. (2020). Pentingnya Menanamkan Karakter Sejak Dini. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 193-201. Retrived form "kesimpulan tentang Urgensi pembentukan karakter usian dini - Google Cendekia" https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=kesimpulan+tentang+Urgensi+pembentukan+karakter+usian+dini&btnG=#d=gs_qabs&t=1671620210555&u=%23p%3DdsKvPO8OzcIJ

Purwanti, D. (2017). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2).DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622

Ramadhani, S. P., & Ritonga, R. (2019). Sosialisasi Peran Orangtua Terhadap Perkembangan Anak Di Era Digital Madrasah Ibtidayah Gunung Bunder II, Pamijahan Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP), 2(02), 94-100.DOI: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v2i02.444

Rohmah, N. (2016). Bermain dan pemanfaatannya dalam perkembangan anak usia dini. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2).DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v13i2.590

Rohmah, U. (2018)Pengembangan Karakter Pada Anak Usia Dini (AUD). Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 85-102. "pembentukan karakter anak usia dini - Google Cendekia Retrivedfromhttps: http://scholar.google.com/scholarh?id&as_sdt=0,5&qsp=1&q=pembentukan+karakter+anak+usia+dini&qst=ib#d=gs_qabs&t=1670306319167&u=%23p%3DHGHY7SKF3-0J

Santika, T. (2018). Peran Keluarga, Guru Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 6(2), 77-85.DOI: https://doi.org/10.35706/judika.v6i2.1797

Surtani, S., & Jusniar, J. (2014). PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DI SMP 15 PADANG. Jurnal Geografi, 3(1), 9-12. Retrived form "hakikat memberikan reward dan sanksi terhadap anak - Google Cendekia" https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=hakikat+memberikan+reward+dan+sanksi+terhadap+anak&btnG=#d=gs_qabs&t=1671614599996&u=%23p%3Dprpd9ogt6MEJ

Syafi'ie, K. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam/Mansur. Retrived form "Tatminingsih: Hakikat Anak Usia Dini - Google Cendekia" https://scholar.google.com/scholar?q=related:ub2D0cLYB-wJ:scholar.google.com/&scioq=hakikat+anak+usia+dini&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1671072561695&u=%23p%3Dkg3wz39s7uEJ

Tatminingsih, S., & Cintasih, I. (2016). Hakikat Anak Usia Dini. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, 131. Retrived form "Tatminingsih: Hakikat Anak Usia Dini - Google Cendekia" https://scholar.google.com/scholar?q=related:ub2D0cLYB-wJ:scholar.google.com/&scioq=hakikat+anak+usia+dini&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1671072435807&u=%23p%3Dub2D0cLYB-wJ

Utama, A. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas BermainDalam Pendidikan Jasmani. Jurnal pendidikan jasmani indonesia,8(1). DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v8i1.3477

Wulandari, H., Asiah, D. H. S., & Santoso, M. B. (2021). Pengawasan Orangtua Terhadap Anak Usia Prasekolah Dalam Menggunakan Gawai. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(1), 46-55. DOI : https://doi.org/10.24198/jppm.v2i1.33437

Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam pembelajaran anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 92-111.DOI: https://doi.org/10.22460/ts.v1i1p92-111.95


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.