Dinamika Pembelajaran dengan Kurikulum Merdeka Belajar

Zahro’ Azza, Meilan Arsanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Kurikulum adalah suatu sistem rencana mengenai bahan pembelajaran yang dapat dipedomani untuk aktivitas belajar. Kurikulum sebagai bentuk mengukur kemampuan diri dalam melaksanakan proses pembelajaran setiap harinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian literatur review. Literatur review merupakan kegiatan penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi dan data dengan berbagai macam referensi yang sejenis yang bersumber dari artikel dan jurnal nasional. Hasil dan pembahasan penelitian ini adalah terdapat tujuan, jenis, langkah, proses, dan kesulitan dalam kurikulum yaitu diantaranya bertujuan untuk meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan siswa yang disesuaikan dengan tujuan pendidikan. Jenis dari kurikulum salah satunya kurikulum merdeka belajar yang menjadi penelitian saya, lalu langkah dan proses yang dilakukan adalah jika biasanya belajar dilakukan di ruang kelas sekarang dicoba di luar kelas, serta menerapkan cara pendidik dan peserta didik mampu berkomunikasi dengan baik melalui kegiatan belajar mengajar dengan metode diskusi yang tidak membuat psikologis peserta didik merasa takut. Akan tetapi, terdapat kesulitan yang dialami seperti kesiapan yang belum matang dari sekolah dan pendidik serta Sumber Daya Manusia yang kurang berkompetensi. Penelitian ini sangat penting, karena sebagai wawasan tentang Dinamika Pembelajaran dengan Kurikulum Merdeka Belajar.

Kata kunci— Pembelajaran, Kurikulum, Merdeka Belajar

 

Abstract—Curriculum is a system of plans regarding learning materials that can be used as a guide for learning activities. The curriculum as a measure measures one's ability to carry out the learning process every day. This study uses a literature review research method. Literature review is a research activity carried out by collecting information and data with various kinds of similar references originating from articles and national journals. The results and discussion of this study are that there are goals, types, steps, processes, and difficulties in the curriculum which aims to improve the development and growth of students according to educational goals. One of the types of curriculum is the independent learning curriculum which is my research, then the steps and processes that are carried out are if learning is usually done in the classroom now it is tried outside the classroom, as well as applying the way educators and students are able to communicate well through teaching and learning activities using the learning method. discussions that do not make psychological students feel afraid. However, there are difficulties experienced such as the immature readiness of schools and educators as well as incompetent Human Resources. This research is very important, because it is an insight into the Dynamics of Learning with the Independent Learning Curriculum.

Keywords—Learning, Curriculum, Independent Learning


Keywords


earning, Curriculum, Independent Learning

Full Text:

PDF

References


Afmansyah, TH, & Afriansyah, H. (2019). Pendekatan dalam Pengembalian Keputusan. Retrieved from https://osf.io/v3fdy/download

Ainia, D.K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95-101. Retrieved from https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525

Alfath, A., Azizah, F.N., & Setiabudi, D. I. (2020). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 1(2), 42-50. Retrieved from https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73

Bagaskara, A. (2022). Dinamika dan strategi pembelajaran ektrakurikuler karawitan di sman 2 bantul era merdeka belajar. Prosiding SENSASEDA, 2, 114-122. Retrieved from https://www.jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/sensaseda/article/view/1983

Bahri, S. (2017). Pengembangan kurikulum dasar dan tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15-34. Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/islamfutura/article/view/61

Baro’ah, S. (2020). Kebijakan merdeka belajar sebagai strategi peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063-1073. Retrieved from https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/225

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(2), 155-164. Doi https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i2.973

Fajri, K. (2019). Proses Pengembangan Kurikulum. ISLAMIKA, 1(2), 35-48. Doi https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.193

Fuadi, TM (2022, Juni). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM): Aplikasinya dalam Pendidikan Biologi. In Prosiding Seminar Nasional Biotik, 9(2), 38-55. Doi http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11594

Hasim, E. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Retrieved from http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/view/403

Lestiyani, P. (2020). Analisis persepsi civitas akademika terhadap konsep merdeka belajar menyongsong era industri 5.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 365-372. Doi https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458

Marisa, M. (2021). Inovasi kurikulum “Merdeka Belajar” di era society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidikan, Dan Humaniora), 5(1), 66-78. Retrieved from http://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/article/view/1317

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi: Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam, 5(2), 130-138. Doi https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392

Nurmadiah, N. (2014). Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 2(2). Doi https://doi.org/10.28944/afkar.v2i2.93

Saleh, M. (2020, May). Merdeka belajar di tengah pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 51-56. Retrieved from http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/8

Siswoyo, A. (2021). Merdeka belajar. Penerbit Lakeisha.

Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17-26. Doi https://doi.org/10.55115/edukaso.v3i1.2296


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.