Urgensi Pembelajaran Sastra kepada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan
Abstract
Abstrak— Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pentingnya pembelajaran sastra di mata pelajaran Bahasa Indonesia di jenjang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Data pada penelitian ini ialah data primer yang didapat dalam jurnal nasional maupun buku, serta peneliti melakukan survey lapangan dengan mewawancarai seorang guru Bahasa Indonesia di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan di Kendal. Hasil penelitian memberikan jawaban mengenai isu seberapa jauh dan bagaimanakah pembelajaran sastra di dalam kelas serta bagaimana minat siswa Sekolah Menengah Kejuruan terhadap sastra. Simpulan pada penelitian ini adalah urgensi pembelajaran sastra kepada siswa Sekolah Menengah Kejuruan begitu penting untuk melatih pemikiran agar berkembang, berpikir kritis, kreatif dalam memilah kata, dapat menghasilkan karya, dan sebagai nilai tambahan dalam keseharin kedepannya.
Kata kunci— Belajar, sekolah menengah kejuruan, sastra.
Abstract— The purpose of this study was to find out how important learning literature is in Indonesian subjects at the Vocational High School education level. The data in this study are primary data obtained in national journals and books, and the researchers conducted a field survey by interviewing an Indonesian teacher at a Vocational High School in Kendal. The results of the study show answers regarding the issue of how far and how learning literature is in the classroom and how interested Vocational High School students are in literature. The conclusion of this study is that the urgency of learning literature for Vocational High School students is so important to train thinking to develop, to think critically, to be creative in sorting words, to be able to produce works, and as an added value in the future.
Keywords— study, vocational high school, literature.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achdiani, Y., & Rusliyani, D. A. (2017). Pengetahuan keterampilan dasar mengajar dalam menyiapkan guru sekolah menengah kejuruan. Jurnal teknologi busana dan boga, 5(2). https://doi.org/10.15294/teknobuga.v5i2.15368
Arfani, L. (2016). Mengurai hakikat pendidikan, belajar, dan pembelajaran. Jurnal Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(2). https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/jpb/article/view/5160
Darman, R. A. (2020). Belajar dan pembelajaran. Bogor: Guepedia.
Dewojati, C. 2021. Sastra Populer Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Djamaluddin, A. (2014). Filsafat pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(2). http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/208
Ernis, P. & Wahyuni, N. 2022. Penerapan model pembelajaran scramble terhadap keterampilan menulis teks editorial. Jurnal KIBASP (Kajian, Bahasa, Sastra, dan Pengajaran), 5(2). https://doi.org/10.31539/kibasp.v5i2.3566
Gumelar, F. & Mulyati, Y. 2018. Meme: dapatkah meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot. Jurnal Sains Sosial dan Humaniora, 2(1). http://dx.doi.org/10.30595/jssh.v2i1.2315
Kiyarsi, R., & Bhrata, R. W. 2021. Analisis konsep laba akuntansi syariah dalam bisnis syariah berdasarkan metode library research. Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis, 4(2). https://doi.org/10.31949/maro.v4i2.1534
Lafamane, F. 2020. Karya Sastra (Puisi, Prosa, Drama). https://doi.org/10.31219/osf.io/bp6eh
Minderop, E. (2010). Psikologi Sastra: Karya, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Nabilah, T., Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Jurnal prosiding sesiomadika, 2(1C). https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685
Nurmalita, S. (2019). Hakikat pendidikan dan landasan pendidikan. Jurnal OSFReprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/y9xb3
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Jurnal kajian ilmu-ilmu keislaman, 3(2). https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Purba, A. (2010). Pengantar Ilmu Sastra. Medan: USUPress.
Purba, R. A., dkk. (2020). Pengantar Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Ramadhani, R. Dkk. (2020). Belajar dan Pembelajaran : Konsep dan Pengembangan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Sukirman. (2021). Karya sastra media pendidikan karakter bagi peserta didik. Jurnal Konsepsi, 10(1). https://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/4
Sumantri, M. S. (2015). Hakikat Manusia dan Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Terbuka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.