Memanfaatkan Aplikasi Zoom sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
abstrak— Memanfaatkan aplikasi zoom sebagai media pembelajaran pada masa pandemi covid-19 sangatlah penting karena Zoom merupakan aplikasi komunikasi memakai menggunakan video. Aplikasi tersebut sanggup digunakan dalam banyak sekali perangkat seluler, desktop, hingga telepon & sistem ruang. Pada umumnya, para pengguna menggunakan aplikasi ini untuk melakukan meeting hingga konferensi video & audio. manfaat menggunakan aplikasi...Zoom mengikuti pelajaran dari awal, yang diulang-ulang oleh guru dan yang sudah paham bisa keluar dari zoom. sebagai bahan visual dan informatif bagi siswa untuk mengetahui manfaat aplikasi Zoom Meeting dan melihat kembali pembelajaran daring di sekolahnya. Pada saat yang sama, hasil penelitian ini didukung oleh penelitian sebelumnya, pertimbangkan dengan cermat pilihan lingkungan pembelajaran teknologi online, jika tidak, hasil yang efektif dapat menyebabkan kinerja akademik yang buruk. dari situ kita harus bisa memahami prinsip dan faktor yang dapat mempengaruhi efektifitas teknologi digital dalam pembelajaranZoom adalah aplikasi pembelajaran online untuk pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran daring sangat membutuhkan perhatian bagi siswa untuk memahami keefektifan pembelajaran. Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring dengan Zoom efektif, mendapat umpan balik yang baik dari siswa, dapat digunakan lebih fleksibel, siswa lebih mandiri dan mendorong siswa untuk lebih aktif terlibat dalam pemulihan. Selain itu, Zoom memiliki banyak fungsi yang membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, dengan efisiensi menjadi ukuran seberapa jauh tujuan (kuantitas, kualitas dan waktu) tercapai. Semakin tinggi persentase tujuan yang dicapai, semakin tinggi efisiensinya.
Kata kunci—Media Pembelajaran, Aplikasi Zoom, Pandangan Pandemi Covid-19
Abstract—Utilizing the zoom application as a learning medium daring the covid 19 pandemic is very important because zoom is a communication application using vidio. The application can be used on various mobile davices, desktops, to telephones & room systems. in general, users use this application to conduct meetings to vidio & audio conferencing. Benefit to using the app zoom takes lessons from the beginning which are repeated by the teacher and those who already understand can get out of zoom. As visual and informative and material for students to find out the benefits of the zoom meeting application and look back at online at learning in their scholls at the same time the results of this study are of sportted by prepious studies carefull confider the coiche off online technology learning environment otherwise the efective result may lead to pol academic performance. From there we must be able to understand the principles and factors that can affect the effectiveness of digital technology in learning zoom is an online learning application for distance learning. Online learning really needs attetion for students to understand the effectiveness of learning. Research shows that online learning with zoom is effective geets, good feedback from students, cant be used more flexibly student are more independen and endcaurages students to be more actively involved in recovery. In addtion, zoom has many functions that make learning more interesting, with efficiency being a measure of how far goals (quantiity, quanlity and time) are achieved, the higer the efficiency
Keywords— Intructional Media, Zoom App, View of The Covid-19 Pandemic
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98-107. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/2017
Angraini, R. (2017). Karakteristik media yang tepat dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan nilai. Journal of Moral and Civic education, 1(1), 14-24. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1728384&val=13639&title=Karakteristik%20Media%20yang%20Tepat%20dalam%20Pembelajaran%20Pendidikan%20Kewarganegaraan%20PKn%20sebagai%20Pendidikan%20Nilai
Ariyanti, A., Subekti, E. E., & Listyarini, I. (2021). Analisis Pandangan Siswa Kelas VI SD Negeri Purbo 03 terhadap Pembelajaran Daring Via Zoom Meeting. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 15(1) http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan/article/view/8503
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. https://www.academia.edu/download/34502637/Media_Pembelajaran.pdf
Basa, Z. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP Pada Masa Pandemi COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 943-950. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/461
Cahyono, E. A., Sutomo, N., & Hartono, A. (2019). Literatur review; panduan penulisan dan penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12(2), 12-12. http://e-journal.lppmdianhusada.ac.id/index.php/jk/article/view/43
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media dalam pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104-117. https://juliwi.com/published/E0104/Paper0104_104-117.pdf.
Far-Far, G. (2021). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 17(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/istoria/article/viewFile/37421/15637
Fauziyah, N. (2020). Dampak Covid-19 terhadap efektivitas pembelajaran daring pendidikan Islam. Al-Mau’Izhoh, 2(2), 1-11. https://media.neliti.com/media/publications/363217-none-d8f718a2.pdf
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/download/15286/8695
Hidayatullah, S., Khouroh, U., Windhyastiti, I., Patalo, R. G., & Waris, A. (2020). Implementasi Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone And McLean Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Di Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 6(1), 44-52 https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jtmi/article/download/4165/2235
Isdiantoni, I., Wijayanto, A. V. D., & Prasetyo, E. N. (2021). Peningkatan Literasi Bagi Siswa SMA Melalui Pelatihan Penyusunan Literature Review. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3602-3611. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5837
Kala'lembang, A. (2020). Adopsi E-Commerce Dalam Mendukung Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Masa Pandemi Covid-19. Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 4(1), 54-65. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/capital/article/view/7358
Kuntarto, E., Sofwan, M., & Mulyani, N. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan Aplikasi Zoom Dalam Pembelajaran Daring Bagi Guru Dan Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 49-62. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/download/15742/2168
Kustandi, C., Syakur, A., & Aldina, F. (2021). Model Belajar E-learning di Usia Dini: Sebuah Literatur Review. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(5), 431-442. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jkp/article/view/4079
Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). Jurnal pemikiran islam, 37(1). http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/%20Anida/article/viewFile/310/293
Maimunah, M. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). http://ejournal.fiaiunisi.ac.id/index.php/al-afkar/article/view/107/103.
Marsiding, Z. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Zoom Terhadap Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pranata Edu, 2(1), 33-39. https://uit.e-journal.id/JPE/article/view/931
Mastura, M., & Santaria, R. (2020). Dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pengajaran bagi guru dan siswa. Jurnal studi guru dan pembelajaran, 3(2), 289-295. https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/293
Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi zoom sebagai media pembelajaran online pada mahasiswa saat pandemi covid-19. Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630-1640. http://ejurnal.undana.ac.id/JIKOM/article/view/2416
Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23-33. https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/32771
Novita, N., Kejora, M. T. B., & Akil, A. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dalam Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2961-2969. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1070
Rohani, R. (2019). Media pembelajaran. http://repository.uinsu.ac.id/8503/1/Diktat%20Media%20Pembelajaran%20RH%202019.pdf
Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188-198. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Mutharahah/article/download/138/105
Setiani, A. (2020). Efektivitas Proses Belajar Aplikasi Zoom di Masa Pandemi dan Setelah Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 523-530). https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/605/523
Sholikah, A. A., Az-Zahra, H. M., & Priharsari, D. Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Video Conference menggunakan Metode UX Curve (Studi Kasus Zoom dan Meet). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X. http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/download/10915/4819
Sihombing, R. M., Sinaga, P. C., Seliqua, S., & Joharis, M. (2021, July). Manfaat Aplikasi Zoom Meeting Terhadap Proses Pembelajaran Daring Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Tiga Runggu. In Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar (pp. 321-326). FBS Unimed Press. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43421
Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452-462. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/626
Yulianto, E., Cahyani, P. D., & Silvianita, S. (2020). Perbandingan kehadiran sosial dalam pembelajaran daring menggunakan whatsapp groupdan webinar zoom berdasarkan sudut pandang pembelajar pada masa pandemic covid-19. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 331-341. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/361
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.