Peran Sastra Indonesia dalam Karakter Anak

Riska Putri Cayati, Meilan Arsanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Penelitian ini berfokus pada penggunaan sastra pada karakter anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk membentuk karakter anak menggunakan sastra yang ada di Indonesia, serta meningkatkan minat anak pada satra. metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan studi pustaka. Dengan menggunakan data sekunder (data second hand). Hasil penelitian ini adalah membentuk karakter, membentuk kepribadian, mengembangkan imajinasi dan kreativitasan pada anak.

Kata kunci—Sastra Indonesia, Karakter, Anak

 

 

Abstract— This study focuses on the use of literature on children's characters. The purpose of this research is to shape children's character using existing literature in Indonesia, as well as to increase children's interest in literature. the method used is a qualitative research method with literature study. By using secondary data (second hand data). The results of this study are to shape character, shape personality, develop imagination and creativity in children.

Keywords— Indonesian Literature, Character, Children


Keywords


Indonesian Literature, Character, Children

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. Doi https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19-31. Doi https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28.

Aprianti, E. (2019). Pengaruh komunikasi interpersonal dalam kegiatan mengajar antara guru dan murid paud pada proses pembentukan karakter. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 4(1), 1-9. Doi http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/716.

Aryaningsih, I. G. A. M., Sudiana, N., & Martha, N. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Sastra Indonesia dan Perangkat Penilaian Autentik Siswa Kelas VII Semester 1 SMP Negeri 8 Denpasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 2, 1-11. Doi https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/551.

Fitriani, R. (2016). Peranan Penyelenggara Perlindungan Anak dalam Melindungi dan Memenuhi Hak-Hak Anak. Jurnal Hukum Samudra Keadilan, 11(2), 250-358. Retrived from https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jhsk/article/view/42.

Herawati, Y. (2010). Pemanfaatan Sastra Lokal dalam Pengajaran Sastra. Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa, 3(2), 197-208. Retrived from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/linguadidaktika/article/view/7380/5806.

Khairi, H. (2018). Karakteristik perkembangan anak usia dini dari 0-6 tahun. Jurnal warna, 2(2), 15-28. Retrived from https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/87.

Lafamane, F. (2020, July 29). Karya Sastra (Puisi, Prosa, Drama). OSF Preprint, 1-18. Doi https://doi.org/10.31219/osf.io/bp6eh.

Latifah, S. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika AL-Biruni, 3(2), 24-40. Doi https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v3i2.71.

Manuaba, I. B. P. (2014). Eksotisme Sastra: Eksistensi dan Fungsi Sastra dalam Pembangunan Karakter dan Perubahan Sosial. Repository, 1-42. Retrived from https://repository.unair.ac.id/40083/.

Nando, H., & Rivauzi, A. (2022). Fungsi Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah dalam Membentuk Karakter Religius Santri. An-Nuha, 2(4), 777-789. Doi https://doi.org/10.24036/annuha.v2i4.261 .

Noor, R. (2017). Minat, Motif, Tujuan, dan Manfaat Membaca Novel Teenlit bagi Remaja Jakarta: Studi Resepsi Sastra. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 12(1), 81-89. Doi https://doi.org/10.14710/nusa.12.1.81-89.

Nurjanah, S., Yahdiyani, N., & Wahyuni, S. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Pemahaman dan Karakter Peserta Didik. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 366 - 377. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/496.

Nurzakiyah, N. (2017). Strategi Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 3 Mapilli Kec. Mpilli Kab. Polewali Mandar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar). 1-60. Retrived from http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8228/.

Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan Karakter sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(3), 229-238. Doi https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.456.

Sabrina, U., Ardianti, S. D., & Ermawati, D. (2021). Kendala dalam Menumbuhkan Karakter Religius Anak Usia Sekolah Dasar selama Pandemi Covid 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3079-3089. Doi https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1233v.

Salim, A. (2015). Manajemen Pendidikan Karakter di Madrasah: Sebuah Konsep Dan Penerapannya. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 1(02), 1-16. Doi https://doi.org/10.32678/tarbawi.v1i02.1999.

Sukirman, S. (2021). Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Jurnal Konsepsi, 10(1), 17–27. Retrived from https://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/4.

Wahidin, U. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03). 256-269. Doi http://dx.doi.org/10.30868/ei.v2i03.29.

Waryanti, E. (2015). Pembelajaran Sastra Berbasis Karakter. Jurnal Ilmiah Buana Bastra, 2(2), 156-164. Retrived from https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/bastra/article/view/233.

Wau, Y. (2022). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa di SMA Swasta Katolik Bintang Laut. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), Page 16–21. Doi https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.3.

Widiastuti, N. L. G. K. (2019). Karakteristik dan Model Layanan Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Widya Accarya, 10(1). https://doi.org/10.46650/wa.10.1.680.%25p

Wulandari, R. S. (2010). Metode Cooperative Integrated Reading And Composition untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Memahami Karya Sastra. Jurnal penelitian pendidikan, 27(1), 58–63. https://doi.org/10.15294/jpp.v27i1.193

Yoga, D. S., Suarmini, N. W., & Prabowo, S. (2015). Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti Anak. Jurnal Sosial Humaniora (JSH), 8(1), 46-54. Doi http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v8i1.1241

Zuhroh, D., & Kamilah, K. (2021). Hubungan Karakteristik Anak dan Ibu Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia Pra Sekolah. Indonesian Journalo of Professional Nursing (IJPN), 1(2), 24-33. Doi http://dx.doi.org/10.30587/ijpn.v1i2.2310


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.