Penggunaan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kalangan Generasi Z

Muhamad Taufiqur Rohman, Meilan Arsanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Penggunaan bahasa Indonesia di kalangan generasi Z saat ini masih perlu adanya perkembangan, Di mana masih banyak sekali generasi Z yang penggunaan bahasa Indonesia tidak sesuai dengan kaidah kebahasaan yang ada sehingga memunculkan kosa kata yang tidak baku dan menyimpang kebahasaan. Hal itu akan berdampak pada ke eksistensi bahasa Indonesia di era globalisasi ini, keadaan tersebut membuat bahasa Indonesia di nomor dua kan atau di gantikan dengan bahasa lain yang disebut bahasa gaul. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Memiliki banyak sekali manfaatnya salah satunya adalah membuat bahasa Indonesia tetap di kenal dan dipertahankan keberadaan hingga sekarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tinjauan Pustaka dengan menggunakan sumber berupa data sekunder Seperti buku referensi, jurnal ilmiah, maupun artikel ilmiah yang sesuai dengan topik penelitian. Hasil penelitian memiliki beberapa studi kasus yang dibahas sesuai dengan topik penelitian yaitu 1) Eksistensi bahasa Indonesia di era sekarang, 2) Bahasa gaul yang diciptakan generasi Z, 3) Pencampuran bahasa Indonesia dengan bahasa asing, 4) Generasi Z yang lebih fasih berbahasa Inggris daripada bahasa Indonesia.

Kata kunci— Bahasa Indonesia, Bahasa Asing, Generasi Z

 

Abstract—The use of Indonesian among Generation Z currently still needs development, wherethere. Arestill many Generation Z whose use of Indonesian is not in accordance with existing linguistic rules, giving rise to non-standard and linguistically deviant vocabulary. This will have an impact on the existence of the Indonesian language in this era of globalization, this situation makes Indonesian number two or is replaced by another language which is called slang. Using good and correct Indonesian has many benefits, one of which is to make Indonesian known and maintained until now. This research is a type of literature review research using sources in the form of secondary data such as reference books, scientific journals, and scientific articles that are appropriate to the research topic. The results of the study have several case studies which are discussed according to the research topic, namely 1) The existence of Indonesian in the Current era, 2) Slang created by generation Z, 3) Mixing Indonesian with foreign languages, 4) Generation Z is more fluent in English than Indonesian.

Keywords— Indonesian, Generation Z, Foreign Language


Keywords


ndonesian, Generation Z, Foreign Language

Full Text:

PDF

References


Agustin, Y. (2011). Kedudukan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam dunia pendidikan. Deiksis, 3(4), 354-364. Doi http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v3i04.440.

Assapari, M. M. (2014). Eksistensi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan perkembangannya di era globalisasi. Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya, 9(18). Doi https://doi.org/10.23887/prasi.v9i18.8943.

Badri, M. (2022). Pribumi Digital Moderat: Profil Kecakapan Komunikasi digital Generasi Z. Jurnal Riset Komunikasi, 5(2), 291-303. Doi https://doi.org/10.38194/jurkom.v5i2.653

Erlianti, G. (2020). Pola perilaku pencarian informasi generasi Z berperspektif ellisian. AL MAKTABAH: Jurnal Kajian Ilmu Dan Perpustakaan, 5(1), 1-8. https://core.ac.uk/download/pdf/327263896.pdf.

Febrianti, Y. F. (2021). Penggunaan Bahasa Gaul terhadap Eksistensi bahasa Indonesia pada Masyarakat. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 43-48. Doi https://doi.org/10.32696/jip.v2i1.75

Fitriyani, P. (2018). Pendidikan karakter bagi generasi Z. Prosiding Konferensi Nasional Ke-7 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (APPPTMA), 23-25. http://www.appptma.org/wp-content/uploads/2019/08/34.-Pendidikan-Karakter-Bagi-Generasi-Z.pdf

Hasanudin, C., Supriyanto, R. T., & Pristiwati, R. (2020). Elaborasi model pembelajaran flipped classroom dan google classroom sebagai bentuk self-development siswa mengikuti pembelajaran bahasa indonesia di era adaptasi kebiasaan baru (akb). Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 85-97. Retrived from https://ejournal.unisnu.ac.id/JI/article/view/1414.

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah pembelajaran menggunakan teknologi dapat meningkatkan Literasi manusia pada Generasi Z di Indonesia?. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12-28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678.

Kitchenham, B., & S. Charters. 2007. Issue: EBSE 2007-001. Technical Report,2

Maduwu, B. (2016). Pentingnya pembelajaran bahasa Inggris di sekolah. Warta Dharmawangsa, (50). Doi https://doi.org/10.46576/wdw.v0i50.207.

Marsudi, M. (2008). Eksistensi Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa persatuan. Jurnal Sosial Humaniora, 1(2), 176. Doi http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v1i2.674

Maulani, K. S. (2018) Sejarah Bahasa Indonesia: Bahasa Indonesia sebagai Identitas Nasional Bangsa Indonesia. Academia.edu. Retrived from https://www.academia.edu/download/65172699/Tugas_Hasil_Penyuntingan_Artikel_Kayantri_Sabitha_Maulani_4001420039.pdf

Muharramah, M. (2019). Kedudukan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam bidang ilmu pengetahuan di era global. Doi https://doi.org/10.31227/osf.io/kg2up.

Nugroho, A. (2015). Pemahaman kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia sebagai dasar jiwa nasionalisme. https://core.ac.uk/download/pdf/35343322.pdf.

Pujiono, A. (2021). Media sosial sebagai media pembelajaran bagi generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1-19. Doi https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.396.

Putri, K. A., Amirudin, A., & Purnomo, M. H. (2019). Korean Wave dalam Fanatisme dan Konstruksi Gaya Hidup Generasi Z. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 14(1), 125-135. Doi https://doi.org/10.14710/nusa.14.1.125-135.

Rusydah, D. (2020). Bahasa anak JakSel: A sociolinguistics phenomena. Litera Kultura, 8(1). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/42/article/view/33880.

Setyawati, R. (2013). Bahasa Indonesia sebagai jati diri bangsa indonesia. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrived from http://hdl.handle.net/11617/3483.

Shodiq, S. F. (2020). Rekonstruksi strategi pembelajaran fiqh pada generasi Z. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 203-226. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v9i01.527

Subakti, H., Permadi, Y. A., Juliana, J., Syam, S., Komalasari, D., Sultoni, A., … & Avicenna, A. (2021). Asas bahasa Indonesia Perguruan Tinggi. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Subowo, A. T. (2021). Membangun Spiritualitas Digital Bagi Generasi Z. DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 5(2), 379-395. Doi https://doi.org/10.30648/dun.v5i2.464.

Sudarsana, I. K. (2018). Pentingnya Sekolah Bertaraf Internasional di Bali. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(1), 135–143. Retrieved from https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/94

Suhendar, dkk. (1997). Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Suleman, J., & Islamiyah, E. P. N. (2018). Dampak penggunaan bahasa gaul di kalangan Remaja terhadap bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 2(2). Doi https://doi.org/10.22219/.v2i2.2232.

Suminar, R. P. (2016). Pengaruh bahasa gaul terhadap penggunaan bahasa Indonesia mahasiswa Unswagati. LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 18(3), 114-119. Retrived from http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/logika/article/viewFile/422/266.

Yanti, P. G., Zabadi, F., & Rahman, F. (2016). Bahasa Indonesia: konsep dasar dan penerapan. Kota Jakarta Pusat: Gramedia Widiasarana Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.