Menumbuhkan Semangat Cinta Tanah Air dengan Menggunakan Busana Adat Daerah Kepada Siswa di Sekolah
Abstract
abstrak—Cinta tanah air merupakan hal yang penting bagi seluruh masyarakat Indonesia. Maka dari itu kita harus mengenalkan sejak dini mengenai cinta tanah air, khususnya kepada siswa-siswi di sekolah. Dengan mengenalkan cinta tanah air sejak dini maka budaya atau adat istiadat bangsa Indonesia tidak akan pernah terlupakan. Penelitian ini menggunkan metode penelitian tinjauan pustaka dengan metode ini digunakan untuk mengkaji dan mengidentifikasi penelitian bidang topik yang relevan. Hasil penelitian menunjukan bahwa cinta tanah air dengan menggunakan busana adat daerah yaitu dengan mengenalkan busana adat daerah, menerapkan cinta tanah air sejak dini, dan menumbuhkan minat terhadap busana adat daerah
Kata kunci—Cinta Tanah Air, Busana Adat, Siswa
Abstract— Love for the motherland is important for all Indonesian people. Therefore, we must introduce love to the motherland from an early age, especially to students at school. By introducing love for the motherland from an early age, the culture or customs of the Indonesian nation will never be forgotten. This study uses the literature review research method with this method used to review and identify relevant research topic areas. The results of the study show that love for the motherland by using regional traditional clothing, namely by introducing regional traditional clothing, applying love for the homeland from an early age, and cultivating interest in regional traditional clothing.
Keywords— Love the Motherland, Traditional Clothing, Students
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, L. (2021). Mengkaji Pustaka (Literature Review). Desain Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif. Medan: Yayasan Kita Menulis (2021). Retrived from https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3864625.
Asriati, A. (2011). Degradasi makna simbolik busana adat Minangkabau: studi tentang kasus-kasus busana adat dalam tari dan penyambutan tamu. Retrived from http://repository.unp.ac.id/707/1/AFIFAH%20ASRIATI_125_13.pdf.
Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter membentuk karakter cinta tanah air. Mimbar Ilmu, 24(1), 105-113. Retrived from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/download/17467/10490
Azzahrah, F., Hartono, H., & Triyanto, T. (2017). Revitalisasi tari sigeh penguten melalui pendidikan seni budaya di SMP Negeri 1 Tanjung Raya Kabupaten Mesuji. Catharsis, 6(1), 38-48. Retrived from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/catharsis/article/view/17030.
Budiningsih, C. A. (2011). Karakteristik siswa sebagai pijakan dalam penelitian dan metode pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1)163-166. Retrived from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/4198.
Darsana, I. K. (2007). Tata busana adat bali aga desa tenganan pagringsingan dan desa asak karangasem. Mudra Jurnal Seni Budaya, 21(2). Retrived from https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/mudra/article/view/1522.
Dewi, D. K. (2019). Cinta tanah air dalam cerita rakyat" pahlawan prawatasari". Dinamika, 2(2), 68-75. Retrived from https://jurnal.unsur.ac.id/dinamika/article/view/987.
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99. Retrived from http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/at/article/view/529.
Hendrawan, J. H., Halimah, L., & Kokom, K. (2022). Penguatan Karakter Cinta Tanah Air melalui Tari Narantika Rarangganis. Jurnal Basicedu, 6(5), 7978-7985. Retrived from https://www.neliti.com/publications/452093/penguatan-karakter-cinta-tanah-air-melalui-tari-narantika-rarangganis.
Ikhsan, M. A. (2017). Nilai-nilai cinta tanah air dalam perspektif Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(2), 108-114. Retrived from http://journal2.um.ac.id/index.php/jppk/article/view/2570.
Kadir, M. (2012). Bentuk dan makna simbolik busana adat pada upacara molo’opu untuk jogugu kabupaten Bone Bolango. Skripsi, 1(544409025). Retrived from https://repository.ung.ac.id/skripsi/show/544409025/bentuk-dan-makna-simbolik-busana-adat-pada-upacara-moloopu-untuk-jogugu-kabupaten-bone-bolango.html.
Khasanah, U., Yuwono, P. H., & Irianto, S. (2020). Peran ekstrakurikuler kenthongan dalam menumbuhkan cinta tanah air pada siswa MI Ma’ruf NU Teluk. Jurnal education and development, 8(3), 21-21. Retrived from http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1789.
Kurniati, K. (2012). Busana adat upacara dukacita (rambu solo) di kabubaten Mamasa Sulawesi Barat. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 7(1), 1-2. Retrived from https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/download/32942/13838.
Kurniawaty, I., Purwati, P., & Faiz, A. (2022). Penguatan pendidikan karakter cinta tanah air. Jurnal education and development, 10(3), 496-498. Retrived from http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3905.
Mahardhani, A. J. (2018). Pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan nonformal berkarakter cinta tanah air. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 3(2), 56-63. Retrived from https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/download/461/377.
Nakif, Y. (2021). Nilai estetika busana adat ukigh di kecamatan Kuantan Mudik kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau), 5-6. Retrived from http://repository.uir.ac.id/id/eprint/7834.
Pratiwi, W. E. (2014). Pengaruh budaya Jawa dan harga diri terhadap asertivitas pada remaja siswa kelas X di SMA Negeri 3 Ponorogo. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(3). Retrived from http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/3658.
Puspitawati, N. K. C. W., Sunarya, M. G., & Arthana, I. K. R. (2015). Pengembangan aplikasi game 3D tebak rumah danus busana adat nusantara berbasis android. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 12(1), 39-49. Retrived from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/4901.
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7-17. Retrived from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/assabiqun/article/view/611.
Sofiyatun, A. D. (2020). Analisis semiotika busana adat kabupaten Kebumen serta relevansinya terhadap materi pembelajaran ahasa Indonesia SMP. JURNAL PESONA, 6(1), 35-43. Retrived from https://www.ejournal.umpri.ac.id/index.php/pesona/article/view/1355.
Stephanie, T. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan kebaya. Jurnal Online Tata Busana, 10 (1), 184-191. Retrived from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-busana/article/view/38274.
Taskiyah, A. N., & Widyastuti, W. (2021). Etnomatematika dan menumbuhkan karakter cinta tanah air pada permainan engklek. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 81-94. Retrived from https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jmtk/article/view/10342.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode systematic literature review untuk identifikasi platform dan metode pengembangan sistem informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63-77. Retrived from https://ojs.uajy.ac.id/index.php/IJIS/article/view/1916.
Umanailo, M. C. B. (2020). Analisis semiotika busana adat bagi perempuan di pulau buru. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 22(1), 29-37. Retrived from https://journals.usm.ac.id/index.php/jdsb/article/view/2089.
Untari, A. D. (2018). Kegiatan ekstrakurikuler kesenian angklung sebagai sarana pengembangan perilaku cinta tanah air. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 1(1), 14-29. Retrived from http://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/propatria/article/view/136.
Utami, M. L. B. (2018). Pendidikan karakter cinta tanah air dan kebhinekaan melaui lomba kebersihan dan keindahan kelas dengan tema adat nusantara. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 2(4), 462-465. Retrived from http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/download/89/110.
Winataputra, U. S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. (2014). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Hakikat Belajar dan Pembelajaran, 4(1), 1-46. Retrived from https://core.ac.uk/download/pdf/198233125.pdf.
Yanti, S. F., & Tantoro, S. (2017). Pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kampar Timur. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 4(1). Retrived from https://www.neliti.com/publications/205443/pengaruh-pembelajaran-aqidah-akhlak-terhadap-perilaku-siswa-di-madrasah-aliyah-n.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.