Sumbangsih Perkembangan Sastra di Era Generasi Milenial

Anggun Debby Aristianti, Meilan Arsanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Perkembangan sastra di era milenial adalah sebuah wujud nyata dalam ekspresi nyata dalam perkembangan dari zaman ke zaman,yang semakin dari perkembangan teknologi,informasi dan komunikasi yang sangat pesat.Dalam perkembangan sastra kita tidak harus lagi dengan manual.Ini dibuktikan penerusnya milenial dalam perkembangan sastra   di zaman sekarang,karya sastra sebuah ekspektasi pribadi sebuah pemikiran gagasan yang diyakini seiring dari perkembangan zaman ke zaman semakin banyak generasi milenial yang berminat di karya sastra.

Kata kunci—Perkembangan Sastra, Generasi Milenial

 

Abstract—The development of literature in the millennial era is a real manifestation in development from time to time, which is increasingly sophisticated from the very rapid development of information and communication technology. In the development of literature, we no longer have to write manually. This is evidenced by millennial successors in today's literary developments, literary works in a personal expectation, an idea that is believed to go along with developments from time to time, more and more millennial generations are interested in literary works.

Keywords—Literary Development, Millennial Generation


Keywords


iterary Development, Millennial Generation

Full Text:

PDF

References


Arisandy, D., Rizkika, D. P., Astika, T. D. (2019). Eksistensi bahasa indonesia pada generasi di era industri. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 247-251. Doi https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i2.3180.

Batubara, H. I., Ammy, M. P. I. (2018). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar mahasiswa. Jurnal kajian konseling dan pendidikan 1(2), 43-53. Retrived from https://journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/view/2069

Baureh, G., M. (2018). Dampak yuridis degradasi nilai nilai pancasila dalam kehidupan sosial di era milenial. Jurnal seminar ilmiah nasional teknologi,sains,dan social humaniora(SINTEASA), 1, 339-346. Retrived from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/501

Cahyono, H. (2019). Peran mahasiswa di masyarakat jurnal pengabdian kepada masyarakat (pkm). Setiabudhi 1, 32-41. Retrived from https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/DeBode/article/download/34/19.

Martadinata, M. A., (2019) Peran mahasiswa dalam pembangunan di Indonesia. Jurnal humaniora idea 2655(7258), 2655-3139. Doi https://doi.org/10.2931/idea.voio.4168.

Muhlisa, M. (2014). Peran mahasiswa dalam penjaminan mutu perguruan tinggi . Jurnal kesehatan, 7(2),48-51. https://doi.org/10.32763/juke.v.,2.84.

Peramesti, N. P. D. &Kusmana, D. (2018). Kepemimpinan ideal pada era generasi milenial. Jurnal manajemen pemerintahan, 7, 3-84. Doi https://doi.org/10.33701/jt.v10ib1.413

Rahayu, A. & Fitri, A. (2021). Hakikat perencanaan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 36-48. Retrived from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/2201

Saifuddin, F. M. (2018). E-learning dalam persepsi mahasiswa. Jurnal varidika 29(2), 102-109). Retrived from https://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/5637

Sugiarti, S. (2021). Sastra digital, perkembangan kesustraan Indonesia,dampaknya terhadap dampaknya terhadap generasi milenial. Prosiding seminar nasional bahasa dan sastra Indonesia (SENASBASH), 5(1). Doi https://doi.org/10.22219/.v5i1.4903

Sujiono, B., Sumantri, M. S., & Chandrawati, T. (2014). Hakikat Perkembangan Motorik Anak. Modul Metod. Pengemb. Fis, 1-21. Retrived from https://www.academia.edu/download/56289394/PGTK2302-M1.pdf.

Sukirman, S. & Mirnawati, M. (2020). Pengaruh pembelajaraan sastra kreatif berbasis karakter terhadap terhadap pengembangan karakter siswa di madrasah Aliyah negeri palopo. Jurnal pendidikan 9(4), 389-402. Doi https://doi.org/10.58230/27454312.54

Suwandi, S. (2020). Program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang responsif terhadap kebijakan merdeka belajar kampus merdeka dan kebutuhan pembelajaran abad ke 21. Seminar nasional pendidikan bahasa dan sastra, 1(1),1-12. Retrived from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13356.

Yusuf, S. A., & Khasanah, U. (2019). Kajian Literatur Dan Teori Sosial Dalam Penelitian. Metode Penelitian Ekonomi Syariah, 80. Retived from http://36.91.55.181/omeka/files/original/90b435f03aec395ef31a6358c296fcd7.pdf#page=89.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.