Bentuk Komitmen Siswa dengan Nilai Kebangsaan dan Sumpah Pemuda

Nur Yatimah, Meilan Arsanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Bentuk komitmen siswa dengan nilai kebangsaan dan sumpah pemuda sangatlah penting bagi siswa, dimana gambaran tentang komitmen siswa dengan nilai kebangsaan dan sumpah pemuda utama dalam dalam mencnintai NKRI supaya Indonesia lebih maju dan mempertahankan Indonesia. Bentuk komitmen dengan nilai kebangsan dan sumpah pemuda bisa diimplementasikan di berbagai kalangan terutama untuk generasi emas sejak dini, dengan memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam berbagai hal yang dibutuhkan Negara Indonesia. Penelitian ini adalah jenis penelitian dengan metode literatur review dengan menggunakan data sekunder dikarenakan sangat sesuai pada topik penelitian tersebut seperti nilai kebangsaan, nilai sumpah pemuda, bentuk komitmen. Penelitian ini membahas tentang gambaran tentang bentuk-bentuk komitmen siswa terhadap nilai kebangsaan dan sumpah pemuda bagaimana nilai kebangsaan dan sumpah pemuda  menjadi dasar tolak ukur dalam menghadapi era tantangan zaman yang akan datang.

Kata kunciNilai Kebangsaan, Nilai Sumpah Pemuda, Bentuk Komitmen

 

Abstract— The form of student commitment to national values and youth oaths is very important for students, where an illustration of student commitment to national values and youth oaths is the main thing in loving the Unitary State of the Republic of Indonesia so that Indonesia will be more advanced and defend Indonesia. This form of commitment to national values and the youth oath can be implemented in various circles, especially for the golden generation from an early age, by acquiring knowledge and skills in various matters needed by the Indonesian State. This research is a type of research with a literature review method using secondary data because it is very appropriate to the research topic such as national values, youth oath values, forms of commitment. This study discusses the description of the forms of student commitment to national values and youth oaths, how national values and youth oaths form the basis of benchmarks in facing the challenges of the times to come.

KeywordsNational Values, Youth Oath Values, Forms of Commitment

 


Keywords


National Values, Youth Oath Values, Forms of Commitment

Full Text:

PDF

References


Adhayanto, O. (2015). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Pembentukkan Peraturan Perundang-Undangan. Jurnal Ilmu Hukum, 6(2), 166-174. DOI: http://dx.doi.org/10.30652/jih.v5i2.3599.

Alfaqi, M. Z. (2016). Melihat sejarah nasionalisme Indonesia untuk memupuk sikap kebangsaan generasi muda. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 209-216. DOI: https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12745.

Antari, L. P. S., & De Liska, L. (2020). Implementasi Nilai Nilai Pancasila Dalam Penguatan Karakter Bangsa. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 21(2), 676-687. DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.4049444.

Asyari, D., & Dewi, D. A. (2021). Peran pendidikan kewarganegaraan bagi generasi milenial dalam menanamkan jiwa nasionalisme di era globalisasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 30-41. DOI https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1628.

Dwiyanti, I. A. K. A., & Bagia, I. W. (2020). Peningkatan Kepuasan Kerja Karyawan Melalui Komitmen Organisasi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 130-138. Retrived from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/Prospek/article/download/27078/pdf/0.

Firdaus, R. (2018). Nasionalisme ‘jalan tengah’: Mengurai potensi benturan ideologi nasionalisme dan sentimen ummah di era nation state. AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam, 23(2), 313-338. Retrived from https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/akademika/article/view/1105.

Hanifah, I. (2020). Penguatan nilai-nilai pancasila sebagai salah satu pilar kebangsaan indonesia dalam mewujudkan negara hukum yang berkemajuan. kumpulan berkas kepangkatan dosen. DOI: https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.903.

Istikomah, N. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui model kooperatif tipe think pair share pada materi sumpah pemuda mata pelajaran PKN siswa kelas III MI Kyai Tambak Deres Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya). Retrieved from http://digilib.uinsby.ac.id/22461/8/Nurul%20Istikomah_D27213326.pdf.

Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). Strategi meningkatkan motivasi belajar siswa selama pandemi covid–19: literature review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1). DOI https://doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.31311.

Murdiyono, E. (2015). Analisis kritis terhadap kompetensi mata pelajaran PKN di MI 10 Yanggong Kec. Njenangan Kab. Ponorogo (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo). http://eprints.umpo.ac.id/840/2/ABSTRAKK.pdf.

Muslimin, H. (2016). Tantangan terhadap pancasila sebagai ideologi dan dasar negara pasca reformasi. Jurnal Cakrawala Hukum, 7(1), 30-38. Retrieved from: http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jch.

Prawitasari, I. (2020). Implementasi pelaksanaan bimbingan dan konseling di masa pandemi covid-19: a literature review. Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan Dan Bimbingan Masyarakat Islam, 3(2), 123-130. DOI https://doi.org/10.37567/syiar.v3i2.671.

Priyantoko, P., & Hasanudin, C. (2022, July). Digitalisasi Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan 5C Siswa di Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2(1). 356-365. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1326.

Rani, F. (2012). Strategi pemerintah Indonesia dalam meningkatkan keamanan wilayah perbatasan menurut perspektif sosial pembangunan. Transnasional, 4(1). Retrived from https://transnasional.ejournal.unri.ac.id/index.php/JTS/article/view/79/73.

Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42-51. DOI: https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427.

Steviani, D. S. (2020). Implementasi nilai kebangsaan bhinneka tunggal ika dalam peningkatan pelayanan publik. UNES Journal of Swara Justisia, 4(3), 261-268. DOI: https://doi.org/10.31933/ujsj.v4i3.180.

Sulfemi, W. B. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(1). DOI: https://doi.org/10.29100/jr.v5i1.1021.

Susanti, S., Purwiyastuti, W., & Wuryani, E. (2018). Manfaat mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) sejarah terhadap pembentukan moral peserta didik. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 12(1), 8-17. Retrived from https://www.academia.edu/download/74753687/776.pdf.

Suwarno, B., & Yanwar, C. L. (2019). Kebijakan bahasa: kembali ke semangat sumpah pemuda 1928. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 192-198). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/10298.

Triwahyuni, D. (2010). Bangsa Dan Negara. Retrieved from https://repository.unikom.ac.id/33213/1/(PERTEMUAN%20VI)%20BANGSA%20DAN%20NEGARA.pdf.

Wahyudi, A. (2008). Membangun komitmen organisasional untuk meningkatkan kinerja dan daya saing organisasi. Joglo, 20(1). Retrived from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Joglo/article/view/113.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.