Pemanfaatan Aplikasi TikTok sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Berbicara

Elsa Nur Khamilia, Cahyo Hasanudin, Iib Marzuki

Abstract


abstrak— Media pembelajaran sangatlah penting dalam proses pembelajaran karena mempermudah guru ketika menjelaskan sehingga siswa lebih gampang memahami materi oleh karena itu guru harus benar-benar faham materi yang akan disampaikan sehingga media pembelajaran bisa sesuai dengan pembelajaranya. Saat pembelajaran keterampilan berbicara keterampilan yang dimiliki seseorang untuk menyampaikan ide, perasaan, maupun gagasan kepada orang lain secara lisan jadi kita harus menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan pembahasan tersebut seperti media pembelajaran menggunakan aplikasi TikTok disitu kan sesuai dengan pembelajaran keterampilan berbicara karena di dalam aplikasi TikTok terdapat sebuah jejaring sosial dan platform video musik yang bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran keterampolan berbicara.

Kata Kunci— Media Pembelajaran, Keterampilan Berbicara, Aplikasi Tiktok

 

Abstract—Learning media is very important in the learning process because it makes it easier for the teacher to explain so that students more easily understand the material, therefore the teacher must really understand the material to be conveyed so that the learning media can match the learning. When learning speaking skills, the skills a person has to convey ideas, feelings, and ideas to others orally, so we have to use learning media that are appropriate to the discussion, such as learning media using the TikTok application there can be in accordance with learning speaking skills because in the TikTok application there is a social network and music video platform that can be used as a medium for learning speaking skills.

Keywords—Instructional Media, Speaking Skills, Tiktok Application


Keywords


Instructional Media, Speaking Skills, Tiktok Application

Full Text:

PDF

References


Aji, W. N., & Dwi, B. P. (2020). Aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran keterampilan bersastra. Jurnal Metafora, VI(2), 147-157. Retrieved from https://www.academia.edu/download/64154867/jurnal%20metafora%202020.pdf.

Ali, M. (2009). Pengembangan media pembelajaran interaktif mata kuliah medan elektromagnetik. Jurnal Edukasi@Elektro, 5(1), 11-18. Retrieved from https://www.academia.edu/download/30480883/348-1144-1-PB.pdf.

Djollong, A. F. (2017). Kedudukan guru sebagai pendidik. Jurnal ISTIQRA', 5(2), 122-137. Retrieved from https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/download/274/247.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media dalam pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104-117. Retrieved from https://juliwi.com/published/E0104/Paper0104_104-117.pdf.

Harianto, E. (2020). Metode bertukar gagasan dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Jurnal DIDAKTIKA, 9(4), 411-422. Doi https://doi.org/10.58230/27454312.56.

Hutajulu, C. S., Sherly, & Herman. (2022). Peran aplikasi tiktok terhadap minat bakat siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3002-3010. Retrieved from https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/2546/pdf.

Mahmudah, A., & Adeng, P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire pada Materi Jurnal Penyesuaian untuk Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XVII(1), 97-111. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/download/26515/12402.

Putra, D. R., & Nugroho, M. A. (2016). Pengembangan game edukatif berbasis android sebagai media pembelajaran akuntansi pada materi jurnal penyesuaian perusahaan jasa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XIV(1), 25-34. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/viewFile/11364/8285.

Riadi, M. (2021). Keterampilan Berbicara (Pengertian, Tujuan, Jenis, Teknik dan Penilaian). Diakses pada 9 Desember 2022, dari https://www.kajianpustaka.com/2020/12/keterampilan-berbicara.html

Setyonegoro, A. (2013). Hakikat, alasan, dan tujuan berbicara (dasar pembangun kemampuan berbicara mahasiswa). Jurnal Pena, 3(1), 67-80. Retrived from https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/download/1451/7272.

Sorraya, A. (2018). Model peer assesment dalam matakuliah berbicara individu. Jurnal ALFABETA, 71-77. DOI: https://doi.org/10.33503/alfabeta.v1i1.199.

Trisiana, A. (2020). Penguatan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui digitalisasi media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31-41. Retrieved from https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/viewFile/9304/6759.

Wabdaron, D. Y., & Yansen, A. R. (2020, Januari). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Sekolah Dasar Manokwari Papua Barat. Jurnal Papeda, 2(1), 27-36. Doi https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.412.

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal ISTIQRA', V(2), 1-11. Retrieved from https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/download/461/377.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.