Peran Mahasiswa dalam Menghadapi Pendidikan di Era Society 5.0

Ervina Maulida Damayanti, Meilan Arsanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Mahasiswa memiliki peran yang sangat penting dalam menghadapi pendidikan pada era society 5.0, dimana mahasiswa dituntut untuk berfikir kritis, kreatif, serta mampu memunculkan ide-ide atau inovasi baru di tengah-tengah masyarakat yang disugukan dengan teknologi digital. Dengan kemunculan era society 5.0 ini telah memberi pengaruh yang sangat  besar terhadap dunia pendidikan. Tantangan yang dihadapi pun sangat lah tidak mudah, oleh karena itu mahasiswa harus bijak dalam memanfaatkan teknologi digital pada masa kini demi kemajuan dunia pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (Library Research) dengan menggunakan data sekunder dikarenakan sangatlah sesuai dengan topik penelitian tersebut seperti era society 5.0, hakikat pendidikan, serta peran mahasiswa. Penelitian ini membahas mengenai bagaimana mahasiswa mampu beradaptasi, peka terhadap dunia pendidikan, kreatif dan inovatif dengan memunculkan berbagai inovasi-inovasi baru untuk menunjang dunia pendidikan agar mampu bersaing secara global.

Kata kunci— Society 5.0, Hakikat Pendidikan, Peran Mahasiswa.

 

 

Abstract— Students have a very important role in facing education in the era of society 5.0, where students are required to think critically, creatively, and be able to come up with new ideas or innovations in the midst of a society that is served by digital technology. with the emergence of the era of society 5.0, it has had a huge influence on the world of education. The challenges they face are not easy, therefore students must be wise in utilizing digital technology today for the advancement of education. This research is a literature study (Library Research) using secondary data because it is very appropriate to the research topic such as the era of society 5.0, the nature of education, and the role of students. This research discusses how students are able to adapt, be sensitive to the world of education, be creative and innovative by bringing up various new innovations to support the world of education to be able to compete globally.

Keywords— Society 5.0, The Nature Of Education, The Role Of Students.


Keywords


Society 5.0, The Nature Of Education, The Role Of Students.

Full Text:

PDF

References


Al-Fikri, M. (2021). Peluang dan tantangan perguruan tinggi menghadapi revolusi digital di era society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 350-355. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/621

Arkam, R. dan Rizki Mustikasari (2021). Pendidikan anak menurut syaikh muhammad syakir dan relevansinya dengan tujuan pendidikan di indonesia. MENTARi, 1(1), 2-8. Refrieved from https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/view/45

Astini, N. K. (2022). Tantangan implementasi merdeka belajar pada era new normal covid-19 dan era society 5.0. LAMPUHYANG, 13(1), 164-180. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v13i1.298

Cahyono, H. (2019). Peran mahasiswa di Masyarakat. De Banten-Bode: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Setiabudhi, 1(1), 32-41. Refrieved from file:///C:/Users/user/Downloads/34-Article%20Text-40-1-10-20191218.pdf

Cahyono, H. (2019). Peran mahasiswa di Masyarakat. De Banten-Bode: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Setiabudhi, 1(1), 32-41. Refrieved from file:///C:/Users/user/Downloads/34-Article%20Text-40-1-10-20191218%20(2).pdf

Harahap, N. (2019). Mahasiswa dan revolusi industri 4.0. ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN), 6(1), 70 - 78. doi: https://doi.org/10.36987/ecobi.v6i1.38

Hasanudin, C., Supriyanto, R. T., & Pristiwati, R. (2020). Elaborasi model pembelajaran flipped classroom dan google classroom sebagai bentuk self-development siswa mengikuti pembelajaran bahasa indonesia di era adaptasi kebiasaan baru (akb). Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 85-97. https://doi.org/10.34001/intelegensia.v8i2.1414

Ibrahim, R. (2013). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: Pengertian, prinsip, dan relevansinya dengan tujuan pendidikan islam. ADDIN Media Dialektika Ilmu Islam, 7(1), 8-26. http://dx.doi.org/10.21043/addin.v7i1.573

Ibrahim, R. (2013). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: Pengertian, prinsip, dan relevansinya dengan tujuan pendidikan islam. ADDIN Media Dialektika Ilmu Islam, 7(1), 18-26. http://dx.doi.org/10.21043/addin.v7i1.573

Imelda, A. (2017). Implementasi pendidikan nilai dalam pendidikan agama islam. Al-Tadzkiyyah, 8(2), 11-21. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2128

Jannah, F., & Sulianti, A. (2021). Perspektif Mahasiswa sebagai Agen Of Change melalui Pendidikan Kewarganegaraan. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 2(2), 181-193. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i2.3193

Masang, A. (2021). Hakikat pendidikan. Jurnal Al-Urwatul Wutsqa, 1(1),31. Refrieved from https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/5492

Muhlisa, M. (2018). Peran mahasiswa dalam penjaminan mutu perguruan tinggi. Jurnal Kesehatan, 7(2), 48 - 51. https://doi.org/10.32763/juke.v7i2.84

Najirah, C., Nugraha, D., & Saleh, M. (2021). Kegelisahan mahasiswa dengan kondisi lapangan kerja. center of knowledge: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1 (1), 41-47. Refrieved from https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesst/article/view/237/200

Nurmalita, S. (2019, December 19). Hakikat pendidikan dan landasan pendidikan dalam proses pembelajaran. Hakikat Pendidikan dan Landasan Pendidikan. https://doi.org/10.31219/osf.io/y9xb3

Parwati N.P.Y., dan Pramartha I.N.B. (2021). Strategi guru sejarah dalam menghadapi tantangan pendidikan indonesia di era society 5.0. Widyadari : Jurnal Pendidikan, 22(1), 143 - 158. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/1114

Parwati N.P.Y., dan Pramartha I.N.B. (2021). Strategi guru sejarah dalam menghadapi tantangan pendidikan indonesia di era society 5.0. Widyadari : Jurnal Pendidikan, 22(1), 143 - 158. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/1114

Putra, P. H. (2019). Tantangan pendidikan islam dalam menghadapi society 5.0. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 99–110. https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.458

Putri, E. C. (2021). Sosialisasi business continuity plan (bcp) untuk covid 19 & persiapan new normal di perusahaan bagi mahasiswa dan karyawan . JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 137-144. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i1.507

Raharja, H.Y. (2019). Relevansi pancasila era industry 4.0 dan society 5.0 di pendidikan tinggi vokasi. JOURNAL OF DIGITAL EDUCATION, COMMUNICATION, AND ARTS(DECA), 2(1), 3-10. https://doi.org/10.30871/deca.v2i1.1311

Rasyid, I. (2019). Konsep pendidikan ibnu sina tentang tujuan pendidikan, kurikulum, metode pembelajaran, dan guru. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), 779-790. doi:https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.368

Ridwan, M., Nengsi N.S.W., dan Ai Elis Karlinda A.E.K. (2022). Mempersiapkan sdm handal dalam menghadapi smart society 5.0 pada santri rahmatan lil’alamin international islamic boarding school. Community Develpoment Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 3-7. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5216

Rochanah, R. (2020). Peran mahasiswa pgmi iain kudus sebagai agent of change di masa pandemi covid-19. Elementary Islamic Teacher Journal, 8 (2), 9-20. http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v8i2.8094

Setyadi Y.D., Wulandari, D., Lestari L.D., Meliasari W.O., dan Sari I. F. (2021). Peran mahasiswa kampus mengajar 2 sebagai “agent of change dan social control”. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1542-1547. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8592

Sumantri, I. (2022). Peningkatan mutu sumber daya manusia di era disrupsi dan mahasiswa sebagai agen perubahan 5.0. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, 13 (2), 5-6. https://doi.org/10.21009/jmp.v13i2.30780

Sutiyoso, B. U. ., Prihantika, I. ., Saputra, P. R. ., Fitriani, Y. ., & Destrilia, I. (2022). Peran mahasiswa dalam pembangunan politik di era society 5.0 dan revolusi industri 4.0. Nemui Nyimah, 2(1). 4-6 https://doi.org/10.23960/nm.v2i1.29

Tanis, H. (2013). Pentingnya pendidikan character building dalam membentuk kepribadian mahasiswa. Humaniora, 4 (2), 1212-1219. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3564


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.