Menginterpretasi Pola Kehidupan Masyarakat Era Milenial dengan Disiplin Ilmu Sosiolinguistik
Abstract
abstrak—Menginterpretasi pola kehidupan masyarakat era milenial dengan disiplin ilmu sosiolinguistik sangatlah menarik bahkan menjadi suatu hal yang penting. Karena walaupun hanya dengan ilmu kebahasaan saja, kita bisa tau kepribadian seseorang, budaya suatu masyarakat dan perilaku yang harus di lakukan ketika berada di tempat lain. Peneliti menggunakan metode study pustaka, yaitu dengan mengambil data-data sekunder dari jurnal nasional yang sesuai dengan tema penelitian. Hasil dari penelitian ini di mulai dengan mengetahui bagaimana terciptanya bahasa, korelasi bahasa dan masyarakat, ciri khas beberapa bahasa, dan beberapa bahasa daerah yang sebaiknya tidak digunakan di daerah lain. Sehingga dari hal tersebut peneliti bisa memahami pola kehidupan masyarakat era milenial dengan ilmu sosiolinguistik.
Kata kunci— Era Milenial, Masyarakat, Sosiolinguistik.
Abstract—Interpreting the pattern of life in the millennial era with the discipline of sociolinguistics is very interesting and even becomes an important matter. Because even if it's only with linguistics, we can know a person's personality, the culture of a society and the behavior that must be carried out when in another place. Researchers used the literature study method, namely by taking secondary data from national journals that match the research theme. The results of this research begin with knowing how language is created, the correlation of language and society, the characteristics of several languages, and some regional languages that should not be used in other regions. So that from this, researchers can understand the pattern of life in the millennial era with sociolinguistics.
Keywords— Millenial Era, Society, Sociolinguistics.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, A. (2008). Sosiolinguistik: Teori, peran, dan fungsinya terhadap kajian bahasa sastra. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 3(1), 18-37. https://doi.org/10.18860/ling.v3i1.571
Astawa, I. N. T. (2017). Memahami peran masyarakat dan pemerintah dalam kemajuan mutu pendidikan di Indonesia. Jurnal penjaminan mutu, 3(2), 197-205. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.200
Aulia, A. A. A., Nurhayati, A., Nurmasrurroh, N., Sari, V. H., & Nugraha, R. G. (2022). Peran Generasi Milenial Sebagai Pemangku Dasar Ideologi Pancasila. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 2069-2078. https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2927
Damanik, F. N. S. (2012). Menjadi masyarakat informasi. Jurnal SIFO Mikroskil, 13(1), 73-82. https://doi.org/10.55601/jsm.v13i1.48
Damayanti, W. (2015). Analisis penggunaan multilingual anak tingkat sekolah dasar di lingkungan gang Siti Mardiah Cibaduyut Bandung (Studi Sosiolinguistik). Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 100-110. https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i1.1163
Damayanti, W. (2015). Analisis penggunaan multilingual anak tingkat sekolah dasar di lingkungan gang Siti Mardiah Cibaduyut Bandung (Studi Sosiolinguistik). Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 100-110. https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i1.1163
Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai cermin kebudayaan. Jurnal tarbiyah, 24(2), 226-245.http://dx.doi.org/10.30829/tar.v24i2.167
Dewi, I. G. A. A. Y. (2018). Peran Generasi Milenial Dalam Pengelolaan Sampah Plastik Di Desa Penatih Dangin Puri Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik, 3(2), 84-92. https://doi.org/10.22225/pi.3.2.2018.84-92
Efendi, M. S. (2012). Linguistik Sebagai Ilmu Bahasa. Jurnal Perspektif Pendidikan, 5(1), 97-101. Received from https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/353/216
gadamer. Jurnal Filsafat, 21(3), 224-239.https://doi.org/10.22146/jf.3108
Hanafi, M. (2014). Kesantunan Berbahasa dalam Perspektif Sosiolinguistik. Jurnal Ilmu Budaya, 2(2), 399-406. Received from https://www.researchgate.net/profile/Andi-Kaharuddin/publication/318900337_The_Problems_Of_Indonesian_College_EFL_Learners_In_Listening_Comprehension/links/59840fa0458515b420cee816/The-Problems-Of-Indonesian-College-EFL-Learners-In-Listening-Comprehension.pdf#page=60
Haryati, D. S. (2020). Bentuk sinonimi dalam bahasa jawa (kajian semantik). Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(4), 23-32. Received from https://core.ac.uk/download/pdf/289713976.pdf
Hasanudin, C., Mayasari, N., Saddhono, K., & Novitasari, D. (2020). Penerapan Microsoft Paint dalam Membuat Media 3D Kolaborasi Pop-Up dan Movable Book. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 375-382. Received from file:///C:/Users/62851/Downloads/1054-2937-3-PB.pdf
Hasanudin, C., Supriyanto, R. T., & Pristiwati, R. (2020). Elaborasi model pembelajaran flipped classroom dan google classroom sebagai bentuk self-development siswa mengikuti pembelajaran bahasa indonesia di era adaptasi kebiasaan baru (akb). Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 85-97. Doi https://doi.org/10.34001/intelegensia.v8i2.1414
Herfinaly, R., & Aryani, L. (2013). Interaksi sosial remaja yang bersekolah di homeschooling dengan menggunakan metode distance learning. Jurnal Psikologi, 9(1), 40-47. http://dx.doi.org/10.24014/jp.v9i1.147
Herlangga, K. G. D., & Susilo, A. (2018). Aplikasi pustakabasa sebagai media pencegahan kepunahan bahasa daerah di nusantara. https://doi.org/10.31227/osf.io/d6hgw
Hidayat, A. (2018). Metode Pendidikan Islam untuk Generasi Millennial. FENOMENA, 10(1), 55-76. https://doi.org/10.21093/fj.v10i1.1184
Hidayat, N. S. (2015). Hubungan berbahasa, berpikir, dan berbudaya. Sosial Budaya, 11(2), 190-205. http://dx.doi.org/10.24014/sb.v11i2.834
Hidayatullah, S., Waris, A., & Devianti, R. C. (2018). Perilaku generasi milenial dalam menggunakan aplikasi Go-food. Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 6(2), 240-249. https://doi.org/10.26905/jmdk.v6i2.2560
Khadijah, C. (2019). Transformasi perpustakaan untuk generasi millenial menuju revolusi industri 4.0. IQRA: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi (e-Journal), 12(2), 59-78. http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v12i2.3983
Kirana, D. L. (2019). Cyber counseling sebagai salah satu model perkembangan konseling bagi generasi milenial. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 8(1), 51-63. https://doi.org/10.20414/altazkiah.v8i1.1101
Kosasi, S. (2014). Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Mandarin Tingkat Dasar. Jurnal Eksplora Informatika, 4(1), 1-12. Received from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/91/74
Kusmanto, H. (2013). Peran Badan Permusyawaratan Daerah dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 1(1), 28-36. https://doi.org/10.31219/osf.io/7yxnw
Kusmanto, H. (2013). Peran Badan Permusyawaratan Daerah dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 1(1), 28-36. https://doi.org/10.31289/jppuma.v1i1.550
Margayaningsih, D. I. (2018). Peran Masyarakat Dalam Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat di Desa. Publiciana, 11(1), 72-88. https://doi.org/10.36563/publiciana.v11i1.140
Muklis, M. (2011). Pengajaran bahasa dalam perspektif sosiolinguistik. Dinamika Ilmu, 11 (1). https://doi.org/10.21093/di.v11i1.47
Muslim, A. (2013). Interaksi sosial dalam masyarakat multietnis. Jurnal diskursus islam, 1(3), 483-494. https://doi.org/10.24252/jdi.v1i3.6642
Mustanir, A. (2017). Partisipasi masyarakat dalam musyawarah rencana pembangunan di kelurahan kanyuara kecamatan watang sidenreng kabupaten sidenreng rappang. Jurnal Politik Profetik, 5(2), 247-261. https://doi.org/10.24252/profetik.v5i2a6
Mustanir, A. (2017). Partisipasi masyarakat dalam musyawarah rencana pembangunan di kelurahan kanyuara kecamatan watang sidenreng kabupaten sidenreng rappang. Jurnal Politik Profetik, 5(2), 247-261 https://doi.org/10.24252/profetik.v5i2a6
Nurjayanti, P. L. (2020). Tingkat Tutur Bahasa Jawa. https://doi.org/10.31227/osf.io/k3q7u
Prasetyo, D. (2020). Memahami masyarakat dan perspektifnya. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 163-175. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.253
Primadesi, Y. (2012). Peran masyarakat lokal dalam usaha pelestarian naskah-naskah kuno paseban. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni, 11(2), 120-127 .https://doi.org/10.24036/komposisi.v11i2.88
Putri, A. E. (2019). Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling: Sebuah Studi Pustaka. Jurnal bimbingan konseling indonesia, 4(2), 39-42. Received from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1645324&val=14788&title=EVALUASI%20PROGRAM%20BIMBINGAN%20DAN%20KONSELING%20SEBUAH%20STUDI%20PUSTAKA
Santoso, B. (2006). Bahasa dan identitas budaya. Sabda: Jurnal Kajian Kebudayaan, 1(1), 44-49. https://doi.org/10.14710/sabda.1.1.44-49
Saputry, D., & Kholidah, U. (2022). Persfektif budaya Jawa dalam syair lagu campursari dan implementasinya pada pembelajaran sosiolinguistik. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 5(2), 153-165. https://doi.org/10.31539/kibasp.v5i2.3311
Sarkowi, S. (2020). Peran generasi milenial dalam pemanfaatan dan pelestarian museum di kota lubuklinggau. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(2), 127-141. https://doi.org/10.36706/jc.v9i2.11476
Sartini, N. W. (2015). Perilaku bahasa diaspora orang bali di jawa timur: kajian sosiolinguistik. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 54-62. https://doi.org/10.22219/kembara.v1i1.2331
Sholichah, I. N. (2021). Penggunaan bahasa dalam pelayanan perizinan santri di kantor keamanan pondok pesantren putri utara darussalam blokagung banyuwangi: kajian sosiolinguistik. Jurnal PENEROKA, 1(01), 170-185. https://doi.org/10.30739/peneroka.v1i01.750
Sukmawati, S., & Nasran, N. (2021). Studi pustaka penggunaan metode pembelajaran jarak jauh berbasis e-learning pada mahasiswa ppkn masa new normal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7188-7191. Received from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2110/1861
Tarwiyani, T. (2011). Tingkatan bahasa jawa dalam perspektif metafisika hans-georg
Taufik, N. (2006). Apa itu sosiolinguistik?. Ekspresi: Media Komunikasi dan Informasi, 4(7), 26-32. https://repositori.kemdikbud.go.id/7172/
Wahyono, H. (2019). Pemanfaatan teknologi informasi dalam penilaian hasil belajar pada generasi milenial di era revolusi industri 4.0. Proceeding of Biology Education, 3(1), 192-201. Received from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pbe/article/view/13105/7662
Wardana, M. A. W., Saddhono, K., & Suhita, R. (2022). Kesantunan berbahasa sebagai implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran di smp pgri 2 wates kabupaten blitar: kajian sosiolinguistik alih kode dan campur kode. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 13(2), 606-613. http://dx.doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.57904
Wiweka, K., Wachyuni, S. S., Rini, N. A., Adnyana, I. N., & Adnyana, P. P. (2019). Perilaku berwisata Wisatawan Generasi Milenial di Jakarta Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 4(3), 313-334. Received from https://www.academia.edu/download/60956035/perilaku_beriwisata_generasi_milenial20191019-81553-nzsfxy.pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.