Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran di Era Digital

Sindi Maulia

Abstract


abstrak—Di era digital ini membuat manusia sangat ketergantungan dengan teknologi terlebih lagi gadget yang sangat ramai diminati berbagai kalangan. Era digital telah memberikan banyak kemudahan. Artikel ini menggunakan metode penelitian studi pustaka (library research) dengan memanfaatkan artikel, jurnal, buku-buku, dan akses internet sebagai sumbernya. Penelitian ini bertujuan untuk penggunaan aplikasi canva ini dapat mempermudah pengguna dalam pengunaan aplikasi yang dapat membantu pengguna untuk merancang berbagai jenis materi secara online dari kartu ucapan, poster, brosur, infografis sampai media presentasi. Canva ini tidak rumit karena telah menyediakan berbagai macam ukuran hingga Template untuk desain yang pengguna inginkan, dan bisa disesuaikan dengan tujuan pembuatan desain.. Adapun simpulan yang diperoleh dalam panelitian ini yaitu aplikasi canva merupakan salah satu media yang dapat mendukung proses pembelajaran secara visual dan melatih kemampuan literasi visual bagi pengguna di era digital ini.

Kata kunci—Aplikasi Canva, Media Pembelajaran, Era Digital

 

Abstract— In this digital era, humans are very dependent on technology, especially gadgets that are very popular among various groups. The digital era has provided many conveniences. This article uses a library research method by utilizing articles, journals, books, and internet access as sources. This study aims to use the Canva application to make it easier for users to use applications that can help users to design various types of material online from greeting cards, posters, brochures, infographics to presentation media. Canva is not complicated because it has provided various sizes to templates for the designs that users want, and can be adapted to the purpose of making designs. The conclusions obtained in this research are that the Canva application is one of the media that can support the learning process visually and train visual literacy skills for users in this digital era.

Keywords— Canva App, Learning Media, Digital Era


Keywords


Canva App, Learning Media, Digital Era

Full Text:

PDF

References


Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75-84. Doi https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i1.986

Fahminnansih, F., & Rahmawati, E. (2021). Pemanfaatan aplikasi canva untuk desain grafis dan promosi produk pada sekolah islami berbasis kewirausahaan. Society: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat,vol 2(1), 51-58. https://doi.org/10.37802/society.v2i1.170.

Faiz, A., Hambali, D. S., Mulyadi, M., & Kurniawaty, I. (2022). Tinjauan Studi Pustaka Tahapan Domain Afektif untuk Mengukur Karakter Siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 5508-5515. Doi https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3092

Garris Pelangi. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jurnal Sasindo Unpam, Vol 8, No 2, Desember 2020 PEMANFAATAN, 8(2), 79–96. Doi https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32493/sasindo.v8i2.79-96

Junaedi, S. (2021). Aplikasi canva sebagai media pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan kreatifitas mahasiswa pada mata kuliah English for information communication and technology. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial dan Humaniora, 7(2, Oktober), 80-89. Doi http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v7i2,%20Oktober.3000.

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan media pembelajaran menarik menggunakan canva untuk optimalisasi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3). 10.29303/jppm.v4i3.2817

PUSTAKAAdawiyah, A., Hasanah, A., & Munsi, M. F. (2019). Literasi Visual Melalui Teknologi Canva: Stimulasi Kemampuan Kreativitas Berbahasa Indonesia Mahasiswa. Proceeding Education Transformation in Facing Industrial Revo

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327. Doi https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i2.30179

Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271-6279. Doi https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335-343. Doi http://dx.doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.6859

Riono, R., & Fauzi, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pai-Bp di SD Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 117-127. Doi https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1921

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102-118. Doi https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.