Meningkatkan Imajinasi Siswa SD melalui Metode Pembelajaran Bercerita

Silvi Aulia Wahida Putri

Abstract


abstrak—Bercerita adalah tindakan menyampaikan informasi dan peristiwa yang dialami seseorang dan juga merupakan media komunikasi ketika berinteraksi dengan orang lain, dan merupakan salah satu keterampilan berbicara yang harus diperoleh siswa dalam kegiatan belajarnya, Bercerita bertujuan untuk ekspresi dan komunikasi dalam memberikan pengalaman belajar. Dengan bercerita, anak-anak dapat mempelajari isi cerita, menyerap pesan yang terkandung dalam cerita, dan mempraktikkannya, (khatibah 2011), menjelaskan penelitian kepustakaan sebagai kegiatan yang dilakukan secara sistematis untuk mengumpulkan, mengolah,dan menalar tentang data dengan menggunakan metode/ teknologi tertentu untuk menemukan jawaban untuk masalah yang dihadapi penelitian perpustakaan. Bercerita merupakan tindakan menyampaikan informasi dan peristiwa yang dialami seseorang dan juga merupakan media komunikasi ketika berinteraksi dengan orang lain, dan merupakan salah satu keterampilan berbicara yang harus diperoleh siswa dalam kegiatan belajarnya.Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui bercerita meningkatkan imajinasi anak dalam berfantasi, melatih keterampilan berbicara sehingga dapat memperluas wawasan dan cara berpikir anak dalam hal hal dari yang mereka lihat dan rasakan dan juga dapat memahami pesan pesan yang di sampaikan saat bercerita.

Kata kunci—Bercerita, Imajinasi, Pembelajaran

 

Abstract—Storytelling is the act of conveying information and events experienced by a person and is also a medium of communication when interacting with other people, and is one of the speaking skills that students must acquire in their learning activities. Storytelling aims for expression and communication in providing learning experiences. By telling stories, children can learn the contents of the story, absorb the messages contained in the story, and practice it (Khatibah 2011), explaining library research as an activity that is carried out systematically to collect, process, and reason about data using certain methods/technology to find answers to problems facing library research. Storytelling is an act of conveying information and events experienced by a person and is also a medium of communication when interacting with other people, and is one of the speaking skills that students must acquire in their learning activities. It can be concluded that learning through storytelling increases children’s imagination in fantasizing, practicing speaking skills so that it can broaden the horizons and ways of thinking of children in terms of what they see and feel and can also understand the messages conveyed when telling stories.

Keywords— Storytelling, Imagination, Learning


Keywords


Storytelling, Imagination, Learning

Full Text:

PDF

References


Eliyanti, M. (2016). Pengelolaan Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(2). Doi https://doi.org/10.25134/pedagogi.v3i2.1179.

Faizah, S. N. (2017). Hakikat belajar dan pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175-185. Doi https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99. Doi https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529.

Gunadi, A. A. (2017). Pengaruh lingkungan sosial terhadap imajinasi anak. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2). Doi https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1215.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 66-79. Doi https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5.

Hendratmoko, T., Kuswandi, D., & Setyosari, P. (2018). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 152-157. Doi https://dx.doi.org/10.17977/um031v3i22017p152.

Kartiniwati, K. (2014). Penggunaan Media Gambar Untuk Peningkatan Hasil Belajar Bercerita Tema Lingkungan Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 1-11. Retrieved from https://scholar.google.co.id/scholar?start=80&q=tujuan+bercerita+&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1668191149408&u=%23p%3DGmuu53CPbE4J

Khasinah, S. (2015). Interaksi ekstratekstual dalam proses bercerita kepada anak usia dini. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 1(1), 99-110. Doi http://dx.doi.org/10.22373/equality.v1i1.782

Noviana, L. (2013). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Anak Kelompok Bermain Tunas Bangsa Di Ds. Wotansari Kec. Balongpanggang Kab. Gresik. Jurnal Mahasiswa Unesa, 2(1), 3.Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/902

Purba, R. A., Rofiki, I., Purba, S., Purba, P. B., Bachtiar, E., Iskandar, A., … & Purba, B. (2020). Pengantar Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis. Doi https://doi.org/10.31227/osf.io/bp74d

Rusli, E. (2016). Imajinasi Ke Imajinasi Visual Fotografi. Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi, 12(2), 91-105. Retrieved from https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=imajinasi+&btnG=#d=gs_qabs&t=1667892858807&u=%23p%3DDojwjjfX1IYJ

Sanjaya, A. (2016). Penerapan Metode Bercerita dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa dan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1). Doi https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i1.10795

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan dalam penelitian pendidikan IPA. IPA: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA , 6 (1), 41-53. Doi https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=CPhqDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA185&dq=info:RSP4r4s3EuUJ:scholar.google.com/&ots=mWLAPDKKDg&sig=xgSWNafzYQh9eg_yFFF3IGbV-lU&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Shodiq, S. F. (2019). Revival Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Era Revolusi Industri 4.0. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 2(02). Doi http://dx.doi.org/10.24127/att.v2i02.870

Sihes, A. J. (2011). Konsep pembelajaran. Diunduh dari: http://eprints. Utm. My/id/eprint/id/file/180566. Retrieved from https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=definisi+pembelajaran+&oq=#d=gs_qabs&t=1668555355762&u=%23p%3DGWuXJsKff5MJ

Tabelessy, N. (2021). Meto Bercerita Untuk Siswa SD. Gaba-Gaba: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dalam Bidang Pendidikan Bahasa dan Seni, 1(1), 36-42. Doi https://doi.org/10.30598/gabagabavol1iss1pp36-42


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.