Dampak Media Sosial terhadap Kosakata pada Remaja

Shofi Abhitah Aristawati

Abstract


abstrak—Media sosial merupakan platform media yang dapat digunakan untuk berkolaborasi, meningkatkan kreatifitas, sebagai hiburan, sumber informasi dan untuk berkomunikasi dimanapun dan kapanpun. Remaja adalah pengguna media sosial terbanyak di masa sekarang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian studi pustaka (library research). Kosakata pada remaja di masa sekarang banyak menggunakan perubahan pada kata-kata Bahasa Indonesia. Media sosial sangatlah berpengaruh besar bagi kehidupan manusia di masa sekarang, media sosial memiliki dampak positif dan negatif bagi penggunanya apabila tidak bijak dalam menggunakannya.

Kata kunci—Media Sosial, Remaja, Kosakata

 

Abstract— Social media is a media platform that can be used to collaborate, increase creativity, as entertainment, information sources and to communicate anywhere and anytime. Teenagers are the most users of social media today. This research method uses library research. Vocabulary for teenagers today uses many changes in Indonesian words. Social media has a big influence on human life today, social media has negative and positive impacts on its users if it is not used wisely.

Keywords—Social Media, Youth, Vocabulary


Keywords


Social Media, Youth, Vocabulary

Full Text:

PDF

References


Diananda, A. (2019). Psikologi remaja dan permasalahannya. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1), 116-133. Doi https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20.

Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). Tren penggunaan media sosial selama pandemi di indonesia. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 7(2), 13-23. Retrived from https://jurnal.unived.ac.id/index.php/prof/article/download/1273/1055.

Iswatiningsih, D., & Pangesti, F. (2021). Ekspresi remaja milenial melalui penggunaan bahasa gaul di media sosial. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(2), 476-489. Doi https://doi.org/10.22219/kembara.v7i2.18301.

Juwita, E. P., Budimansyah, D., & Nurbayani, S. (2015). Peran media sosial terhadap gaya hidup siswa. SOSIETAS, 5(1). Doi https://doi.org/10.17509/sosietas.v5i1.1513.

Nurfadilah, N., & Nurhastuti, N. (2018). Media Pembelajaran Video Komunikasi Total Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(2), 230-237. Retrived from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/viewFile/101705/100673.

Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212-231. Doi https://doi.org/10.14710/interaksi.4.1.1-10.

Saputro, K. Z. (2018). Memahami ciri dan tugas perkembangan masa remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, 17(1), 25-32. Doi https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i1.1362.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41-53. Doi https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555.

Swari, E. D. (2013). Pembelajaran kosakata bahasa china melalui pengenalan aksara china (hanzi) di Tk Tripusaka Surakarta. Retrived from https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/34362/ODg3NTU=/Pembelajaran-kosakata-bahasa-china-melalui-pengenalan-aksara-china-hanzi-di-Tk-Tripusaka-Surakarta-3.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.