Bentuk Kesantunan Berbahasa dalam Kolom Komentar Media Sosial Instagram Anya Geraldine

Ibrahim Aji

Abstract


abstrak— Dengan adanya media sosial di kehidupan kita saat ini tentu mempermudah kehidupan manusia untuk berinteraksi satu sama lain tanpa adanya batasan ruang dan waktu, seperti mengomentari sebuah postingan dari selebgram Anya Geraldine. demikian juga dengan saling bertukar pendapat, mengutarakan aspirasi tanpa merasa malu di hadapan publik karena hanya bertutur melalui tulisan saja. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui interaksi sosial netizen di kolom komentar Instagram Anya Geraldine. Metode penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan literatur relevan memanfaatkan buku-buku, artikel ilmiah, jurnal dengan akses internet. dengan metode tersebut diperoleh hasil beberapa netizen berkomentar tanpa adanya pemilihan kata terlebih dahulu. Sehingga dapat disimpulkan kita harus lebih bijak lagi dalam menggunakan media sosial dan pemanfaatannya dalam berinteraksi dengan publik.

Kata kunci : kesantunan berbahasa, media sosial, Instagram Anya Geraldine

 

 

 

Abstract—With social media in our lives today, it certainly makes it easier for human life to interact with each other without space and time restrictions, such as commenting on a post from celebrity Anya Geraldine. as well as exchanging opinions, expressing aspirations without feeling embarrassed before the public because they only speak in writing. The purpose of this study is to find out the social interactions of netizens in the Instagram comments column by Anya Geraldine. This research method uses the literature study method with relevant literature utilizing books, scientific articles, journals with internet access. With this method, the results of several netizens commented without selecting words first. So it can be concluded that we have to be wiser in using social media and its use in interacting with the public.

Keywords: language politeness, social media, Anya Geraldine's Instagram

Full Text:

PDF

References


Aditia, R. (2021). Fenomena Phubbing: Suatu Degradasi Relasi Sosial Sebagai Dampak Media Sosial. KELUWIH: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(1), 8-14. https://doi.org/10.24123/soshum.v2i1.4034

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Batee, M. (2019). Pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian di toko kaos Nias Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 2(2), 313-324. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.108.

Cahyani, D. N., & Rokhman, F. (2017). Kesantunan berbahasa mahasiswa dalam berinteraksi di lingkungan Universitas Tidar: Kajian sosiopragmatik. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 44-52. https://doi.org/10.15294/seloka.v6i1.14763

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157. https://doi.org/10.36563/publiciana.v9i1.79.

Dima, D. A. M., Hadi, I. P., & Tjahyana, L. J. (2019). Motif dan Kepuasan Followers Dalam Mengikuti Akun@ anyageraldine Di Instagram. Jurnal e-Komunikasi, 7(2). http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/10279

Diyatma, A., & Rahayu, I. (2017). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Saka Bistro &bar. eProceedings of Management, 4(1). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/4641

Fadly, M., & Wantoro, A. (2019, August). Model Sistem Informasi Manajemen Hubungan Pelanggan Dengan Kombinasi Pengelolaan Digital Asset Untuk Meningkatkan Jumlah Pelanggan. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, pp. 46-55). https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/1749

Fitri, S. (2017). Dampak positif dan negatif sosial media terhadap perubahan sosial anak: dampak positif dan negatif sosial media terhadap perubahan sosial anak. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 118-123. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.5

Fitriani, Y. (2017). Analisis pemanfaatan berbagai media sosial sebagai sarana penyebaran informasi bagi masyarakat. Paradigma, 19(2), 148-152. https://doi.org/10.31294/p.v19i2.2120.

Inderasari, E., Achsani, F., & Lestari, B. (2019). Bahasa Sarkasme Netizen dalam Komentar Akun Instragram “Lambe Turah”. Semantik, 8(1), 37-49. https://doi.org/10.22460/semantik.v8i1.p37-49

Layaliya, F. N., Haryadi, H., & Setyaningsih, N. H. (2021). Media pembelajaran bahasa dan sastra (studi pustaka). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(2), 81-84. https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i2.12392

Mislikhah, S. (2020). Kesantunan berbahasa. Ar-Raniry, International Journal of Islamic Studies, 1(2), 285-296. http://dx.doi.org/10.22373/jar.v1i2.7384

Nahdiah, N., & Hidayatullah, S. (2019). Analisis bai’gharar terhadap jual beli follower di instagram. Al-Mizan: Jurnal Hukum dan Ekonomi Islam, 3(2), 92-113. https://doi.org/10.33511/almizan.v3n2.92-113

Nurrachmi, S., & Puspita, R. (2018). Etika Komunikasi Netizen Di Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jatim, 1(1). https://doi.org/10.33061/rsfu.v3i1.2574

Rafiq, A. (2020). Dampak media sosial terhadap perubahan sosial suatu masyarakat. Global Komunika, 1(1), 18-29. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/327205602.pdf.

Rahadi, D. R. (2017). Perilaku pengguna dan informasi hoax di media sosial. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 5(1), 58-70.

Rahadini, A. A., & Suwarna, S. (2014). Kesantunan berbahasa dalam interaksi pembelajaran bahasa jawa di SMP N 1 Banyumas. LingTera, 1(2), 136-144. https://doi.org/10.21831/lt.v1i2.2591

Rahmansyah, S., & Ardiansyah, T. (2021). Semantic Extensions dalam Komentar Netizen pada Akun Instagram Artis Indonesia: Kajian Semantis. TheGIST, 4(1). https://doi.org/10.53675/gist.v4i1.142

Ratnamulyani, I. A., & Maksudi, B. I. (2018). Peran media sosial dalam peningkatan partisipasi pemilih pemula dikalangan pelajar di Kabupaten Bogor. Sosiohumaniora, 20(2), 154-161. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v20i2.13965

Rohmah, N. N. M. (2020). Media sosial sebagai media alternatif manfaat dan pemuas kebutuhan informasi masa pandemik global covid 19 (kajian analisis teori uses and gratification). Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 4(1), 1-16. https://doi.org/10.31764/jail.v4i1.2957

Senjaya, M. (2021). Perlindungan Hukum dan Penyelesaian Sengketa dalam Transaksi Jual Beli Melalui Instagram. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(5), 723-734. https://bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/465

Sukmawati, S., & Nasran, N. (2021). Studi Pustaka Penggunaan Metode Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning pada Mahasiswa PPKn Masa New Normal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7188-7191. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2110

Tama, N. A., Murdiningrum, S., & Rahayu, S. (2022). Strategi Komunikasi Interpersonal Media Instagram@ Dinkesdki Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(1), 79-86. http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i1.6554

Ulfatun, U. (2021). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Sarkasme Netizen di Media Sosial Instagram. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 411-423. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1255

Utoro, D. Y. S., Susetyo, S., & Ariesta, R. (2020). Kekerasan Verbal dalam Media Sosial Facebook. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(2), 150-166. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i2.1013

Wibisino, T., & Mulyani, Y. S. (2018). Analisis dampak penggunaan media sosial terhadap prestasi akademik pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(1), 1-7. https://doi.org/10.37058/jem.v4i1.690

Widada, C. K. (2018). Mengambil manfaat media sosial dalam pengembangan layanan. Journal of Documentation and Information Science, 6003, 23-30. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1111932&val=16773&title=MENGAMBIL%20MANFAAT%20MEDIA%20SOSIAL%20DALAM%20PENGEMBANGAN%20LAYANAN

Wiryonegoro, A. (2022). Pengaruh Dakwah Akun@ Bagussuhar dalam Media Sosial Instagram terhadap Akhlak Followersnya. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 50-55. https://doi.org/10.29313/jrkpi.v2i1.870


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.