Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Menulis Cerita Pendek

Andini Hartati Pratiwi

Abstract


abstrak—Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan mengembangkan keterampilan menulis cerpen. Tujuan penelitin ini adalah ingin mengetahui bahwa menunjang pembelajaran menulis cerpen itu adalah aplikasi canva. Metode penelitian ini adalah studi pustaka (library research) yaitu mengumpulkan data yang bersumber dari buku, artikel, jurnal nasional maupun jurnal internasional, berupa data sekunder yang berhubungan dengan tema, yakni menulis cerpen, media pembelajaran, dan aplikasi canva. Hasil penelitian ini adalah bahwa aplikasi canva dapat digunakan untuk media pembelajaran menulis cerpen, dengan mengikuti langkah-langkah berikut 1) mengunduh aplikasi Canva dari play store, 2) Setelah mengunduh aplikasi Canva, login menggunakan Facebook atau alamat email Anda dan masukkan nomor telepon Anda sebagaimana mestinya sesuai negara, 3) Untuk melanjutkan, setelah terdaftar tekan tombol buat desain lalu pilih desain yang ingin dibuat, 4) Pilih backgroun lalu masukan gambar atau teks yang diinginkan, 5)  Langkah terakhir klik unduh atau bagikan desain yang sudah dibuat. Kesimpuln pada penelitian ini adalah aplikasi canva dapat digunakan sebagai media pembelajarn yang inovatif untuk menulis cerpen.

Kata kunci— Menulis Cerpen, Media Pembelajaran, Aplikasi Canva

 

Abstract— There are many benefits that we can get by developing short story writing skills. The purpose of this study is to find out that supporting learning to write short stories is the Canva application. This research method is library research, namely collecting data from books, articles, national and international journals, in the form of secondary data related to the theme, namely writing short stories, learning media, and the Canva application. The result of this research is that the Canva application can be used for learning media to write short stories, by following these steps 1) downloading the Canva application from the play store, 2) After downloading the Canva application, log in using Facebook or your email address and enter your phone number as shown. it should be according to the country, 3) To continue, after being registered press the create design button and then select the design you want to make, 4) Select the background and then enter the desired image or text, 5) The last step click download or share the design that has been made. The conclusion of this study is that the Canva application can be used as an innovative learning medium for writing short stories.

Keywords— Writing Short Stories, Learning Media, Canva Application


Keywords


Writing Short Stories, Learning Media, Canva Application

Full Text:

PDF

References


Adiwijaya, S., & Irmawati, I. (2015). Peningkatan kemampuan menulis cerpen melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas IX SMP UNISMUH Makassar. Jurnal konfiks, 2(1), 10-23. Doi https://doi.org/10.26618/konfiks.v2i1.397

Dewi, A. M. S. (2013). Majalah dinding sebagai implementasi kemampuan menulis cerpen siswa yang mengikuti ektrakurikuler jurnalistik di SMPN 4 Singaraja. Jurnal jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 1-15. Doi https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i1.283

Dewi, C. (2018). Penggunaan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam pembelajaran bahasa indonesia menulis permulaan siswa sekolah dasar. Bahastra, 38(1),8-13. Retrieved from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=536137&val=5562&title=PENGGUNAAN%20METODE%20SAS%20STRUKTURAL%20ANALITIK%20SINTETIK%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20BAHASA%20INDONESIA%20MENULIS%20PERMULAAN%20SISWA%20SEKOLAH%20DASAR

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384-2394. Doi https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., Pristiwati, R. (2021). Strategi Menyusun Bahan Ajar Inovatif Berbasis Mobile Learning untuk Pembelajaran Mata Kuliah Keterampilan Menulis di Abad 21.Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2021, 343-347. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902/785

Idawati, I., Maisarah, M., Muhammad, M., Meliza, M., Arita, A., Amiruddin, A., & Salfiyadi, T. (2022). Pemanfaatan canva sebagai media pembelajaran sains jenjang SD. Jurnal pendidikan dan konseling (JPDK), 4(4), 745-752. Doi https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5314

Karo-karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1). Doi http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). Jurnal pemikiran islam, 37(1). Retrieved from https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/%20Anida/article/viewFile/310/293

Maruta, H. (2017). Pengertian, kegunaan, tujuan dan langkah-langkah penyusunan laporan arus kas. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 1(2), 239-257. Retrieved from https://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jas/article/view/115

Maryuani., M. (2021). Meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi melalui aplikasi canva untuk kelas VI SDN Krembangan Selatan III Surabaya. Dasar: Jurnal inovasi pendidikan dasar. 1(4), 190-196. Doi https://doi.org/1051878/elementary.v1i4.734

Mustikowati, D., & Wijayanti, E. (2016). Meningkatkan semangat membaca dan menulis siswa sekolah dasar dengan permainan kata bersambut. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 39-42. Doi http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v1i1.5

Nurhayati, N., Vianty, M., Nisphi, ML, & Sari, DE (2022). Pelatihan dan Pendampingan Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva for Education bagi Guru Bahasa di Kota Palembang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 6 (1), 171-180. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8340

Nurjannah, A., & Suhara, A. M. (2019). Analisis penggunaan bahasa daerah dalam pembelajaran menulis cerpen di kelas IX SMPN 1 Cipatat kabupaten Bandung Barat. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 2(2), 255-262. Retrieved from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1010925&val=15323&title=ANALISIS%20PENGGUNAAN%20BAHASA%20DAERAH%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20MENULIS%20CERPEN%20DI%20KELAS%20IX%20SMPN%201%20CIPATAT%20KABUPATEN%20BANDUNG%20BARAT

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. Retrieved from https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/423559/mod_resource/content/2/Bahan%20bacaan.pdf

Putra, L. D. (2022). Pemanfaatan canva for education sebagai media pembelajaran kreatif dan kolaboratif untuk pembelajaran jarak jauh. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 125-138. http://dx.doi.org/10.32832/educate.v7i1.6315

Rahmatullzah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327. Doi https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i2.30179

Sianturi, H. S. (2012). Metode latihan terbimbing sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis-kreatif dalam pembelajaran menulis cerpen. Basastra, 1(1). Doi https://doi.org/10.24114/bss.v1i1.196

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114. Doi https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Cendekiawan: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan , 10(1), 22-33. Doi https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33

Wahid, A. (2018). Jurnal pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2). Doi http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/461/377

Widayanti, L., Kala’lembang, A., Adhariyanty Rahayu, W., Yulia Riska, S., & Arya Sapoetra, Y. (2021). Edukasi pembuatan desain grafis menarik menggunakan aplikasi canva. Jurnal pengabdian masyarakat, 2(2), 91-102. Doi https://doi.org/10.32815/jpm.v2i2.813

Widyatnyana, K. N. (2021). Penerapan model discovery learning pada materi teks cerpen dengan menggunakan media canva for education. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(2), 229-236. Doi https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v10i2.695

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi canva sebagai media pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. Doi https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245

Yudha, J., & Sundari, S. (2021). Manfaat media pembelajaran youtube terhadap capaian kompetensi mahasiswa. Journal of Telenursing (JOTING), 3(2), 538-545. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joting.v3i2.2561

Zagoto, MM, Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). PERBEDAAN INDIVIDU DARI GAYA BELAJARNYA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 2 (2), 259–265. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.481


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.