Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pemahaman Teks Cerpen
Abstract
abstrak— Uji validitas dan reliabilitas adalah Uji validitas dan reliabilitas merupakan langkah penting untuk memastikan bahwa alat ukur dalam penelitian dapat dengan tepat menilai variabel yang ingin diteliti (validitas) dan menghasilkan hasil yang konsisten dalam berbagai situasi serupa (reliabilitas). Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen tes pemahaman teks cerpen yang valid, reliabel, dan relevan untuk memaksimalkan ketangguhan literasi kritis dan analitis siswa. Metode penelitian kuantitatif digunakan, melibatkan 2 guru sebagai validator dan siswa sebagai responden uji coba. Data berupa skor dan nilai dari angket dan tes. Hasil penelitian ini mencakup 1) Validitas, 2) Reliabilitas, 3) Teks Cerpen.
Kata kunci— Uji validitas, Uji reliabilitas, Teks Cerpen.
Abstract— The Validity and reliability tests are Validity and reliability tests are important steps to ensure that the measuring instruments in research can accurately assess the variables you want to study (validity) and produce consistent results in various similar situations (reliability). This research aims to develop a valid, reliable and relevant short story text comprehension test instrument to maximize students' critical and analytical literacy skills. Quantitative research methods were used, involving 2 teachers as validators and students as trial respondents. Data in the form of scores and grades from questionnaires and tests. The results of this research include 1) Validity, 2) Reliability, 3) Short Story Text.
Keywords— Validiti Test, Reliabilyty Test, Short Story Text.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji validitas dan reliabilitas tingkat partisipasi politik masyarakat kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179-188. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019.
Amril, K. J., & Thahar, H. E. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Menulis Teks Cerpen Berbasis Project Based Learning bagi Siswa Kelas XI SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(3), 715-730. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i3.489.
Aprilianti, D., Herawati, M. N., & Isnaini, H. (2019). Pengaruh Pemberian Hadiah terhadap Minat Siswa dalam Menulis Teks Cerpen pada Siswa SMP. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(3), 427-432. Retrieved from https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/2836.
Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan bahan ajar menulis cerpen dengan media storyboard pada siswa kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.4.
PURNAMASARI, M. (2024). PENERAPAN TEKNK TRI FOKUS STEVE SNYDER DALAM PEMBELAJARAN MENGEVALUASI INFORMASI TEKS CERPEN KELAS XI SMA TAMANSISWA BANDUNG (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS). http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69691.
Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji validitas dan reliabilitas kuesioner perilaku prososial. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(4), 279-284. https://doi.org/10.31219/osf.io/v9j52.
Tegela, A. D., Ntelu, A., & Salam, S. (2023). Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Teks Cerpen pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 10 Gorontalo Tahun Pelajaran 2022/2023. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 9(1), 257-268. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i1.1211.
Widianto, F. R. (2019). Pembelajaran Mengonversi Teks Cerita Pendek ke dalam Bentuk Puisi dengan Menggunakan Metode Inkuiri. METAMORFOSIS| Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 12(2), 1-11. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v12i2.223.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.