Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pemahaman Materi Teks Cerpen
Abstract
Abstrak— Instrumen penelitian merupakan alat yang dirancang untuk membantu peneliti. Salah satu instrumen tersebut yaitu berupa tes untuk mengukur tingkat pemahaman. Tingkat pemahaman adalah kemampuan siswa untuk untuk menjelaskan atau menguraikan kembali materi yang diingat menggunakan bahasa atau kalimat sendiri, salah satu materi pemahaman tersebut ialah teks cerpen. cerpen merupakan cerita singkat yang menceritakan kehidupan seorang tokoh secara fiktif atau tidak nyata. Penelitian ini dilakukan untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen tes pemahaman materi teks cerpen di kalangan siswa kelas IX SMPN 1 Kapas. Metode yang digunakan meliputi analisis statistik untuk menentukan validitas butir soal dan menghitung reliabilitas menggunakan Cronbach's Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 34 butir soal yang diuji hanya 13 butir yang dinyatakan valid, sementara 16 butir lainnya tidak valid, yang mengindikasikan perlunya perbaikan pada instrumen tersebut. Selain itu nilai Cronbach's Alpha pada penelitian tersebut sebesar 0,721 membuktikan bahwa instrumen tersebut sudah reliabel. sehingga dapat diandalkan untuk mengukur pemahaman siswa. Keberhasilan pengumpulan data dalam penelitian sangat bergantung pada kualitas instrumen yang digunakan, sehingga pengembangan instrumen yang valid dan reliabel menjadi langkah penting untuk memastikan data yang diperoleh mendukung analisis dan interpretasi hasil penelitian secara akurat.
Kata kunci—Instrumen Penelitian, Tingkat Pemahaman, Teks Cerpen
Abstract— Research instruments are tools designed to help researchers. One of these instruments is a test to measure the level of understanding. The level of understanding is the student's ability to explain or re-elaborate the material they remember using their own language or sentences, one of the understanding materials is short story texts. A short story is a short story that tells the life of a character in a fictional or unreal way. This research was conducted to test the validity and reliability of the test instrument for understanding short story text material among class IX students of SMPN 1 Kapas. The method used includes statistical analysis to determine the validity of the test items and calculate reliability using Cronbach's Alpha. The research results showed that of the 34 items tested, only 13 items were declared valid, while the other 16 items were invalid, which indicated the need for improvements to the instrument. Apart from that, the Cronbach's Alpha value in this study was 0.721, proving that the instrument is reliable. so it can be relied on to measure student understanding. The success of data collection in research is very dependent on the quality of the instruments used, so developing valid and reliable instruments is an important step to ensure that the data obtained supports accurate analysis and interpretation of research results.
Keywords— Research Instruments, Level of Understanding, Short Story Text
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dahlan R, M., & Murad, M. (2023). Keberanian Mengemukakan Pendapat dan Pemahaman Siswa. Journal on Education, 6(1), 775- 786. Retrieved from https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2992
Dewi, S., M. & Sobari, T. (2018). Pembelajaran menulis teks cerpen dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas xi smk citra pembaharuan. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1(6), 989-998. Retreived from https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/download/1822/336
Lahinda, J., Feronika S. Jamlaay, Adi Sumarsono, & Martha Betaubun. (2022). SURVEI TINGKAT PEMAHAMAN SISWA TERHADAP USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DI SMK SE-KOTA MERAUKE. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 2(3), 327–336. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v2i3.707
Novita, I., M, S., & Hefni, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerpen Berdasarkan Teknik Storyboard pada Siswa Kelas XI SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), 46-52. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i1.29
Sappaile, B., I. (2007). Konsep instrumen penelitian pendidikan. Jurnal Pendidikan dan kebudayaan, 13(66), 379-391. Retreived from https://www.researchgate.net/profile/Baso-Intang-Sappaile/publication/338630818pdf
Syahrizal, H., & Jailani, M., S. (2023). Jenis-jenis penelitian dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13-23, https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49
Tegela, Dimas, A., Ntelu, A., & Salam. (2023). Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Teks Cerpen pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 10 Gorontalo Tahun Pelajaran 2022/2023. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 9(1), 257-268, https://doi.org/10.32884/ideas.v9i1.1211.
Uliyandari, M., Candra, I., N., & Sumpono. (2014). Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri Kota Bengkulu untuk Mata Pelajaran Kimia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, 2014 https://core.ac.uk/download/pdf/35338939.pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.