Desain Aplikasi Pembelajaran Kata Kerja pada Siswa Tingkat Sekolah Dasar dengan Menggunakan Website Kodular
Abstract
abstrak— Kata kerja merupakan kata yang menggambarkan tindakan, kegiatan, atau aktivitas yang selalu diikuti oleh hasil yang terjadi. Selain itu, kata kerja juga mengungkapkan aktivitas, proses, dan kondisi tanpa menunjukkan sifat tertentu. Sekolah Dasar (SD) merupakan sebuah lembaga sosial yang diberikan tugas khusus oleh masyarakat untuk menyelenggarakan pendidikan dasar secara teratur. Di lingkungan sekolah dasar, fokus utama adalah mengembangkan kemampuan siswa secara maksimal, mencakup aspek intelektual, sosial, dan pribadi. Hal ini bertujuan agar mereka siap melanjutkan pendidikan ke jenjang Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) atau setara.Tujuan Penelitian Bagi siswa Sekolah Dasar adalah untuk memberikan Desain Apliksi Pembelajaran Kata Kerja dengan menggunakan Website Koudular. Penelitian ini menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC). System Development Life Cycle (SDLC) merupakan metode yang sering digunakan dalam pengembangan perangkat lunak, dengan pendekatan sistematis dan terstruktur yang berlangsung secara bertahap. Proses ini diawali dengan pengumpulan kebutuhan sistem. kemudian dilanjutkan dengan analisis, desain, coding, testing/verification, hingga pemeliharaan (Maintenance). Hasil dari penelitian ini adalah Desain aplikasi pembelajaran kata kerja untuk siswa sekolah dasar menggunakan Kodular antara lain 1). Aplikasi ini berhasil dirancang dengan fitur-fitur yang ramah anak, seperti Beranda, menu, Definisi, Contoh, Manfaat, Kuis, dan Hasil, yang mendukung pembelajaran secara interaktif. 2).Penggunaan Kodular sebagai platform pengembangan memungkinkan pembuatan aplikasi yang sederhana namun efektif, tanpa memerlukan pemrograman tingkat lanjut. 3).Aplikasi ini diharapkan mampu Meningkatkan ketertarikan dan pemahaman siswa terhadap pembelajaran.kata kerja melalui pendekatan visual dan interaktif, yang sesuai dengan kebutuhan siswa sekolah dasar.
Kata kunci— Sekolah Dasar,Kata Kerja,Website Kodular
Abstract— Verbs are words that describe actions, activities, or activities that are always followed by the result that occurs. In addition, verbs also express activities, processes and conditions without indicating a particular nature. Elementary school (SD) is a social institution that is given a special task by the community to organize basic education on a regular basis. In the elementary school environment, the main focus is to develop students' abilities to the fullest, including intellectual, social, and personal aspects. This aims to make them ready to continue their education to the level of Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) or equivalent.The purpose of the research for elementary school students is to provide a Verb Learning Application Design using a Coudular Website. This research uses the System Development Life Cycle (SDLC) method. System Development Life Cycle (SDLC) is a method that is often used in software development, with a systematic and structured approach that takes place in stages. This process begins with collecting system requirements. then proceed with analysis, design, coding, testing/verification, to maintenance. The results of this study are the design of verb learning applications for elementary school students using Kodular, including 1). This application is successfully designed with child-friendly features, such as Home, menu, Definitions, Examples, Benefits, Quizzes, and Results, which support interactive learning. 2). The use of Kodular as a development platform allows the creation of simple yet effective applications, without the need for advanced programming. 3). This application is expected to be able to increase students' interest and understanding of learning verbs through a visual and interactive approach, which is in accordance with the needs of elementary school students.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurahman, H., Riswaya, A. R., & Id, A. (2014). Aplikasi pinjaman pembayaran secara kredit pada bank yudha bhakti. Jurnal Computech & Bisnis, 8(2), 61-69. https://www.academia.edu/download/100315988/291480199.pdf .
Alda, M. (2022). Sistem Informasi Penjualan Online Berbasis Mobile pada Supermarket Kasimura. Jurnal Processor, 17(1), 34. https://doi.org/10.33998/processor.2022.17.1.1190 .
Astini, N. W., & Purwati, N. K. R. (2020). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Emasains, 9(1), 1-8. http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1776 .
Azis, N., Pribadi, G., & Nurcahya, M. S. (2020). Analisa dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android. IKRA-ITH INFORMATIKA: Jurnal Komputer Dan Informatika, 4(3), 1-5. http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/815 .
Darmawan, R., & Geni, B. Y. (2023). Perancangan dan Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Sewa ATM Berbasis Web Menggunakan Metode SDLC. Journal Of Information System Research (JOSH), 4(4), 1109-1117. http://ejurnal.seminar-id.com/index.php/josh/article/view/3808 .
Desmayani, N. M. M. R., Wardani, N. W., Nugraha, P. G. S. C., & Mahendra, G. S. (2021). Sistem Informasi Laporan Keuangan pada Salon Berbasis Website Dengan Metode SDLC. Jurnal Sistem Informasi dan Komputer Terapan Indonesia (JSIKTI), 4(2), 68-77. https://www.infoteks.org/journals/index.php/jsikti/article/view/118 .
Fachri, B., & Surbakti, R. W. (2021). Perancangan Sistem Dan Desain Undangan Digital Menggunakan Metode Waterfall Berbasis Website (Studi Kasus: Asco Jaya). Journal Of Science And Social Research, 4(3), 263-267. http://www.jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR/article/view/692 .
Fiqa, H. F., Pradana, R. P., Hanif, M., & Septiansyah, R. G. (2022). Digitalisasi Layanan Kesehatan Desa Grujugan Melalui Pengembangan E-Posyandu menggunakan Metode SDLC-Waterfall. Journal of Informatics Information System Software Engineering and Applications (INISTA), 5(1), 43-57. https://journal.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/inista/article/view/891 .
Gumilang, I. R. (2022). Penerapan Metode Sdlc (System Devlopment Life Cycle) Pada Website Penjualan Produk Vapor: Application Of SDLC (System Devlopment Life Cycle) Method On Vapor Product Sales Website. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Teknik, 1(1), 47-56. https://prin.or.id/index.php/JURRITEK/article/view/144 .
Haniva, D. T., Ramadhan, J. A., & Suharso, A. (2023). Systematic Literature Review Penggunaan Metodologi Pengembangan Sistem Informasi Waterfall, Agile, dan Hybrid. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), 7(1), 36-42. https://doi.org/10.26740/jieet.v7n1.p36-42 .
Hasmawati, H. (2016). PENGGUNAAN KATA KERJA REFLEKSIF DALAM BAHASA JERMAN DAN BAHASA INDONESIA. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20687 .
Kholifah, U., & Imansari, N. (2022). Pelatihan membangun aplikasi mobile menggunakan kodular untuk siswa smpn 1 selorejo. Abdimas Galuh, 4(1), 549-553. http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i1.7259 .
Kurniawan, M. I. (2015). Mendidik untuk membentuk karakter siswa sekolah dasar: studi analisis tugas guru dalam mendidik siswa berkarakter pribadi yang baik. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikasn, 4(2), 121-126. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.14 .
Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49. https://pedagogia.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/1342 .
Mallisza, D., Setya Hadi, H., & Tri Aulia, A. (2022). Implementasi Model Waterfall Dalam Perancangan Sistem Surat Perintah Perjalanan Dinas Berbasis Website Dengan Metode SDLC. MAROSTEK: Jurnal Teknik, Komputer, Agroteknologi dan Sains, 1(1), 24-35. https://repo.unespadang.ac.id/id/eprint/175 .
Nagara, B. S., Oetari, D., Apriliani, Z., & Sutabri, T. (2023). Penerapan Metode SDLC (System Development Life Cycle) Waterfall Pada Perancangan Aplikasi Belanja Online Berbasis Android Pada CV Widi Agro. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 6(2), 1202-1210. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/8244 .
Novidiantoko, W. (2023). Teknik Penerjemah Kalimat Bahasa Inggris. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Nugraha, M. F., Hendrawan, B., Pratiwi, A. S., Permana, R., Saleh, Y. T., Nurfitri, M., ... & Husen, W. R. (2020). Pengantar pendidikan dan pembelajaran di sekolah dasar. https://ejournal.upi.edu/index.php/metodikdidaktik/article/download/3250/2264 .
Prianbogo, A. A., & Rafida, V. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Android Dengan Aplikasi Kodular Pada Mobile Learning Mata Pelajaran Penataan Produk Kelas Xi Bdp Smk. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(2), 1669-1678. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n2.p1669-1678 .
Purnomo, J., Affandi, N., & Rahmatullah, A. (2021). Analisis Penerapan Perawatan Motor Konveyor Mesin Xray Dengan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance (Rcm) Pada Pt. Tristan Engineering. Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri, 1(2), 154-169. https://www.taguchi.lppmbinabangsa.id/index.php/home/article/view/14 .
Qoiroh, M. D., Mustika, M., & Irawan, D. D. (2022). Sistem Informasi Kepegawaian Pada SMA Negeri 01 Seputih Banyak Menggunakan Metode SDLC. Jurnal Mahasiswa Ilmu Komputer, 3(1), 266-272. https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/jimasia/article/view/2911 .
Rahayu, T. (2019). Karakteristik siswa sekolah dasar dan implikasinya terhadap pembelajaran. Misbahul Ulum (Jurnal Institusi), 1(02 Desember), 109-121. https://doi.org/10.70688/misbahululum.v1i02%20Desember.7 .
Rohayah, S., Sasmito, G. W., & Somantri, O. (2015). Aplikasi Steganografi Untuk Penyisipan Pesan. Jurnal Informatika Ahmad Dahlan, 9(1), 102820. https://dx.doi.org/10.26555/jifo.v9i1.a2038 .
Rosala, D. (2016). Pembelajaran seni budaya berbasis kearifan lokal dalam upaya membangun pendidikan karakter siswa di sekolah dasar. Ritme, 2(1), 16-25. https://ejournal.upi.edu/index.php/ritme/article/viewFile/5078/3539 .
Salsabila, S., Anriani, N., & Santosa, C. A. H. F. (2023). Pengembangan e-modul pada android menggunakan kodular untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 8(1), 1-10. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i1.8704 .
Sari, I. P., Sulaiman, O. K., & Apdilah, D. (2024). Rancang Bangun Game Zombie Menggunakan Kodular Berbasis Android. Jurnal Minfo Polgan, 13(1), 293-302. https://doi.org/10.33395/jmp.v13i1.13622 .
Sarita, V. R., Jati, S. S. P., & Ayundasari, L. (2021). Pengembangan bahan ajar E-handout berbasis Kodular materi Istana Gebang untuk pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Blitar. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(12), 1265-1276. https://doi.org/10.17977/um063v1i12p1265-1276 .
Sikome, A. (2015). Kata Kerja Dalam Bahasa Inggris Dan Bahasa Sangir Suatu Analisis Kontrastif. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 2(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jefs/article/view/7879 .
Siregar, H. F., & Melani, M. (2019). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi, 2(2), 113-121. https://www.neliti.com/publications/281915/perancangan-aplikasi-komik-hadist-berbasis-multimedia .
Taufiq, A. (2014). Hakikat Pendidikan di Sekolah Dasar. Pendidikan Anak Di SD, 1(1), 1-37. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PDGK4403-M1.pdf .
Wahid, A. A. (2020). Analisis metode waterfall untuk pengembangan sistem informasi. J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. November, 1(1), 1-5. https://www.researchgate.net/publication/346397070 .
Wijaya, W. W. W., & Susanto, E. (2021). New normal: Pengembangan Sistem informasi penjualan menggunakan metode SDLC (system development life cycle). Jurnal Sustainable: Jurnal Hasil Penelitian Dan Industri Terapan, 10(1), 1-9. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/sustainable/article/view/3190 .
Wijaya, Y. D., & Astuti, M. W. (2019, October). Sistem informasi penjualan tiket wisata berbasis web menggunakan metode waterfall. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (SENATIK) (Vol. 2, No. 1, pp. 273-276). https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENATIK/article/view/1188 .
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.