Urgensi Pendidikan Pancasila untuk Meningkatkan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila di era globalisasi
Abstract
Pendidikan Pancasila menjadi kunci untuk menghadapi tantangan seperti kekerasan, pelanggaran, ketidakadilan, dan kesenjangan yang terjadi di Indonesia di era globalisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui urgensinya pendidikan pancasila untuk meningkatkan nilai-nilai pancasila di era globalisasi. Metode dalam penelitian ini menggunakan SLR. data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari buku, jurnal dan artikel. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya urgensi 1) pendidikan pancasila memperkuat identitas bangsa, 2) pendidikan pancasila menanamkan nilai kebhinekaan, 3) pendidikan pancasila mendorong sikap kritis terhadap tantangan global, 4) pendidikan pancasila memupuk sikap bertanggung jawab sebagai warga negara, 5) pendidikan pancasila memperkuat moralitas individu yang bisa diterapkan dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai pancasila. Simpulan di dalam penelitian ini terdapat lima upaya yang bisa diterapkan dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai pancasila dalam pendidikan pancasila.
Kata kunci— Globalisasi, Nilai-nilai Pancasila, Pendidikan Pancasila
Abstract— Pancasila education is the key to facing challenges such as violence, violations, injustice, and inequality that occur in Indonesia in the era of globalisation. The purpose of this study is to determine the urgency of Pancasila education to improve Pancasila values in the era of globalisation. The data in this study used secondary data taken from books, journals and articles. The data collection technique uses the method of listening and recording. Data validation techniques using triangulation techniques. The results showed the urgency of 1) pancasila education strengthens national identity, 2) pancasila education instils the value of diversity, 3) pancasila education encourages a critical attitude towards global challenges, 4) pancasila education fosters a responsible attitude as a citizen, 5) pancasila education strengthens individual morality that can be applied in improving understanding of pancasila values. The conclusion in this study is that there are five efforts that can be applied in improving understanding of pancasila values in pancasila education.
Keywords— Globalization, Pancasila Values, Pancasila Education
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, A. (2023). Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam media sosial pada Generasi Z. JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan dan Wawasan Kebangsaan, 3(1), 11-21. https://doi.org/10.30998/jagaddhita.v3i1.2134.
Asmaroini, A. P. (2017). Menjaga eksistensi Pancasila dan penerapannya bagi masyarakat di era globalisasi. JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(2), 50-64. http://dx.doi.org/10.24269/v2.n1.2017.59-72.
Darniawaty, D. (2024). Praktik baik dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila untuk SMA. Lombok Tengah, Indonesia: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Furnamasari, Y. F., Fauzy, A. R., Pingkan, A. D., Luthfiatunnisa, F. F., Haq, M. A., Anisa, R., ... & Sabirah, R. (2024). Pendidikan Pancasila di Era Digital: Mengatasi Tantangan Moralitas dan Etika. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 2719-2727. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1137.
Hakim, A. R., & Darojat, J. (2023). Pendidikan multikultural dalam membentuk karakter dan Identitas Nasional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1337-1346. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1470.
Hamidah, H., Asbari, M., Qodri, R., & Santoso, G. (2022). Sisi Lemah Spesialis: Haruskah Menjadi Generalis?. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(1), 13-19. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/237.
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek profil pelajar Pancasila sebagai penguatan pendidikan karakter pada peserta didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553-559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309.
Hidayat, A. (2017). Kesenjangan sosial terhadap pendidikan sebagai pengaruh era globalisasi. Justisi: Jurnal Ilmu Hukum, 2(1). https://doi.org/10.36805/jjih.v2i1.400.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Iqbal, M., Ramadhani, A. V., Nasution, K., Afsarini, A., Lazuarni, D. N., & Ambarita, T. (2024). Eksistensi nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi tantangan globalisasi. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(3). https://journalpedia.com/1/index.php/jip/article/view/3128.
Jabnabillah, F., Aswin, A., & Fahlevi, M. R. (2023). Efektivitas situs web pemerintah sebagai sumber data sekunder bahan ajar perkuliahan statistika. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(1), 59-70. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3373.
Karuna, K., Serpara, H., & van Delsen, J. N. (2023). Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Era Society 5.0. German für Gesellschaft (J-Gefüge), 2(1), 15-23. https://doi.org/10.30598/jgefuege.2.1.15-23.
Khovifa, N., Lumbantoruan, J. I., Sinaga, D. Y., Nasution, P. S., & Batu, D. P. L. (2024). Analisis nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam penerapannya pada profil Pancasila di SDN 104207 Cinta Damai TP 2022/2023. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 9-9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.437.
Kiska, N. D., Putri, C. R., Joydiana, M., Oktarizka, D. A., Maharani, S., & Destrinelli, D. (2023). Peran profil pelajar Pancasila untuk membentuk karakter peserta didik sekolah dasar. Journal on Education, 5(2), 4179-4188. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1116.
Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170–5175. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139.
Lestari, E. Y., Janah, M., & Wardanai, P. K. (2019). Menumbuhkan kesadaran nasionalisme generasi muda di era globalisasi melalui penerapan nilai-nilai Pancasila. ADIL Indonesia Journal, 1(1). https://jurnal.unw.ac.id/index.php/AIJ/article/view/139.
Lestari, S. O., & Kurnia, H. (2022). Peran Pendidikan Pancasila dalam pembentukan karakter. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 25. https://pdfs.semanticscholar.org/4b90/55e8b40384d86341bd6b246eb058e7c661db.pdf.
Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 687–706. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.576.
Najm Al Inu, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dan Di Masyarakat. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 259–267. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1383.
Nurhasanah, Y., Pahdulrahman, I., Sari, F. R. I., Darma, H. D., Plani, H. T., & Hudi, I. (2024). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Identitas Nasional di Era Globalisasi Generasi Z. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2(3), 256-262. https://doi.org/10.69693/ijim.v2i3.182.
Nurhayati, N. (2018). Tantangan dan peluang guru Pendidikan Agama Islam di era globalisasi. Jurnal Ilmiah Iqra', 7(1). http://dx.doi.org/10.30984/jii.v7i1.605.
Patwillah, S. W., Zahra, S. F., & Nisa, R. A. (2023). Pengaruh perkembangan era globalisasi terhadap nilai nasionalisme di kalangan mahasiswa sebagai generasi muda. Advances In Social Humanities Research, 1(4), 258-264. https://doi.org/10.46799/adv.v1i4.29.
Purnawanto, A. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka. JURNAL PEDAGOGY, 15(2), 76–87. https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/139.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Rahayu, R. (2022). Pengembangan desain pembelajaran IPA untuk meningkatkan karakter pelajar Pancasila pada aspek bernalar kritis dan kreatif di SMPIT Ihsanul Fikri Kota Magelang. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(2), 88-109. https://doi.org/10.26740/jipb.v3n2.p88-109.
Rahma, A. N. (2013). Analisis tindak tutur ilokusi dalam dialog film animasi meraih mimpi. Surabaya, Indonesia: Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Rizal, A. (2024). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan Global Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di Abad 21. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 714-721. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10183.
Rohmah, N. N. S., Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi penguatan profil pelajar Pancasila dimensi berkebhinekaan global di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254-1269. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6124.
Satriani, A. D., Arantxa, A. C., Khoiriyah, Q., & Nurhayati, E. (2023). Dampak dan transformasi perkembangan bahasa gaul dalam bahasa Indonesia modern. Jurnal Pengabdian West Science, 2(06), 421-426. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i6.399.
Savitri, A. S., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan di era globalisasi. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 165-176. https://doi.org/10.36456/inventa.5.2.a3549.
Setiari, A. (2023). Perwujudan identitas manusia Indonesia melalui penghayatan profil pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan West Science, 1(02), 116-124. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i02.219.
Sulianti, A. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Budaya Multikultural untuk Menanamkan Sikap Patriotisme Warga Negara. Jurnal: Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2), 17. http://dx.doi.org/10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp48-55.
Surjani P, R. (2002). Manajemen strategi dalam menghadapi era globalisasi. Unitas, 11(1), 20-36. http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/43.
Susetyo, A. B. (2024, Juli 21). Pentingnya pendidikan Pancasila. IndonesiaSatu.co. Diakses pada 1 Desember 2024, dari https://indonesiasatu.co/detail/pentingnya-pendidikan-pancasila.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Utami, A., & Prabowo, M. (2023). Internalisasi filsafat Pancasila melalui profil pelajar Pancasila pada kurikulum merdeka. Jurnal Paris Langkis, 3(2), 119-128. https://doi.org/10.37304/paris.v3i2.8310.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.