Peran Menyimak Estetik di Kalangan Mahasiswa pada Era Digital

Lilis Eka Pujawati, Cahyo Hasanudin

Abstract


Menyimak estetik memiliki peran penting dalam mengembangkan pemahaman dan apresiasi terhadap karya seni. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui peran menyimak estetik di kalangan mahasiswa pada era digital. Metode di dalam penelitian ini menggunakan metode SLR. data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dalam bentuk klausa yang diambil dari jurnal dan buku secara nasional. teknik pengumpulan data menggunakan teknik Simak dan catat  sedangkan Teknik validasi menggunakan triangulasi teori. Hasil penelitian bahwa terdapat (1) meningkatkan pemahaman budaya (2) mengembangkan kemampuan kritis dan kreatif (3) meningkatkan literasi media dan komunikasi visual (4) mendukung pembelajaran yang lebih menarik (5) meningkatkan kesehatan mental dan emosional sebagai peran menyimak estetik di kalangan mahasiswa pada era digital. Simpulan di dalam penelitian ini bahwa terdapat 5 peran yang dapat dilakukan dalam menyimak estetik terhadap mahasiswa pada era digital.

Kata kunci— era digital, mahasiswa, menyimak estetik

 

Abstract— Aesthetic listening has an important role in developing understanding and appreciation of works of art. The purpose of this study is to determine the role of aesthetic listening among students in the digital era. The method in this study uses the SLR method. The data in this study uses secondary data in the form of clauses taken from journals and books nationally. Data collection techniques use listening and recording techniques while validation techniques use theoretical triangulation. The results of the study that there are (1) increasing cultural understanding (2) developing critical and creative abilities (3) increasing media literacy and visual communication (4) supporting more interesting learning (5) improving mental and emotional health as a role of aesthetic listening among students in the digital era. It is concluded in this study that there are 5 roles that can be performed in aesthetic listening to students in the digital era.

Keywords— digital era, students, listening aesthetics


Keywords


digital era, students, listening aesthetics

Full Text:

PDF

References


Anggraini, V., & Priyanto, A. (2019). Stimulasi keterampilan menyimak terhadap perkembangan anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 30-44. https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3170 .

Dhuhriah, S. A., Ratnaningsih, H. E., Setiawan, M. A., & Hasanudin, C. (2023). Peran menyimak drama pada siswa sekolah dasar untuk meningkatkan kemampuan menyimak estetik. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran 1(1), 971-981. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2365 .

Ebtanastiti, D. F. (2014). Survei pilihan karir mahasiswa fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Bk Unesa, 4(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/8836 .

Fakhriyani, D. V. (2019). Kesehatan mental. Pamekasan: duta media publishing, 11-13.

Fauziah, H. H. (2015). Fakor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa fakultas psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 123-132. https://doi.org/10.15575/psy.v2i2.453 .

Harahap, S. M. (2019). Peningkatan kemampuan menyimak melalui metode parafrase pada mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Jurnal education and development, 7(1), 32-32. https://doi.org/10.37081/ed.v7i1.766 .

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Kurniawati, D. (2015). Studi tentang faktor-faktor penyebab kesulitan belajar menyimak bahasa inggris pada mahasiswa semester III PBI IAIN Raden Intan Lampung tahun Pelajaran 2015/2016. English Education: Jurnal tadris bahasa inggris, 8(1), 157-178. https://dx.doi.org/10.24042/ee-jtbi.v8i1.51 .

Kusumadewi, H. (2017). Penggunaan elt website untuk meningkatkan kompetensi guru-guru SMP dalam keterampilan menyimak. Pujangga: Jurnal bahasa dan sastra, 3(2), 180-189. https://doi.org/10.47313/pujangga.v3i2.440 .

Legi, H., & Wamo, A. (2023). Merdeka mengajar di era digital. PEDAGONG, 1(1), 16-20. https://jurnal.stkipkw.ac.id/index.php/article/view/50 .

Manurung, M. M., & Rahmadi, R. (2017). Identifikasi faktor-faktor pembentukan karakter mahasiswa. JAS-PT Jurnal analisis sistem pendidikan tinggi indonesia, 1(1), 41-46.

Maro, Y., Tang, S., & Sabu, J. M. (2023). Analisis pengaruh literasi keuangan, karakteristik mahasiswa dan lingkungan kampus terhadap manajemen keuangan pribadi mahasiswa. Jurnal ilmiah wahana pendidikan, 9(1), 722-734. https://doi.org/10.5281/zenodo.7639459 .

Nasari, F., & Darma, S. (2013). Penerapan k-means clustering pada data penerimaan mahasiswa baru (studi kasus: universitas potensi utama). Semnasteknomedia online, 3(1), 2-1. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/837 .

Nukman, M., Nursalim, M., & Rahmasari, D., (2024). Dampak era digital terhadap perkembangan bahasa anak usia dini: LITERATURE REVIEW. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 284–289. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.2349 .

Nurizzati, Y. (2016). Upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa IPS. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 1(2). http://dx.doi.org/10.24235/edueksos.v1i2.381 .

Pardede, F. P. (2022). Pendidikan karakter perguruan tinggi Islam berbasis multikultural. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 353-364. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2127 .

Pasoloran, R. (2019). Peningkatan prestasi belajar menyimak bahasa indonesia melalui pendekatan terpadu siswa kelas IX SMP Negeri 1 Rantepao Toraja Utara. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(1), 140-149. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v1i1.37 .

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Rachmi, T., Dewi, N. F. K., & Astuti, C. F. (2023). Optimalisasi kemampuan menyimak melalui metode bermain peran pada anak usia dini. Jurnal program studi Pendidikan anak usia dini, 12(1), 133-143. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/ceria/article/view/9137/4328 .

Rohmatilahi, L., Kholisah, N., Arifin, M. H., & Wahyuningsih, Y. (2022). Urgensi pembelajaran ips dalam upaya meningkatkan pemahaman budaya indonesia pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4270–4276.

Rukmi, A. S. & Damayanti, D. (2014). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita siswa SDN Mojongapit III Jombang. 2(3), 1-11. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/issue/view/792 .

Salim, B. R. A. (2020). Kemampuan berbahasa indonesia mahasiswa asing di Universitas Airlangga Surabaya. Jurnal Uniar. ac. id, Skriptarium, 1. https://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-skriptorium593dca27d7full.pdf .

Sebayang, S. K. (2019). Analisis kesalahan berbahasa pada sosiall media instagram dalam postingan, komentar, dan cerita singkat. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.37755/jsbi.v16i1.124 .

Setiawan, A., & Khamadi, K. (2019). Peran media dan teknologi dalam literasi visual seni dan desain. Prosiding Sains Nasional dan Teknologi, 1(1). 258-263.http://dx.doi.org/10.36499/psnst.v1i1.2888 .

Sunarti, S. (2021). Metode mengajar kreatif dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Jurnal Perspektif, 13(2), 129–137.https://doi.org/10.53746/perspektif.v13i2.16.

Suryana, C. & Muhtar, T., (2022). Implementasi konsep Pendidikan karakter ki hadjar dewantara di sekolah dasar pada era digital. Jurnal Basicedu, 6(4), 6117-6131. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3177 .

Syamsuddin, R. (2021). Buku keterampilan berbahasa indonesia. Universitas Negeri Makassar, 59.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Wahyuni, D. (2020). Meningkatkan Pembelajaran Sastra Melalui Perkembangan Era Digital. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya, 7(1). https://doi.org/10.24114/kultura.v1i1.18268 .

Wibowo, M. A. (2016). Penerapan strategi directed listening thinking approach (DLTA) dalam pembelajaran keterampilan menyimak pada siswa sekolah dasar. Jurnal ilmiah guru caraka olah pikir edukatif, 20(1). https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i1.10793.

Wiwin, W., & Firmanto, A.D. (2021). Konstruksi model spiritual pastoral bagi katekis di era digital. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 1(2), 125-137. https://doi.org/10.52110/jppak.vli2.31 .

Wuryaningrum, R. (2020). Koneksi estetik-eferen sebagai alternatif pembelajaran membaca sastra di era disrupsi. UNEJ E-Proceeding, 613-626. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/20022 .

Zuhria, A. F., Kurnia, M. D., Jaja, J., & Hasanudin, C. (2022). Dampak era digital terhadap minat baca remaja. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 1(2), 17-23. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v1i2.2871


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.