Desain Aplikasi SPOK Pintar untuk Peserta Didik Tingkat Dasar dengan Website Kodular

Shonia Qonita Syarkhan, Yunita Irma Firnanda Putri, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Peserta didik adalah anggota masyarakat yang berupaya mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia dalam berbagai jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu.  Penilaian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar melalui website kodular. Penelitian ini menggunakan metode SDLC waterfall, metode ini menggunakan cara pendekatan sistematis dan berurutan. Desain aplikasi SPOK pintar untuk siswa sekolah dasar dengan menggungakan Website Kodular memiliki beberapa tahapan 1) analisis kebutuhan sistem, 2) perancangan, 3) implementasi, 4) pengujian, dan 5) pemeliharaan sistem. Simpulan penelitian ini terdapat 5 tahap dalam membuat aplikasi dengan website kodular.

Kata kunci— peserta didik, kodular, SPOK

 

 

Abstract— Learners are members of society who seek to develop their potential through the learning process available in various pathways, levels and certain types of education.  This assessment aims to improve the reading skills of elementary school students through a codular website. This research uses the SDLC waterfall method, this method uses a systematic and sequential approach. The design of the smart SPOK application for elementary school students using the Kodular Website has several stages 1) system requirements analysis, 2) design, 3) implementation, 4) testing, and 5) system maintenance. The conclusion of this research is that there are 5 stages in making applications with the Kodular website.

Keywords— learners, codular, SPOK


Keywords


learners, codular, SPOK

Full Text:

PDF

References


Afifah, F. N., Wafa, N., Nurzakiah, S. A., Alamsyah, B. A., & Utomo, A. P. Y. (2023). Analisis Sintaksis pada Teks Eksplanasi dalam Buku Pelajaran PJOK Kelas 12 Kurikulum Merdeka. Jurnal Analis, 2(2), 171-181.https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.839.

A Hi Djuredje, R., Hermanto, dan Himawan, R. (2022). Pengembangan Media Berbasis Aplikasi Kodular dalam Pembelajaran Teks Persuasi di SMP Kelas VIII. GERAM: Gerakan Aktif Menulis. 10(2). 32-41. https://doi.org/10.25299/geram.2022.vol10(2).10602.

Alda, M. (2022). Sistem Informasi Penjualan Online Berbasis Mobile pada Supermarket Kasimura. Jurnal Processor, 17(1), 34.https://doi.org/10.33998/processor.2022.17.1.1190.

Deniyati, N. (2017). Manajemen Rekrutmen Peserta Didik. Jurnal Isema Islamic Educational Management. 2(2). 33-39. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/isema/article/view/5000/2781.

Ekawati, S., & Basri, F. (2022). Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Kodular. Abdimas Langkanae, 2(2), 216-222.https://doi.org/10.53769/jpm.v2i2.183.

Febriyanto, B., Patimah, D. S., Rahayu, A. P., & Masitoh, E. I. (2020). Pendidikan karakter dan nilai kedisiplinan peserta didik di sekolah. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 75-81. https://dx.doi.org/10.31949/jee.v3i1.2107.

Herlianus, H., & Gunadi, G. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Organ Gerak Hewan dan Manusia Berbasis Android Menggunakan Kodular. Informatik: Jurnal Ilmu Komputer, 18(1), 88-96.https://doi.org/10.52958/iftk.v17i4.4605.

Ikhwan, A., Nugraha, R. K., Syahnur, E. A., & Ridho, R. (2023). Perancangan Aplikasi Penilaian Kinerja Driver Menggunakan Kodular Di Pt Perkebunan Nusantara Iii (Persero) Berbasis Mobile. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 7(2), 364-374. https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JOISIE/article/download/4001/1379.

Janawi, J. (2019). Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 68-79.https://doi.org/10.32923/tarbawy.v6i2.1236.

Kholifah, U., & Imansari, N. (2022). Pelatihan membangun aplikasi mobile menggunakan kodular untuk siswa smpn 1 selorejo. Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 4(1). 549-553. http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i1.7259.

Kristina, M., Sari, R. N., & Puastuti, D. (2021). Implementasi Kurikulum Sekolah Alam dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik di Sekolah Alam Al Karim Lampung. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 347. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i2.24376.

Mahajani, T., Subendra, Ekowati, A., Talita, S., dan Hilal, R. (2021). Sintaksis Bahasa Indonesia. Bogor: CV. Lindan Bestari.

Muhasim. (2017). Pengaruh Tehnologi Digital, Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Pallapa: Jurnal Study Keislaman dan Ilmu Pendidikan. 5(2). 55-77. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/palapa/article/download/46/32.

Muliana, H., & Dahlan, M. (2021). Struktur Fungsional pada Pribahasa Indonsia Tinjauan Sintaksis. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 7(2), 574-589. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1339.

Nagara, S. B., Oetari, D., Zelika, A., dan Sutabri, T. (2023). Penerapan Metode SDLC (System Development Life Cycle) Waterfall pada Perancangan Aplikasi Belanja Online Berbasis Android pada CV Widi Agro. IMTECOMS: Jurnal of Information Technology and Computer Science. 6(2). 1202-1210. https://doi.org/10.31539/intecoms.v6i2.8244.

Perdana, N. S. (2018). Implementasi peranan ekosistem pendidikan dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2358.

Purnama, C. W., Annas, F., Musril, A. H., dan Darmawati, G. (2023). Perancangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Android Menggunakan Kodular Kelas X di SMAN 1 IV Koto. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika). 7(2). 1304-1311. https://doi.org/10.36040/jati.v7i2.7246.

Rahmadan, A. L., Zakir, S., Efriyanti, L., dan Supriadi, S. (2023). Perancangan Media Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Android Menggunakan Kodular pada Kelas XII MAN 1 AGAM. JATI: Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika. 7(3). 1932-1938. https://doi.org/10.36040/jati.v7i3.7728.

Ramli, M. (2015). Hakikat pendidik dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1). 61-85https://doi.org/10.18592/jtipai.v5i1.1825.

Sarita, V. R., Jati, S. S. P., & Ayundasari, L. (2021). Pengembangan bahan ajar E-handout berbasis Kodular materi Istana Gebang untuk pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Blitar. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(12), 1265-1276. https://doi.org/10.17977/um063v1i12p1265-1276.

Sasangka, S. S. T. W. (2016). Problematika Bahasa Perundang-undangan. Kajian, 16(4), 627-654. http://dx.doi.org/10.22212/kajian.v16i4.538.

Satriani, N., Ani, H. M., & Mardiyana, L. O. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi Berbasis Android Dengan Platform Kodular Pada Materi Pengantar Ilmu Ekonomi Untuk Siswa Kelas X di SMAN Balung Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 11(2), 122-130.https://doi.org/10.26740/jupe.v11n2.p122-130.

Setiawan, J., Budiasningrum, R. S., & Efendi, A. S. (2024). Kajian Terhadap Unsur Kalimat Subjek, Objek, Predikat, dan Keterangan. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(6), 267-274. https://doi.org/10.61722/jmia.v1i6.2976.

Sinaga, D. P., Tampubolon, M. B., Harahap, N. H., Siahaan, R. A. E., Silalahi, M. M. R., Rakasiwi, R., ... & Siahaan, R. Y. K. P. (2024). Pelatihan Menulis Kalimat Sederhana Berpola SPOK Dalam Bahasa Inggris di SD Negeri 134408 Tanjung Balai Utara. Jurnal ABDIMAS Maduma, 3(2), 20-27.https://doi.org/10.52622/jam.v3i2.291.

Sugiarti, R., & Budiyono, S. C. (2018). Fungsi, Kategori dan Peran Sintaksis pada Cerita Pendek dalam Koran Jawa Pos Bulan Juli 2016. Jurnal Ilmiah Buana Bastra: Bahasa, Susastra, dan Pengajaranya, 5(1), 54-60.https://doi.org/10.36456/bastra.vol5.no1.a3582.

Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis problema pembelajaran daring terhadap pendidikan karakter peserta didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165-173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251.

Taufik, A. (2019). Analisis karakteristik peserta didik. El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 16(01), 1-13.https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v16i01.71.

Verawati, E., & Wibisono, B. (2014). Ciri-ciri Bahasa Running Text Pada Kabar Pagi Di Channel Tvone (the Language Style of Running Text in Kabar Pagi on Tvone Channel). Publika Budaya, 2(3), 41-51. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PB/article/view/1527.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.