Upaya Mengembangkan Kemampuan Menyimak Kritis pada Mahasiswa dalam Era Teknologi Informasi
Abstract
abstrak—Menyimak kritis memiliki peran penting dalam dunia Pendidikan. Menyimak kritis pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui upaya mengembangkan kemampuan menyimak kritis pada mahasiswa dalam era teknologi informasi. Metode penelitian ini menggunakan metode SLR. Data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari buku dan jurnal yang terbit secara nasional. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat. Teknik validasi data dengan menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian bahwa terdapat 1) Pelatihan Pemikiran Kritis dan Argumentasi, 2) Mendorong Diskusi dan Debat Terbuka, 3) Melatih Keterampilan Mengajukan Pertanyaan yang Kritis, dan 4) Menggunakan Teknologi untuk Simulasi dan Permainan Peran yang dapat dilakukan sebagai upaya mengembangkan kemampuan menyimak kritis pada mahasiswa dalam era teknologi informasi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat 4 upaya yang dapat digunakan sebagai pengembangsan kemampuan menyimak kritis pada mahasiswa dalam era teknologi informasi.
Kata kunci—Menyimak Kritis, Mahasiswa, Teknologi Informasi
Abstract—Critical listening has an important role in the world of education. Critical listening in this study aims to determine efforts to develop critical listening skills in students in the era of information technology. This research method uses the SLR method. The data in this study used secondary data taken from books and journals published nationally. The data collection technique uses the method of listening and recording. Data validation techniques using data triangulation techniques. The results showed that there were 1) Critical Thinking and Argumentation Training, 2) Encouraging Open Discussion and Debate, 3) Training Critical Questioning Skills, and 4) Using Technology for Simulation and Role Play that can be done as an effort to develop critical listening skills in students in the era of information technology. The conclusion of this study is that there are 4 efforts that can be used as developing critical listening skills in students in the era of information technology.
Keywords—Critical Listening, Students, Information Technology
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, M., & Pamungkas, S. (2020). Permainan peran dan penggunaan teknologi pada proses pembelajaran mahasiswa program studi akuntansi. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 2(2).https://doi.org/10.20885/rpi.vol2.iss2.art3
Azhariadi, A., Desmaniar, I., & Geni, Z. L. (2019). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di daerah terpencil. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Aziz, A. (2012). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pengembangan bisnis pos. Buletin Pos dan Telekomunikasi, 10(1), 35-50.https://doi.org/10.17933/bpostel.2012.100104
Azminah, S. N. (2018). Meningkatkan kemampuan menyimak melalui metode bercerita pada anak kelompok A di TK siti khodijah pucuk Lamongan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 1-9.https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i1.3686.
Fauziah, H. H. (2015). Fakor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa fakultas psikologi UIN sunan gunung djati Bandung. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 123-132.https://doi.org/10.15575/psy.v2i2.453
Gereda, A. (2020). Keterampilan bahasa Indonesia. Tasikmalaya: Edu Publisher
Harahap, E. P., & Yusra, H. . (2022). Implementasi pembelajaran case method melalui observasi-investigasi sebagai pengembangan bahan ajar dialogika di forum kelas. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 4(1), 26-34.https://doi.org/10.34012/jbip.v4i1.2164
Hastuti, D., Dewintari, P., syaharuddin, A. Z., Syafaat, M., Zakiyabarsi, F., Muchtar, M., Kuntarto, G. P., Gunawan, P. W., & Pradnyana, I. M. A. (2024). Buku ajar pengantar teknologi informasi. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia
Karim, A., Bangun, B., Purnama, I., Harahap, S. Z., Irmayani, D., Nasution, M., & Munthe, I. R. (2020). Pengantar teknologi informasi. Yayasan Labuhanbatu Berbagi Gemilang.
Kasemin, K. (2015). Agresi perkembangan teknologi informasi sebuah bunga rampai hasil pengkajian dan perkembangan penelitian tentang perkembangan teknologi informasi. Jakarta: Prenadamedia group.
Kautsar, M. K. A., & Sutabri, T. (2024). Analisis pemahaman mahasiswa dalam menghadapi tantangan dan strategi untuk perkembangan teknologi. IJM: Jurnal Multidisiplin Indonesia , 2(3), 115–121. Diperoleh darihttps://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/view/716.
Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi media digital mahasiswa universitas muhammadiyah bengkulu. Jurnal komunikator, 8(2), 51-66.
Manurung, M. M., & Rahmadi, R. (2017). Identifikasi faktor-faktor pembentukan karakter mahasiswa. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 1(1), 41-46.
Martaulina, S.D. (2018). Bahasa Indonesia terapan. Yogyakarta: Deepublish.
Nastiti, R., & Hayati, N. (2020). Pembelajaran daring pada pendidikan tinggi tantangan bagi mahasiswa dan dosen di tengah landemi. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3), 378 - 390.https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.145.
Pardede, F. P. (2022). Pendidikan karakter perguruan tinggi Islam berbasis multikultural. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 353-364.https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2127
Rachmadi, T. (2020). Pengantar Teknologi Informasi. Bandar lampung: Tiga Ebook.
Ramli, M. (2012). Etika dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Epsilon: jurnal pendidikan fisika, 2(3).
Riyanti, A., Hersusini., Hidayati, N., Soulisa, I., Rosfiani, O., Khadijah, I., Wahyuni, R. S., Rahmawati, Y., Musyawir., Chadijah, S., Sutisnawati, A., Fatma. Ihsan, M. (2022). Strategi pembelajaran bahasa Indonesia. (n.d.). Bandung: Penerbit Widina
Rusmini, R., Agustini, R., Nasrudin, H., Muchlis, M., Dwiningsih, K., & Hidayah, R. (2024). Pelatihan penyusunan soal berbasis argumentasi bagi guru kimia di kabupaten gresik. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 200-205. https://doi.org/10.26740/abdi.v9i2.28686 .
Sanjaya, W. E., & Ratnasari, E. (2021). Profil dan pelayakan teoretis LKPD “sistem pencernaan” berbasis problem based learning untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 403-411.https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p403-411
Saragih, R. M., & Fimansyah, W. (2023). Persepsi mahasiswa tentang globalisasi sebagai tantangan untuk identitas nasional. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian , 1(1), 95-102.https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/30202.
Sorraya, A., & Anas, Y. (2021). Menyimak apresiatif. Malang: Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Suryadi, S. (2015). Peranan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran dan perkembangan dunia pendidikan. Informatika, 3(3), 133-143.https://doi.org/10.36987/informatika.v3i3.219
Syafruddin, S. (2017). Implementasi metode diskusi terhadap peningkatan hasil belajar siswa. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1).
Syah, R., Darmawan, D., & Purnawan, A. (2019). Analisis faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi digital. Jurnal Akrab, 10(2), 60-69.
Syaiful, A. (2023). Peran mahasiswa sebagai agen perubahan di masyarakat. Journal of Instructional and Development Researches, 3(1), 29-34.
Wibowo, R. W., & Nurjanah, A. S. (2021). Aktualisasi Moderasi Beragama Abad 21 Melalui Media Sosial. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 55-62.http://dx.doi.org/10.24014/jiik.v11i2.13870.
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61-78.https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.