Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Intensif Berita Berita tentang Bullying
Abstract
abstrak—Menyimak intensif memiliki peran penting dalam kasus bulliying pada media sosial.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami peran media sosial dalam meningkatkan menyimak intensif berita-berita tentang bullying secara fokus.Metode yang digunakan adalah metode SLR yang menggunakan data sekunder dan teknik penelitian berupa teknik mendengarkan, membaca dan mencari Saat ini verifikasi jenis ini menggunakan teknik triangulasi Hasil dari penelitian ini adalah1)Meningkatkan Akses terhadap Beragam Sumber Informasi.2)Mendorong Kesadaran dan Kepekaan terhadap Isu Bullying 3)Melatih Kemampuan Menyimak Aktif melalui Interaksi Digital.4)Mengasah Kemampuan Menganalisis Berita.5)Memotivasi Diskusi dan Refleksi tentang Bullying.
Kata kunci—Menyimak intensif, media sosial, berita bullying.
Abstract—Intensive listening has an important role in cases of bullying on social media.The aim of this research is to understand the role of social media in increasing focused listening to news about bullying.The method used is the SLR method which uses secondary data and research techniques in the form of listening techniques,reading and searching Currently this type of verification uses triangulation techniques.The results of this research are 1)Increasing access to various sources of information.2)Encouraging awareness and sensitivity to bullying issues .3)Training listening skills Active through Digital Interaction 4)Sharpen News Analyzing Skills 5)Motivate Discussion and Reflection about Bullying.
Keywords—Intensive listening, social media, bullying news.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, N. (2021). Analisis perilaku bullying antar siswa terhadap pembentukan karakter siswa di SDN Sangir Kecamatan Wajo Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan ..., November, 150–173.http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1062%0Ahttp://ej urnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/viewFile/1062/759
Apsari, F. (2013). Hubungan antara Harga Diri dan Iklim Sekolah dengan Kecenderungan Perilaku Bullying pada Remaja. Jurnal Penelitian Humaniora, 14(1)
Budiman Arief dan Asriyadi Fitroh. (2021). Perilaku bullying pada remaja dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.CV. Pena Persada. Hal.1-67 Damayanti, IL (2014).
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Elektronik Universitas Tulungagung, 140-157.
Carr, C. T., & Hayes, R. A. (2015). Social Media: Defining, Developing, and Divining. Atlantic Journal of Communication, 23(1), 46–65.https://doi.org/10.1080/15456870.2015.972282
Faizah, F., & Amna, Z. (2017). Bullying dan Kesehatan Mental Pada Remaja SMA di Banda Aceh. International Jurnal of Child and Gender Studies, 3(1), 77
Faizi, R., El Afia, A., & Chiheb, R. (2013). Exploring the Potential Benefits of Using Social Media in Education. International Journal of Engineering Pedagogy (IJEP), 3(4), 50. https://doi.org/10.3991/ijep.v3i4.2836
Figueira, Á., & Oliveira, L. (2017). The current state of fake news: Challenges and opportunities. Procedia Computer Science, 121, 817–825. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.11.10 6.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
https://doi.org/10.1542/peds.2011-0054
Jatiyasa, I. wayan. (2012). Pengajaran Keterampilan Menyimak Di Sekolah Dasar. Jurnal Lampuhyang Lembaga Penjaminan Mutu.
Machfudz, I. (2009). Efektivitas penggunaan teknik diskusi, tugas, dan ceramah pada pengajaran menyimak intensif siswa kelas II SMU Negeri 8 Malang. Bahasa dan Seni, 32(1). 2-4. https://sastra.um.ac.id/wp-content/uploads/2009/10/Efektivitas-Penggunaan-Teknik-Diskusi-Tugas-dan- Ceramah-pada-Pengajaran-Menyimak-Intensif-Siswa-Kelas-II-SMU-Negeri-8- Malang.
Mana, L. (2017). Pengembangan RPKPS dan SAP menyimak berbasis pendekatan contekstual teaching and learning (CTL). Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 84-100.https://doi.org/10.22202/jg.2016.v2i2.986.
Masdin. (2013). Fenomena Bullying Dalam Pendidikan. Jurnal Al-Ta’dib Vol. 6 No. 2, 73–83.
Mendelson, David. J dan Joan Rubin. 1995. A Guide for the Teaching of Second Languge Listening. California: Dominie Press, Inc.
Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Nurhayani, I. (2010). Pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 54-59. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v4i1.36.
Nusantara, A. (2008). Bullying: Mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan. Jakarta: PT. Grasindo.
O'Keeffe, G. S., Clarke-Pearson, K., Mulligan, D. A., Altmann, T. R., Brown, A., Christakis, D. A., Falik, H. L., Hill, D. L., Hogan, M. J., Levine, A. E., & Nelson, K. G. (2011). Clinical report - The impact of social media on children, adolescents, and families. Pediatrics, 127(4), 800-804.
Parani, R., Pramesuari, A., Maldiva, D. M., & Felicia, E. (2018). Mempertanyakan Kembali Bhinneka Tunggal Ika Di Era Post Truth Melalui Media Sosial. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 152. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i2.953
Puntoadi, Danis. 2011. Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Setiawati, L. (2014). Hakikat Menyimak. Modul Universitas Terbuka.
Tarigan, H.G (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa
Trimardhani, V., Rachmawati, D., & Yulma, Y. (2021). Strategi Komunikasi Persuasi untuk Pencegahan Aksi Bullying di SMP Negeri 85 Jakarta. Warta ISKI, 4(1). https://doi.org/10.25008/wartaiski.v4i1.102
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Wibowo, M. A. (2016). Penerapan strategi directed listening thinking approach (DLTA) dalam pembelajaran keterampilan menyimak pada siswa sekolah dasar. Jurnal ilmiah guru caraka olah pikir edukatif, 20(1).https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i1.10793.
Widiyarto, S., Hamonangan, R. H., Damayanti, N., Sutina, S., & Widiarto, T. (2022). Kesantunan Bersosial Media Dan Gawai Pada Siswa SMP. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(2), 189-194.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.