Peran Menyimak Kritis dalam Memahami Mata Kuliah Keterampilan Menyimak di Kalangan Mahasiswa
Abstract
abstrak—Menyimak kritis memiliki peran penting dalam pembelajaran terhadap peningkatan prestasi akademik di kalangan mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini ingin mengembangkan kemampuan menyimak ekstensif di kalangan mahasiswa. Metode di dalam penelitian ini menggunakan metode SLR. Data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dalam bentuk kata, frasa, atau klausa yang diambil dari jurnal dan buku secara nasional. teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat sedangkan teknik validasi menggunakan triangulasi teori. Hasil penelitian bahwa terdapat 1) meningkatkan kemampuan pemahaman, 2) mengasah keterampilan memecahkan masalah dan 3) meningkatkan kemampuan mengelola konflik atau perbedaan pendapat. Simpulan di dalam penelitian ini bahwa terdapat 3 peran yang dapat dilakukan dalam menyimak kritis untuk meningkatkan prestasi akademik di kalangan mahasiswa.
Kata kunci—Menyimak kritis, Keterampilan menyimak, Kalangan mahasiswa
Abstract—Critical listening has an important role in learning to improve academic achievement among students. The aim of this research is to develop extensive listening skills among students. The method in this research uses the SLR method. The data in this research uses secondary data in the form of words, phrases or clauses taken from national journals and books. Data collection techniques use listening and note-taking techniques, while validation techniques use theoretical triangulation. The research results show that there are 1) increasing understanding abilities, 2) honing problem solving skills and 3) increasing the ability to manage conflict or differences of opinion. The conclusion in this research is that there are 3 possible roles
Keywords—Critical listening, Listening skills, Student circles
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, V. (2019). Stimulasi keterampilan menyimak terhadap Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 30-44. https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3170.
Aryani, S., & Rodiyana, R. (2021). Media Audio Visual untuk keterampilan menyimak siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3(3), 266-270. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/605.
Azizan, Y. R., & Roekhan, R. (2024). Strategi konsentratif dalam pembelajaran menyimak beragam wacana lisan berbasis design thinking. Bandung, Indonesia: Kaizen Media Publishing.
Bintang Mahrani Abdullah, Miftahul Jannah, Yunita Azhari, & Juni Sahla Nasution. (2024). Konsep Media Pembelajaran Menyimak di Kelas Tinggi. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 3(2), 119–126. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i2.1505.
Ebtanastiti, D. F. (2014). Survei pilihan karir mahasiswa fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Bk Unesa, 4(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/8836.
Gafur, H. (2015). Mahasiswa dan dinamika dunia kampus. Bandung. Indonesia: CV Rasi terbit.
Gereda, A., & Pratiwi, A. S. (2020). Keterampilan berbahasa Indonesia: Menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Indonesia: Edu Publisher.
Hakim, M. N. (2018). Penerapan media audiovisual dalam meningkatkan keterampilan menyimak dongeng Siswa Kelas III MIS Darul Ulum Muhammadiyah Bulukumba. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 1(2), 189-204. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.79.
Hasriani, H. (2023). Terampil menyimak. Bandung, Indonesia: Indonesia Emas Group.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran keterampilan menyimak di sekolah dasar. Lampuhyang, 3(2), 57-67. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v3i2.132.
La'ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematik siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463-474. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/522.
Manurung, M. M., & Rahmadi, R. (2017). Identifikasi faktor-faktor pembentukan karakter mahasiswa. JAS-PT Jurnal analisis sistem pendidikan tinggi Indonesia, 1(1), 41-46. https://www.researchgate.net/profile/Monica-Manurung-zhongxintong/publication/333930164_Identifikasi_Faktor-Faktor_Pembentukan_Karakter_Mahasiswa/links/5d0cf82a299bf1547c71ed3b/Identifikasi-Faktor-Faktor-Pembentukan-Karakter-Mahasiswa.pdf.
Maro, Y., Tang, S., & Sabu, J. M. (2023). Analisis pengaruh literasi keuangan, karakteristik mahasiswa dan lingkungan kampus terhadap manajemen keuangan pribadi mahasiswa. Jurnal ilmiah wahana pendidikan, 9(1), 722-734. https://doi.org/10.5281/zenodo.7639459.
Maruti, E. S. (2016). Pembelajaran bahasa Jawa di sekolah dasar. Magetan, Indonesia: CV. AE Media Grafika.
Mukminin, M. S., Wulandari, N. W. N., Pratekawati, P. S. ., Noveintine, D. K. ., & Sari, Y. T. . (2024). Analisis Wacana Tekstual dan Kontekstual Pada Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam Sidang MPR RI 2024. Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(2), 101–116. https://doi.org/10.30762/narasi.v2i2.3636.
Pardede, F. P. (2022). Pendidikan karakter perguruan tinggi Islam berbasis multikultural. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 353-364. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2127.
Pratiwi, C. P. (2016). Penggunaan Model Cooperative Script Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa Kelas V SDN Bulak 1 Bendo Magetan. Jurnal Metamorfosa, 4(1), 82-92. https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/146.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Rahmatullah, R., Ilyas, M., & Suljic, A. (2024). STRATEGI PENGELOLAAN KONFLIK DALAM KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PERSPEKTIF ISLAM. Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 192-204. https://ejournal.staimaalhikam.ac.id/mpi/article/view/2328.
Riyanti, A., Hersusini, H., Hidayati, N., Soulisa, I., Rosfiani, O., Khadijah, I., Wahyuni, R. S., Rahmawati, Y., Musyawir, M., Chadijah, S., Sutisnawati, A., Fatma, F., & Ihsan, M.(2022). Strategi pembelajaran bahasa Indonesia. Bandung, Indonesia: Widina Bhakti Persada Bandung.
Rosida, S., & Bangun, M. P. (2021). Penerapan Media Kidoodle dalam meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 32-39. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v7i2.85.
Sanulita, H., Lestari, S. A., Syarmila, S., Yustina, I., Atika, A., Nurillah, S., Iqbal, M., Elofhia, L., Annisa, A. (2024). Keterampilan berbahasa reseptif: Teori dan pengajarannya. Indonesia: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Simanjuntak, M. (2023). Peta distribusi mata kuliah panduan mahasiswa pendidikan Agama Kristen. Cirebon. Indonesia: CV Green Publisher Indonesia.
Sorraya, A., & Anas, Y. (2019). Menyimak apresiatif. Malang: Media Nusa Creative Publishing (MNC Publishing).
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Wahyono, T., Mashar, R., & Rahmawati, I. Y. (2021). Kegemaran menyimak Channel kisah Islami berdampak positif pada peningkatan keterampilan berbicara anak usia dini. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 91-99. http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v9i2.4043.
Wibowo, M. A. (2016). Penerapan strategi directed listening thinking approach (DLTA) dalam pembelajaran keterampilan menyimak pada siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1), 50-58. https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i1.10793.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.