Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pemahaman Materi Mengulas Karya Fiksi

Fitri Miftahul Huda, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Pembelajaran Bahasa Indonesia pada bab mengulas karya fiksi merupakan bagian penting untuk dipelajari siswa dalam menganlisis unsur-unsur intrinsik karya fiksi. Materi tersebut juga melatih siswa untuk belajar berpikir kritis dan belajar untuk mengembangkan imajinasi mereka. Untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap materi tersebut perlu dilakukan tes pemahaman dengan instrument tes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif lalu data yang didapatkan dari angket dan tes siswa yang berupa skor. Penelitian ini menguji validasi instrument tes, reliabilitas instrumen tes, dan Tingkat kesukaran instrumen tes. Tujuan dilakukan uji tersebut untuk membuktikan bahwa soal layak untuk diuji cobakan pad siswa kelas VIII.
Kata kunci Validitas, Reliabilitas, instrument Penelitian.

Abstract— Learning Indonesian in the chapter reviewing works of fiction is an important part for students to learn in analyzing the intrinsic elements of works of fiction. This material also trains students to learn to think critically and learn to develop their imagination. To find out students' understanding of the material, it is necessary to carry out an understanding test with a test instrument. This research uses quantitative research methods and data obtained from questionnaires and student tests in the form of scores. This research examines the validation of the test instrument, the reliability of the test instrument, and the level of difficulty of the test instrument. The purpose of this test is to prove that the questions are suitable for testing on class VIII students.
Keywords—Validity, Reliability, Research Instrument.

Keywords


Validity, Reliability, Research Instrument

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Fitriyana, N., & Ulfaida, N. (2024). Design and validity of local-wisdom-based reading apps using Adobe Animate CC 2022. International Journal of Information and Education Technology, 14(1), 1-11. https://www.ijiet.org/show-199-2634-1.html.

Hasanudin, C., Subyantoro, Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2023). Learning materials and their prototypes for academic writing skills: the needs of indonesian lecturers in the post-COVID-19 era. European Journal of Educational Research, 12(1), 435-453. https://doi.org/10.12973/eu-jer.12.1.435.

Magdalena, I., Fauziah, SN, Faziah, SN, & Nupus, FS (2021). Analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan kesesuaian soal ujian akhir tema 7 kelas III SDN Karet 1 Sepatan. Reatrived from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/1291.

Nurgiyantoro, B. (2010). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurhadi. (2004). Pembelajaran kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Purwanto, N. (2012). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudijono, Anas. (2013). Pengantar evaluasi pendidikan. Bandung: Alfa Beta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suherli, dkk. (2017). Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs. Jakarta: Kemendikbud.

Tarigan, H. G. (2009). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. G. (2013). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.