Peran Pendidikan Pancasila dalam Membangun Sikap Toleransi dan Integritas

Wulan Eka Febriana, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Pendidikan Pancasila dapat dimaknai sebagai suatu proses pembelajaran yang bertujuan untuk membangun individu menjadi warga negara yang memiliki wawasan, kemampuan dan nilai-nilai moral yang mendukung keterlibatan aktif dalam kemasyarakatan. tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui peran pendidikan Pancasila dalam membangun sikap Toleransi dan Integritas. Metode di dalam penelitian ini menggunakan metode SLR. data dalam penelitian ini termasuk data sekunder yang berbentuk frasa, klausa dan kalimat yang diambil dari buku dan jurnal nasional. Teknik pengumpulan data dengan metode simak dan catat. Data analisis dengan teknik triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peran 1) Menginternalisasi nilai-nilai Pancasila, 2) Membangun sikap toleransi, dan 3) Membangun sikap integritas yang dilakukan oleh peran pendidikan Pancasila dalam membangun sikap toleransi dan integritas. Simpulan penelitian ini adalah terdapat tiga peran pendidikan Pancasila yang dilakukan untuk menumbuhkan sikap positif dan memperkuat karakter individu.

Kata kunci—Pendidikan Pancasila, Toleransi, Integritas

 

Abstract— Pancasila education can be interpreted as a learning process that aims to build individuals into citizens who have insights, abilities and moral values that support active involvement in society. the purpose of this study is to determine the role of Pancasila education in building attitudes of Tolerance and Integrity. The data in this study include secondary data in the form of phrases, clauses and sentences taken from books and national journals. Data collection techniques with the method of listening and noting. Data analysis using theoretical triangulation techniques. The results showed that there is a role of 1) Internalizing the values of Pancasila, 2) Building an attitude of tolerance, and 3) Building an attitude of integrity carried out by the role of Pancasila education in building an attitude of tolerance and integrity. The conclusion of this study is that there are three roles of Pancasila education carried out to foster positive attitudes and strengthen individual character.

Keywords—Pancasila Education, Tolerance, Integrity


Keywords


Pancasila Education, Tolerance, Integrity

Full Text:

PDF

References


Adhivinna, V. V., & Aprilia, I. (2021). Personal culture dan integritas, mana yang lebih penting untuk mengurangi kecurangan akuntansi?. Journal of Business and Information Systems (e-ISSN: 2685-2543), 3(1), 23-33.https://doi.org/10.36067/jbis.v3i1.89.

Anggraeni, M., Febriyani, S. A., Wahyuningsih, Y., & Rustini, T. (2022). Pengembangan sikap toleransi siswa sekolah dasar pada keberagaman di Indonesia. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 7(1), 16-24.http://doi.org/10.22437/gentala.v7i1.16601.

Apriastuti, N. N. A. A. (2019). Bentuk, fungsi, dan jenis tindak tutur dalam komunikasi siswa di kelas IX Unggulan SMP PGRI 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 8(1), 48-58. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/2989.

Asril, A., Jaenam, J., Syahrizal, S., Armalena, A., & Yuherman, Y. (2023). Peningkatan nilai-nilai demokrasi dan nasionalisme pada mahasiswa melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1300-1309.https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25109.

Aufarel, B., & Prasetyo, W. H. (2023). Peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam menanggulangi perilaku kenakalan remaja di SMP Negeri 2 Teras Boyolali. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 8(1), 1-6.http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v8i1.2634.

Batula, A. W., Wulandari, A., Febrianti, B. N., Rachmawaty, S. S., & Parhan, M. (2023). Konsep toleransi dalam sudut pandang Ormas Aswaja dan implikasinya terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 4(3), 18-29.https://doi.org/10.59059/tarim.v4i3.153.

Budiman, A. (2020). Penguatan sikap integritas melalui pelatihan dasar calon pegawai negeri sipil. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 3(2), 275.http://dx.doi.org/10.33578/jta.v3i2.275-282.

Djafar, H., & Sikki, F. (2024). Pengaruh penerapan metode simak terka terhadap hasil belajar bahasa Indonesia materi teks deskripsi peserta didik kelas II SDN No. 125 Inpres Bulukunyi Kab. Takalar. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 133-143. https://doi.org/10.24252/edu.v3i2.39592.

Fadli, W. L. (2012). Kesantunan tuturan imperatif dalam komunikasi antara penjual handphone dengan pembeli di Matahari Singosaren. (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta).https://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21232.

Gea, A. A. (2006). Integritas diri: Keunggulan pribadi tangguh. Character building journal, 3(1), 16-26.https://core.ac.uk/download/pdf/11517563.pdf.

Ginting, R., & Aryaningrum, K. (2009). Toleransi dalam masyarakat plural. Majalah Lontar, 23(4).https://doi.org/10.26877/ltr.v23i4.665.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 1(2), 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Khalqi, K. (2019). Nilai-nilai utama karakter spiritual keagamaan dan integritas dalam kisah Al-Qur’an. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 10(2), 160-177. https://ejournal.uas.ac.id/index.php/falasifa/article/download/204/183.

Khozin, K., Haris, A., & Asrori, A. (2021). Pengembangan integrasi kurikulum. Tadarus, 10(1).https://doi.org/10.30651/td.v10i1.9090.

Mihit, Y. (2023). Dinamika dan tantangan dalam pendidikan Pancasila di era globalisasi: Tinjauan literatur. Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 2(1), 357-366.https://doi.org/10.21831/pep.v26i1.45144.

Mu'afida, M. N., & Rondli, W. S. (2024). Analisis penerapan model pembelajaran project based learning pada materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di sekolah Dasar. JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 23(3), 428-437. https://doi.org/10.29138/lentera.v23i3.1475.

Mubarak, A., M., A. (2023). Implementasi konseling lintas agama dan budaya dalam mewujudkan toleransi beragama. Konseling AS SYAMIL: Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Islam , 3 (1), 39 - 50.https://doi.org/10.24260/as-syamil.v3i1.1181.

Muktapa, M. I. (2021). Integritas ilmu pengetahuan dan penerapannya dalam aspek kehidupan. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 3(1), 21-28.https://doi.org/10.52005/belaindika.v3i1.33.

Muspiroh, N. (2013). Integrasi nilai Islam dalam pembelajaran IPA (perspektif pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Islam, 28(3), 484-498.https://core.ac.uk/download/pdf/270175177.pdf.

Nur, R. A. P., Truvadi, L. A., Agustina, R. T., & Salam, I. F. B. (2023). Peran pendidikan Pancasila dalam membentuk karakter bangsa Indonesia: Tinjauan dan implikasi. ADVANCES in Social Humanities Research, 1(4), 501-510.https://doi.org/10.46799/adv.v1i4.54.

Oktavia, W. (2019). Tindak tutur perlokusi dalam album lirik lagu Iwan Fals: Relevansinya terhadap pembentukan karakter. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra, 15(1), 1-10.https://doi.org/10.15294/lingua.v15i1.14397.

Pakpahan, G.K., Salman, I., Setyobekti, A.B., Sumual, I.S., & Christi, A.M. (2021). Internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam upaya mencegah radikalisme. KURIOS , 7 (2), 435–445.https://doi.org/10.30995/kur.v7i2.351.

Purwaningsih, E. (2015). Mengembangkan sikap toleransi dan kebersamaan di kalangan siswa. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(2).https://doi.org/10.26418/jvip.v7i2.17156.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 1(2), 1552-1561. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Sesilia, E., Nadana, M.S., Azzahra, D.D., Hudi, I., Pangestika, M.D., Nisak, N., Nabila, S., & Jibril, F. (2024). Peran pendidikan Pancasila di era globalisasi dalam pembentukan karakter mahasiswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2012–2016.https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25616.

Siby, L. R. (2022). Pembentukan integritas pelayan tuhan melalui pendidikan karakter Kristen. HUPERETES: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3, 101-15. 10.46817/huperetes.v3i2.95.

Sudirman, L., Kwek, K., Astuty, D., Risandi, K., Arifin, S., & Chanrico, W. (2021). Sikap toleransi antar budaya di Indonesia. In National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 1(2). 667-675.https://doi.org/10.37253/nacospro.v3i1.6003.

Suharyanto, A. (2013). Peranan pendidikan kewarganegaraan dalam membina sikap toleransi antar siswa. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 2(1), 192-203. https://www.academia.edu/download/81414017/403.pdf.

Sulaiman, A. (2015). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. CV Arfino Raya.https://asepsulaemantea.wordpress.com/wp-content/uploads/2017/02/buku-ppkn.pdf.

Suryadilaga, M. A. (2021). Mengajarkan rasa toleransi beragama pada anak usia dini dalam persepektif hadis. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 110-118.http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i1.12538.

Susanto, E. F., & Kumala, A. (2019). Sikap toleransi antaretnis. Tazkiya Journal of Psychology, 7(2), 105-111.http://dx.doi.org/10.15408/tazkiya.v7i2.13462.

Suwito, A. (2014). Membangun integritas bangsa di kalangan pemuda untuk menangkal radikalisme. CIVIS: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2).https://doi.org/10.26877/civis.v4i2.610.

Tuhuteru, L., Supit, D., Mulyadi, M., Abdurahman, A., & Assabana, M. (2023). Urgensi penguatan nilai integritas dalam pendidikan karakter siswa. Jurnal Pendidikan, 5(3), 9768-9775. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/1795.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Yassa, S. (2018). Pendidikan Pancasila ditinjau dari perspektif filsafat (aksiologi). Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(1), 1. https://core.ac.uk/download/pdf/295346978.pdf.

Zulyadain, Z. (2018). Penanaman nilai-nilai toleransi beragama pada pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI). Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 10(1), 123-149.https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v10i1.146.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.