Peran Video Animasi dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Sekunder pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
abstrak—Video animasi memiliki peran penting dalam meningkatkan keterampilan menyimak sekunder siswa. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui peran video animasi dalam meningkatkan keterampilan menyimak sekunder pada siswa sekolah dasar. Metode di dalam penelitian ini menggunakan metode SLR. Data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dalam bentuk kata, frasa, atau klausa yang diambil dari jurnal dan buku secara nasional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat, sedangkan teknik validasi menggunakan triangulasi teori. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Mempermudah siswa dalam memahami materi 2) Membuat penyajian materi belajar lebih kreatif dan menarik 3) Meningkatkan konsentrasi siswa 4) Menjadikan proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan interaktif 5) Memberikan pengalaman belajar multisensori. Simpulan di dalam penelitian ini bahwa terdapat 5 peran video animasi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menyimak sekunder pada siswa sekolah dasar.
Kata kunci—menyimak sekunder, siswa sekolah dasar, video animasi
abstract— Animated videos have an important role in improving students' secondary listening skills. The purpose of this study is to determine the role of animated videos in improving secondary listening skills in elementary school students. The method in this study uses the SLR method. The data in this study used secondary data in the form of words, phrases, or clauses taken from journals and books nationally. The data collection technique uses listening and note-taking techniques, while the validation technique uses theoretical triangulation. The results of this study are 1) Make it easier for students to understand the material 2) Make the presentation of learning materials more creative and interesting 3) Increase student concentration 4) Make the learning process fun and interactive 5) Provide multisensory learning experiences. The conclusion in this study is that there are 5 roles of animated videos that can be done to improve secondary listening skills in elementary school students.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, I. (2020). Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(2), 152-155. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.
Aminatun, D., Alita, D., Rahmanto, Y., & Putra, A. D. (2022). Pelatihan bahasa inggris melalui pembelajaran interaktif di smk nurul huda pringsewu. Journal of Engineering and Information Technology for Community Service, 1(2), 66-71. http://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JEIT-CS/article/view/141.
Andrasari, A. N., Haryanti, Y. D., & Yanto, A. (2022, October). Media pembelajaran video animasi berbasis kinemaster bagi guru SD. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (4), 76-83). https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/781.
Anggraeni, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada mata pelajaran IPS di kelas tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 84-90. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p84-90.
Artayasa, I. P., Muhlis, M., Hadiprayitno, G., & Sukarso, A. (2022). Penyuluhan pemanfaatan video animasi untuk pembelajaran selama pandemi covid-2019 di SMPN 3 Mataram. Jurnal Pepadu, 3(1), 82-90. http://jurnal.lppm.unram.ac.id/index.php/jurnalpepadu/index.
Azizah, A. N., & Nugraheni, A. S. (2020). Analisis teknik menyimak puisi melalui video animasi pada siswa kelas 2 SD Negeri Triharjo. Jurnal Holistika, 4(2), 114-120. https://doi.org/10.24853/holistika.4.2.114-120.
Azwardi,A. (2018). Metode penelitian: Pendidikan bahasa dan sastra indonesia. Banda aceh, Indonesia. Syiah kuala university press.
Cindyana, E. A., Alim, J. A., & Noviana, E. (2022). Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbantuan materi ajar geometri berbasis rme terhadap Kemampuan penalaran matematis siswa kelas 3 sekolah dasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(4), 1179-1180. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8837.
Fahyuni, E. F., & Bandono, A. (2015). Pengembangan media cerita bergambar sebagai upaya meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar. Halaqah, 14(1), 75-89. http://eprints.umsida.ac.id/1123/.
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal basicedu, 5(4), 2384-2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237.
Hasriani, (2023). Terampil menyimak. Bandung, Indonesia: Indonesia emas group.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf
.
Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71.
Laia, A. (2020). Menyimak efektif. Banyumas, Indonesia: Lutfi Gilang.
Legiowati, T., & Fajarisman, F. (2023). Upaya meningkatkan hasil belajar materi penjumlahan dan pengurangan dengan media pembelajaran video youtube untuk kelas i sd/mi. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 148-158. https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1112.
Lessy, Z., Widiawati, A., Himawan, D. A. U., Alfiaturrahmah, F., & Salsabila, K. (2022). Implementasi moderasi beragama di lingkungan sekolah dasar. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(02), 137-148. https://doi.org/10.52593/pdg.03.2.03.
Malik, L. A., & Maunah, B. (2023). Penggunaan video animasi dalam pembelajaran IPS guna untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII di MTS Miftahul Huda Ngunut Tulungagung. Journal of Creative Student Research, 1(4), 238-255. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i4.2275.
Mashuri, D. K. (2020). Pengembangan media pembelajaran video animasi materi volume bangun ruang untuk SD kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893-903. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35876.
Masykuroh, K., & Khairunnisa, K. (2022). Pengembangan media video animasi mengenal sampah untuk membangun karakter peduli lingkungan anak usia dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(2), 220-228. https://doi.org/10.29062/seling.v8i2.1236.
Nadlir, N., & Nurkhasanah, M. (2024). Peran media audio visual pada pembelajaran pendidikan agama islam guna meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 116-124. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/5947.
Novelia, S., & Hazizah, N. (2020). Penggunaan video animasi dalam mengenal dan membaca huruf hijaiyah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1037-1048. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.567.
Nurhidayati, T. (2012). Implementasi teori belajar ivan petrovich pavlov (classical conditioning) dalam pendidikan. Jurnal Falasifa, 3(1), 23-43. https://jurnalfalasifa.wordpress.com/wp-content/uploads/2012/11/2-titin-nurhidayati-implementasi-teori-belajar-ivan-petrovich-pavlov-classical-conditioning-dalam-pendidikan.pdf.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Putra, L., Azizah, A., Widiastuti, B., & Sari, S. (2023, March 30). Pemanfaatan media video dalam pembelajaran pancasila kelas v sd muhammadiyah bodon. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(1), 398-406. https://doi.org/https://doi.org/10.69896/modeling.v10i1.1839.
Rafika, N., Kartikasari, M., & Lestari, S. (2020). Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 301-306. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/1580.
Renza, M. A., Affandi, L. H. ., & Setiawan, H. . (2022). Pengembangan media gambar berseri pada materi keterampilan menulis teks narasi siswa kelas IV. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 445–451. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.562.
Riyanti, A., Hersusini, Hidayati, N., Soulisa, I., Rosfiani, O., Khadijah, I., Wahyuni, R., S., Rahmawati, Y., Musyawir, Chadijah, S., Sutisnawati, A., Fatma, & Ihsan, M. (2022). Strategi pembelajaran bahasa Indonesia. Jawa barat, Indonesia: Widina bhakti persada Bandung.
Soraya, A. , & Anas, Y. (2019). Menyimak apresiatif. Malang, Indonesia: Media nusa creative.
Supena, A., & Dewi, I. R. (2021). Metode multisensori untuk siswa disleksia di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 110-120. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.623.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Walangadi, H., & Pratama, W. P. (2020). Meningkatkan pemahaman belajar siswa menggunakan media video animasi 2D. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(3), 201-208. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index.
Wati, E., Harahap, R. D., & Safitri, I. (2022). Analisis karakter siswa pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(4), 5994-6004. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2953.
Wibowo, M. A. (2016). Penerapan strategi directed listening thinking approach (DLTA) dalam pembelajaran keterampilan menyimak pada siswa sekolah dasar. Jurnal ilmiah guru caraka olah pikir edukatif, 20(1), 51-52. https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i1.10793.
Widad, H. M. Z. W., Jumiati, I. E., Rosyada, D. R. A., Septiani, M., Fahrezi, R., Gulantir, R. S., & Sajidah, A. (2022). Bimbingan belajar dalam meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar di desa Batukuwung. Bantenese: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 20-34. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v4i1.4484.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.