Strategi Menyimak Kritis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
Abstract
abstrak—strategi menyimak kritis berperan penting dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi efektif dalam meningkatkan kemampuan menyimak kritis pada pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia disekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan SLR. data di didalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari buku dan jurnal yang terbit secara nasional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Simak dan catat. Teknik validasi data dengan menggunakan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi menyimak kritis dalam pembelajaran bahasa Indonesia disekolah dasar dengan cara 1) mendengarkan dengan fokus, 2) mencatat poin penting, 3) bertanya jika ada yang tidak jelas.
Abstract— "Critical listening strategies play an important role in learning Indonesian language and literature in elementary schools. The purpose of this study is to identify effective strategies for improving critical listening skills in Indonesian language and literature learning at the elementary school level. This research employs the SLR approach. The data used in this study are secondary data obtained from nationally published books and journals. Data collection techniques involve observation and note-taking. Data validation is conducted using data triangulation. The results of this study show that critical listening strategies in Indonesian language learning at the elementary school level include: 1) listening attentively, 2) taking notes on key points, and 3) asking questions when something is unclear."
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abustang, P. B., & Amaliyah, N. Model Pembelajaran Inovatif Abad 21. https://doi.org/10.31219/osf.io/qt2hk
Afandi, R. (2011). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 85-98 https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i1.32.
Ali, M. (2020). Pembelajaran bahasa indonesia dan sastra (basastra) di sekolah dasar. PERNIK, 3(1), 35-44 https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839.
Anggraini, V. (2019). Stimulasi keterampilan menyimak terhadap perkembangan anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 30-44. https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3170.
Anridzo, A. K., Arifin, I., & Wiyono, D. F. (2022). Implementasi supervisi klinis dalam penerapan kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8812-8818 https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3990.
Desyandri, D. (2019). Seni musik serta hubungan penggunaan pendidikan seni musik untuk membentuk karakter peserta didik di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 222-232 https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.47.
Fahira, N., & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis Penerapan 5 Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 649-660 https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1074.
Fahrudin, F., Ansari, A., & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran konvensional dan kritis kreatif dalam perspektif pendidikan islam. Hikmah, 18(1), 64-80. https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.101.
Fatimah, F. (2017). Meningkatkan keterampilan bertanya melalui penerapan pendekatan saintifik di kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 38-46. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v1i1.9061
Fatria, F. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Google Drive Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(1), 138-144. https://doi.org/10.32696/ojs.v2i1.158.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Ikhsani, S. R., Tangawunisma, A., Sholeha, A., Divanka, P., & Setiabudi, D. I. (2023). Karakteristik Pembelajaran Tematik Yang Ideal Pada Sekolah Dasar. Student Scientific Creativity Journal, 1(1), 290-295 https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i1.1126.
Isodarus, P. B. (2017). Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks. Sintesis, 11(1), 1-11. https://doi.org/10.24071/sin.v11i1.927.
Istiyova, L. R. (2018). Manfaat aplikasi instagram sebagai pendidikan berbahasa Indonesia generasi masa kini. https://doi.org/10.31227/osf.io/hvjrf.
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. Axiom: jurnal pendidikan dan matematika, 7(1). http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778.
Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71.
Marlina, L. (2021). Kemampuan Menyimak Berita Melalui Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer Siswa Kelas VIII SMPN Satap 13 Kolaka Utara. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 7(1), 352-365. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.1446.
Narapadia, F., Yulistio, D., & Suhartono, S. (2019). Kemampuan menyimak kritis dengan media audio visual pada siswa kelas XI ipa dan ips sma negeri 09 kota Bengkulu. Jurnal ilmiah korpus, 3(2), 166-173. https://doi.org/10.33369/jik.v3i2.10200.
Oktaviani, R. E. (2021). Prinsip-Prinsip Pembelajaran Bahasa Indonesia Sd/Mi. PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 1-9. https://doi.org/10.52166/pentas.v7i1.1528.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Putri, F. N. (2020). Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 16-24 http://dx.doi.org/10.30659/j.8.1.16-24.
Rahayu, T. (2019). Karakteristik siswa sekolah dasar dan implikasinya terhadap pembelajaran. Misbahul Ulum (Jurnal Institusi), 1(02 Desember), 109-121 https://doi.org/10.70688/misbahululum.v1i02%20Desember.7.
Rambe, R. N. K. (2018). Penerapan strategi index card match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia. Jurnal tarbiyah, 25(1) http://dx.doi.org/10.30829/tar.v25i1.237.
Riyanto, M., Asbari, M., & Latif, D. (2024). Efektivitas learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 1-5. https://doi.org/10.4444/jisma.v3i1.744.
Rosihah, I., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan media pembelajaran scrapbook berbasis konteks budaya Banten pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di sekolah dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 35-49 http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v4i1.1405.
Saputra, V. E. (2019). Membaca Kritis Karya Ilmiah. https://doi.org/10.31227/osf.io/ujrde.
Sinuhaji, K. B. (2023, November). Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis, Dengan PBL Materi Gaya Hidup Sehat Fase F, SMK Negeri 1 Merdeka. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Agama (Vol. 4, No. 2, pp. 1381-1397). https://doi.org/10.55606/semnaspa.v4i2.1375.
Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1). https://doi.org/10.26740/paramasastra.v2n1.p%25p.
Suriati, A., Sundaygara, C., & Kurniawati, M. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas X SMA Islam Kepanjen. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(3), 176-185. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i3.6053
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Vidyarti, D., Damayanti, M. R., & Hasanuddin, C. (2023). Peran Menyimak Kritis dalam Diskusi antar Mahasiswa. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(2), 93-100. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3842.
Wiratsiwi, W. (2020). Penerapan gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230-238 https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4663.
Yusnaldi, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Minat Membaca Terhadap Kemampuan Menyimak Di Pgmi Uin Sumatera Utara. NIZHAMIYAH, 8(2). http://dx.doi.org/10.30821/niz.v8i2.398.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.