Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Kritis dengan Kurikulum Merdeka

Devy Artha Mefia, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Menyimak kritis memiliki peran penting dalam meningkatkan Kurikulum Merdeka. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui upaya guru dalam meningkatkan menyimak kritis dengan Kurikulum Merdeka. Metode di dalam penelitian ini menggunakan metode SLR. Data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dalam bentuk kata, frasa, atau klausa yang diambil dari jurnal dan buku secara nasioal. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Simak dan catat sedangkan teknik validasi menggunakan triangulasi teori. Hasil penelitian bahwa berpendapat  1) mengimplementasikan Problem-Based Learning (PBL) 2) menggunakan metode diskusi 3) mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila  4) menerapkan pembelajaran kolaboratif  5) menggunakan teknologi digital yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan menyimak kritis dalam Kurikulum Merdeka. Simpulan di dalam penelitian ini bahwa terdapat 5 upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan menyimak kritis dengan Kurikulum Merdeka.

Kata kunci—guru, kurikulum Merdeka, menyimak kritis

 

 

Abstract—Critical listening has an important role in improving the Merdeka Curriculum. The purpose of this study is to determine the teacher's efforts to improve critical listening with the Merdeka Curriculum. The method in this study uses the SLR method. The data in this study use secondary data in the form of words, phrases, or clauses taken from national journals and books. The data collection technique uses listening and recording techniques while the validation technique uses theoretical triangulation. The results of the study argue that 1) implementing Problem-Based Learning (PBL) 2) using the discussion method 3) integrating the Pancasila Student Profile 4) implementing collaborative learning 5) using digital technology  that can be done as an effort to improve critical listening in the Merdeka Curriculum. It is concluded in this study that there are 5 efforts that can be made to improve critical listening with the Merdeka Curriculum.


Keywords


teacher, Merdeka curriculum, critical listening

Full Text:

PDF

References


Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Andriani, A. & Haerani, H. (2019). Peningkatan keterampilan menyimak kritis menggunakan metode VAK (Visualization Auditory Kinestetic). Journal Peqguruang, 1(2), 203-207. https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i2.942 .

Mustadi, A., Amelia, R., Budiarti, W. N., Amalia, E. & Susandi, A. (2021). Strategi pembelajaran keterampilan berbahasa dan bersastra yang efektif di Sekolah Dasar. Karangmalang, Yogyakarta: UNY Press.

Maruti, E. S. (2015). Pembelajaran bahasa Jawa di Sekolah Dasar. Magetan, Jawa Timur: Media Grafika.

Laia, (2020). Menyimak efektif. Banyumas, Jawa Tengah: Lutfi Gilang.

Azizan, Y.F. & Roekhan (2024). Strategi konsentrasi dalam pembelajaran menyimak beragam wacana lisan berbasis design thinking. Antapani, Bandung: Keizhen Media Bandung.

Hasriani (2023). Terampil menyimak. Bandung: Indonesia Emas Group.

Gereda, A (2023). Keterampilan berbahasa Indonesia menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Tasikmalaya, Jawa Barat: Edu Publisher.

Narapadia, F., Yulistio, D., & Suhartono, S. (2019). Kemampuan menyimak kritis dengan media audio visual pada siswa kelas XI ipa dan ips SMA Negeri 09 kota Bengkulu. Jurnal ilmiah korpus, 3(2), 166-173. https://doi.org/10.33369/jik.v3i2.10200 .

Istiqlal, I., Kurnia, L. D., Saputra, M. S., & Hasanudin, C. (2023). Urgensi Menyimak Kritis dalam Pembelajaran Berbasis Diskusi bagi Mahasiswa. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(2), 85-92. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3820 .

Ayuanita, K., & Effendy, M. H. (2022). Model pembelajaran menyimak kritis melalui media interaktif pada mahasiswa tadris bahasa Indonesia IAIN Ma- dura. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 62-79. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v4i1.6338 .

Alawiyah, F. (2013). Peran guru dalam kurikulum 2013. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 4(1), 65-74. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v4i1.480 .

Anggraini, D. L., Yulianti, M., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran guru dalam mengembangan kurikulum merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290-298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53 .

Buchari, A. (2018). Peran guru dalam pengelolaan pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra', 12(2), 106-124. http://dx.doi.org/10.30984/jii.v12i2.897 .

Hassan, N. L., Marzuki, M., Ahmad, M. Z., & Ismail, K. (2023). Ciri Guru Geografi yang cemerlang daripada aspek sahsiah dan keterampilan. Geografi, 11(2), 91-107. https://doi.org/10.37134/geografi.vol11.2.6.2023 .

Octavia, S. A. (2023). Guru dan pembelajaran menyenangkan. Sleman, Yogyakarta: Deepublish Digital.

Asmarika, A., Husin, A., Syukri, S., Wismanto, W., & Qanita, R. (2022). Mengasah kemampuan softskills dan hardskills calon guru SD/MI pada metode Microteaching melalui pengembangan media visual mahasiswa PGMI UMRI. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 282-300. http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v11i1.498 .

Buan, Y. A. L. (2020). Guru dan pendidikan karakter. Indramayu, Jawa Barat: Adanu Abimata.

Umar, F. (2022). Peranan guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Bandung: Karya Bhakti Lampung.

Sari, P. R. S. (2022). Peran, upaya, dan strategi pendidikan agama Islam dalam pendidikan karakter peserta didik. Indonesia: Guepedia.

Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum merdeka: Persepsi guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197-210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800 .

Aisyah, L., Rizqiqa, F. N. R., Putri, F. D., & Nulhaq, S. (2022). Kurikulum merdeka dalam perspektif pemikiran pendidikan Paulo Freire. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 8(2), 162-172. https://doi.org/10.3 .

Suherman, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Bandung: Indonesia Emas Group.

Nafi’ah, J., Faruq, D. J., & Mutmainah, S. (2023). Karakteristik pembelajaran pada kurikulum merdeka belajar di madrasah ibtidaiyah. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 1-12. https://scholar.google.com/scholar?

Zaeni, H. A., Sari, N. H. M., Syukron, A. A., Fahmy, A. F. M., Prabowo, D. S.

, Ali, F., & Faradhillah, N. (2023). Kurikulum Merdeka pada pembelajaran di Madrasah. Pekalongan, Jawa Tengah: Nasya Exspading Manajement.

Singerin, S. (2024). Model pembelajaran inovatif dalam Kurikulum Merdeka. Pasaman Barat, Sumatra Barat: Azka Pustaka.

Farhana, I. (2022). Memerdekakan pikiran dengan Kurikulum Merdeka; memahami konsep hingga penulisan praktek baik pembelajaran di kelas. Leuwiliang, Bogor: Lindan Bestari.

Anwar, Z., & Jannah, R. (2023). Telaah Kurikulum 13 dan Kurikulum Merdeka di SD/MI. Mentari: Journal of Islamic Primary School, 1(3), 151-162. https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1293 .

Muckromin, A., Sutopo, A., Hidayati, Y. M., & Widyasari, C. (2023). Analysis of Kurikulum Merdeka in sekolah penggerak. Jurnal Cakrawala Pendas, 9(4), 592-606. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v9i4.5445 .

Azwardi (2028). Metode penelitian pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia. Indonesia: Syariah Kuala University Press.

Maghfira, L., Prayitno, S., Salsabila, N. H., & Sridana, N. (2023). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa yang diajar Menggunakan Model Problem Based Learning dan Jigsaw Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Materi Pola Bilangan. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 410-416. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.264 .

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan metode pembelajaran berorientasi student centered menuju masa transisi kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839-8848.https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3780

Raihan, M. D., Maksum, A., & Marini, A. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan mengintegrasikan nilai-nilai multikultural. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 770-781.https://doi.org/10.37329/cetta.v6i4.2762 .

Novitasary, R. R. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek pada Kurikulum Merdeka Belajar untuk meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 4(2), 100-112.https://doi.org/10.26740/jipb.v4n2.p100-112 .

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Nengsih, N. W., Nafiisah, R., & Al-fath, V. I. L. (2023). Peranan teknologi pada implementasi kurikulum merdeka di SDN Kabupaten Purwakarta. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 3097-3110.https://j-innovative.org/index.php/Innovative


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.